Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

14 Juta Yen Untuk Seekor Tuna!

0 740

tunaJakartakita.com – Pemilik restoran sushi Jepang Sushi-Zanmai Kiyoshi Kimura telah membayar 14 juta yen atau sekitar Rp 1,6 miliar pada Selasa (5/1/2016) untuk seekor tuna bluefin raksasa dalam pelelangan di pasar ikan Tsukiji. Ikan raksasa tersebut memiliki berat mencapai 200 kilogram dan ditangkap di utara perairan Jepang.

Walau harga tersebut cukup tinggi, namun masih jauh dari rekor pembelian seekor tuna. Tiga tahun lalu seekor ikan tuna yang berukuran jauh lebih besar dibeli dengan harga fantastis mencapai 155,4 juta yen oleh restoran di Hong Kong.

Artikel Terkait

Tuna bluefin dihargai mahal karena kelangkaannya untuk didapatkan di pasaran. Pasalnya, ikan jenis tersebut jumlahnya di lautan lepas semakin sedikit meski usaha pemerintah setempat untuk memastikan ekosistem tetap terjaga.

“Mengingat tingkat populasinya yang semakin rendah, hanya empat persen yang belum ditangkap nelayan di laut lepas, menjadi kekhawatiran kami bahwa harga lelang ikan tersebut semakin tinggi. Komunitas internasional harus bisa meyakinkan pemerintah Jepang akan perlunya aksi tambahan untuk menyelamatkan spesies ini,” kata Amanda Nickson, direktur Global Tuna Conversation, seperti dikutip AFP.

Pelelangan ikan di Tsukiji pada awal tahun ini akan menjadi terakhir berlangsung di lokasi yang telah populer bagi turis-turis mancanegara tersebut. Pelelangan selanjutnya akan berlangsung di lokasi baru di Toyosu, yang terletak beberapa kilometer dari Tsukiji, yang dibangun dengan berbagai fasilitas modern.



Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More