Take a fresh look at your lifestyle.

Masyarakat Indonesia Lebih Meminati Mobil Jenis Keluarga

0 776
AllNewInnova@3
foto : ikung adiwar

Jakartakita.com – Membandingkan apa yang terjadi di ranah offline dan online selama tahun 2015, Carmudi sebagai situs jual beli kendaraan di Indonesia mencermati bahwa di ranah online masyarakat Indonesia lebih meminati mobil jenis keluarga atau multi-purpose vehicles (MPV), terlihat dari banyaknya pencarian mobil jenis ini di situs carmudi.co.id.

Selaras dengan penjualan offline, Toyota merupakan merek mobil yang paling banyak dicari dan jenis mobil yang paling banyak dilihat adalah Avanza.

Bila dicermati lebih detail, di tahun 2015 masyarakat online menyukai warna hitam sebagai pilihan warna favorit mobil mereka. Dilihat dari rentang harga, masyarakat Indonesia menyukai mobil bekas dengan rentang harga mulai Rp130 juta hingga Rp200 juta, yang mana rentang ini tersedia mobil Low Cost Green Car (LCGC) dan beberapa mobil MPV low-end yang disukai masyarakat Indonesia.

Related Posts
1 daripada 6,833

Bila membandingkan tren di Indonesia dengan di beberapa negara berkembang di kawasan, seperti Filipina dan Vietnam, Indonesia masih menjadi negara primadona penjualan mobil karena penjualan yang masih terhitung cukup besar dengan total 1.013.291 unit. Total penjualan mobil baru di Filipina 288.609 unit sedangkan di Vietnam 244.914 unit.

Hal yang mengejutkan, meskipun keadaan perekonomian kawasan kurang baik dalam beberapa tahun terakhir, penjualan mobil baru di Vietnam meningkat tajam 55% dibandingkan tahun 2014.

Pabrikan dengan penjualan terbanyak di Filipina berturut-turut adalah Toyota (43,32%), Mitsubishi (18,74%), Ford (8,79%), Isuzu (7,82%), dan Honda (6,69) dan pabrikan dengan penjualan terbanyak di Vietnam adalah Thaco (28,5%), dan Toyota (24,1%).

Bila melihat tren yang berkembang secara online, tidak banyak perbedaan antara di Indonesia, Filipina, dan Vietnam. Toyota merupakan merek paling populer dalam pencarian online di Indonesia dan Filipina, sedangkan Honda paling populer di Vietnam. Innova merupakan jenis mobil yang paling banyak dicari di Filipina dan Vietnam, sedangkan Avanza merajai pencarian online di Indonesia. Warna hitam populer di Indonesia dan Vietnam, sedangkan di Filipina warna abu-abu yang paling favorit.

“Tinjauan tren online dan offline yang Carmudi lakukan memberikan gambaran bahwa secara umum mobil MPV disukai tidak hanya di Indonesia, tapi juga di Filipina dan Vietnam. Hal ini terlihat dari merek dan jenis mobil yang menjadi favorit konsumen di tiga negara. Preferensi warna mobil konsumen di Indonesia, Filipina, dan Vietnam pun cenderung memilih warna gelap, yaitu hitam dan abu-abu,” ungkap Gunnar Rentzsch, Co-Founder Carmudi Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, baru-baru ini.

Tinggalkan komen