Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Jangan Coba-Coba Ganti Tanggal di Produk Apple Jadi 1 Januari 1970!

578
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Bagi Anda pengguna perangkat Apple, baik itu iPhone, iPad, atau iPod Touch. Pastikan Anda tidak mencoba mengganti tanggal di gawai Anda menjadi 1 Januari 1970. Jika nekat mencobanya, gawai besutan Apple bisa langsung rusak.

Masalah itu disebabkan adanya bug pada pengaturan tanggal iOS. Sejumlah pengguna melaporkan pemicunya adalah mengubah tanggal menjadi 1 Januari 1970 dan melakukanrestart.

Setelah restart, perangkat genggam akan hang, hanya menampilkan logo Apple dan tidak bisa melakukan boot ke sistem operasi.

Artikel Terkait
1 daripada 33

Bahkan kondisi tersebut akan tetap berulang meski pengguna sudah me-reset atau mengganti firmware dalam perangkat genggamnya.

Bug tersebut hanya terjadi pada perangkat genggam yang menggunakan chipset 64-bit. Artinya, ini cuma menimpa iPhone 5S, iPad Air, iPad Mini, iPod Touch 2015, dan yang lebih baru.

Tak jelas apa yang menyebabkan bug tersebut. Namun, ada dugaan bahwa bug terjadi karena 1 Januari 1970 adalah hari pertama dalam sistem pengaturan waktu platform Unix yang menjadi basis sistem operasi iOS.

Sistem Unix melacak pergerakan waktu berdasarkan detik-detik yang berlalu setelah hari pertama itu.

Sementara itu, pengaturan tanggal ke 1 Januari 1970 sama saja membuat patokan waktu dalam perangkat kembali ke angka nol. Entah mengapa ini menjadi masalah serius digadget Apple.


Pasang Iklan Gratis @ jakartakita.com - klik iklan.jakartakita.com

Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?