Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Ini Dia Tips Ajak Si Kecil ke Museum

0 768

Tiket Pesawat Murah Airy

Serunya Berwisata ke MuseumJakartakita.com – Bingung mau ajak kemana si kecil pada akhir pekan ini? Coba saja ajak si kecil mengunjungi museum!

Artikel Terkait
1 daripada 3

Tak hanya kaya akan pengetahuan. Museum-museum di Jakarta kini juga ramah anak loh! Jadi Anda tak perlu ragu-ragu mengajak balita Anda untuk mengunjungi museum.

Meski mereka cenderung lebih suka pergi ke tempat bermain, tak ada salahnya Anda memperkenalkan kepada mereka sebuah tempat wisata yang bernilai. Anda juga bisa melakukan beberapa hal yang membuat pengalaman ini berkesan untuk mereka.

Berikut tujuh tips ajak si kecil mengunjungi museum, dilansir dari Huffingtonpost.

Cerita yang menyenangkan

Agar si kecil lebih bersemangat mengunjungi museum, ceritakan hal-hal seru yang bisa dilihat si kecil di museum!

Pilih museum yang tepat

Banyak sekali museum dengan pilihan yang berbeda-beda. Pilih museum yang sesuai dengan keinginan anak-anak. Untuk anak laki-laki, misalnya, ajak mereka ke museum yang mengoleksi mobil, pesawat, kapal, ataupun teknologi robot. Sedangkan untuk anak perempuan, bawa mereka ke museum yang mengoleksi boneka ataupun batik dan lainnya.

Cari even khusus

Carilah even khusus yang memungkinkan Anda dan anak dapat menikmati museum bersama-sama, seperti Festival Dongeng Internasional yang kerap diselenggarakan oleh Museum Nasional Jakarta.

Lakukan pelan-pelan

Saat berada di museum bersama anak, lihat setiap barang yang dipamerkan secara perlahan. Tidak usah terburu-buru dan memaksakan anak untuk melihat semuanya. Lakukan sesuai dengan apa yang membuat mereka nyaman. Jika anak Anda sudah terlihat bosan, sudah saatnya Anda membawanya pulang.

Bermain

Saat berada di museum, buat suatu permainan yang membuat mereka tidak merasa bosan. Misalnya, ajak anak Anda untuk mencari lukisan tertentu. Siapa yang pertama melihat, pilih dia sebagai pemenang. Lebih seru kalau Anda ke museum mengajak anggota keluarga yang lain.

Ajarkan respek

Ajarkan sesuatu hal yang membuat anak-anak menghargai museum. Museum sangat menjaga barang-barang yang dipamerkan, karena berhubungan dengan suatu histori. Ada beberapa di antaranya yang tidak boleh disentuh. Beri tahu hal ini kepada anak Anda dan cegah mereka untuk berlari di ruangan museum.

Diskusikan kembali

Setelah kembali ke rumah, ajak anak Anda untuk membicarakan tentang perjalanan hari itu. Anda bisa melakukannya sebelum dia pergi tidur. Tanyakan padanya apa yang paling diingat dari tur museum bersama Anda dan apa yang mereka sukai. Jika mereka suka, Anda bisa mengatakan kepadanya untuk mengunjungi museum lain kali.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?