Take a fresh look at your lifestyle.

Huawei Indonesia, Telkomsel, dan Small Cell Aliance Bangun Pusat Penelitian di UI

0 1,825
huawei-ui-telkomsel
foto : istimewa

Jakartakita.com – Tiga perusahaan telekomunikasi dan jaringan, Huawei Indonesia, Telkomsel, dan Small Cell Aliance, mengumumkan kerja sama untuk membangun pusat penelitian di Tanah Air.

Pusat penelitian yang dibangun di wilayah kampus Universitas Indonesia (UI) ini, dinamakan pusat inovasi bersama (Joint Innovation Center/JIC).

Diharapkan, kegiatan yang juga merupakan program lanjutan dari Southern Pacific Small Cell Summit ini, bisa difungsikan sebagai penelitian teknologi dan pengembangan aplikasi smart university berbasis jaringan mobile broadband (MBB).

Related Posts
1 daripada 6,485

“Huawei konsisten dan terus melakukan upaya untuk membangun Indonesia yang terkoneksi lebih baik, khususnya dalam mengembangkan sektor TIK di Indonesia. Kami berharap Pusat Inovasi Bersama ini dapat menghasilkan berbagai aplikasi berguna dan dapat menjadi contoh smart university bagi kampus lain di Indonesia,” kata Sheng Kai, CEO Huawei Indonesia, dalam siran pers yang diterima Jakartakita.com, Kamis (24/12/2015).

Dijelaskan, Huawei dan Telkomsel berkolaborasi untuk memberikan fasilitas untuk Pusat Inovasi Bersama berupa teknologi, solusi, dan jaringan yang akan diimplementasikan di tempat ini. Melalui kerjasama ini, Huawei akan menyediakan peralatan untuk mendukung pelatihan teknologi terbaru dan perkembangan inovasi bisnis yang terdapat di Platform Inovasi Terbuka (Open Innovation Platform).

Pihak Huawei juga akan memberikan berbagai contoh program inovatif lain yang dapat dijadikan referensi, seperti Rich Communication Service dan Value Growth Service. Di sisi lain, Telkomsel akan menyediakan jaringan MBB untuk mendukung koneksi yang dibutuhkan di Pusat Inovasi Bersama.

Sementara itu, dengan memanfaatkan fasilitas ini, para peserta dapat melakukan program Inovasi Layanan Digital (Digital Service Innovation), seperti aplikasi universitas pintar (smart university), pusat perbelanjaan pintar (smart shopping mall), kantor pintar (smart office), bandara pintar (smart airport).

“Sektor pendidikan di Indonesia membutuhkan jaringan telekomunikasi yang lebih baik. Kami berharap Pusat Inovasi Bersama dapat melahirkan generasi muda Indonesia yang lebih berkualitas dan terkoneksi dengan baik,” tandas Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA, Dekan Fakultas Teknik, Universitas Indonesia.

 

Tinggalkan komen