Take a fresh look at your lifestyle.

Ini Dia Agenda Pesta Rakyat Sambut Cap Go Meh, Senin Besok!

0 866
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Senin (22/2/2016) besok, Kota Bogor akan kembali menggelar kirab budaya Cap Go Meh (CGM) Street Fest 2016.  Seperti tahun-tahun sebelumnya, Vihara Dhanagun di Jalan Suryakencana akan menjadi lokasi start pawai  budaya yang melibatkan 10 ribu pengisi acara.

Rencananya bakal ada tiga panggung dalam acara ini, yaitu panggung utama terletak di depan Bogor Plaza, merupakan panggung pembukaan. Panggung kedua berada di tengah jalur karnaval, tepatnya di depan Hotel 101, dan terakhir sebagai panggung penutup akan ada di ujung Jalan Surya Kencana, tepatnya di petigaan Batu Tulis.

Acara dimulai pada siang hari selepas Dzuhur. Tepat pukul 13.00 WIB, wisatawan akan disambut dengan paduan suara dari Regina Pacis, dan penampilan marawis dari Pesantren Rhoudhotul Nur. Tidak lupa suguhan budaya nusantara ditampilkan seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu tari Tor-tor dari Sumatra Utara, juga sebagai pembuka.

Related Posts
1 daripada 5,209

Dilanjutkan parade drum band dari Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI), lalu puluhan kontestan parade busana dari Bogor Sahabats (Bobats). Tak ketinggalan beragam budaya nusantara turut ditampilkan, seperti Reog Ponorogo, barong dan ogoh-ogoh langsung dari Museum Topeng Bali.

Konvoi arak-arakan yang menjadi ciri khas CGM Bogor Street Fest pun akan keluar pada pukul 17.00 WIB. Dengan pasukan berkuda Polres Bogor Kota dan Liong dari Yonif 315, sebagai pembuka jalan.

Arak-arakan joli pun berjumlah 18 hingga 23 tandu, dengan tandu Jombang sebagai peserta baru tahun ini. Dibelakangnya ada tarian 21 liong dan barong dari berbagai kelenteng di Indonesia, diikuti pawai mobil hias 12 shio menurut kepercayaan Tionghoa.

Presiden Joko Widodo, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, dan Menteri Pariwisata Arief Yahya diundang dalam acara ini.

Tinggalkan komen