Take a fresh look at your lifestyle.

Wow, Pelajar Indonesia Sabet 5 Medali Emas di Olimpiade Matematika Dunia!

0 882
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Kabar gembira kembali datang dari dunia pendidikan Indonesia. Kali ini,  15 pelajar SMP Indonesia mampu merebut medali emas, perak dan perunggu di kompetisi International Teenagers Mathematics Olympiad (ITMO) 2015 di Sungai Petani, Kedah, Malaysia.

Melalui siaran pers, Selasa (15/12/2015), tim dari Indonesia berhasil menunjukkan kehebatannya dengan menyabet lima medali emas. Mereka juga mampu merebut enam medali perak dan sembilan medali. Kompetisi dua tahunan ini menjadi cetak prestasi yang luar biasa bagi pelajar SMP di kancah Internasional.

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Supriano mengungkapkan telah mengirim empat tim pada perhelatan itu.

Related Posts
1 daripada 6,987

Tim ini meliputi tiga leaders, empat deputy leaders dan 15 peserta didik. Para pelajar SMP yang dikirim adalah mereka yang berhasil meraih medali emas, perak dan perunggu di Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Nasional 2015 di Palu, Sulawesi Tengah. Sebelum berlaga, kelima belas pelajar SMP ini dikarantina untuk diberi pembekalan oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Bogor, Jawa Barat selama enam minggu.

Kompetisi Internasional ini diikuti 160 peserta yang terbagi menjadi 40 tim dari 11 negara. Negara-negara tersebut, yakni Bulgaria, Indonesia, Khazakstan, Malaysia, Nepal, Phillipina, Rusia, Srilanka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Para peserta mendapatkan dua tes yang meliputi individual test and team contest. Semua peserta harus berpartisipasi dalam kedua tes tersebut. Individual test terdiri atas  12 pertanyaan dengan jawaban singkat. Selanjutnya, terdapat pula tiga pertanyaan dengan jawaban terurai dengan solusi.

Para peserta yang memperoleh lima medali emas pada ITMO 2015 untuk kategori individual test. Mereka adalah siswa SMPN 2 Depok, Jawa Barat, Irfan Urane Azis dan peserta didik SMPK St. John, Banten, Hardyansel Kesuma.

Kemudian, siswa SMPK Petra 3, Jawa Timur, Valentino Dante T dan pelajar SMP PL Domenico Savio, Jawa Tengah, Claudeon Reinard S. Untuk kategori penghargaan grup, TIM INA C berhasil mendapatkan medali emas. Tim ini terdiri dari Irfan Urane Azis, Hardyansel Kesuma, Lucia Tirta Gunawan dan Radian.

Tinggalkan komen