Take a fresh look at your lifestyle.

Ini Dia 10 Film dengan Nominasi Oscar Terbanyak Sepanjang Masa

0 1,679
Academy Awards - OSCAR
foto : istimewa

Jakartakita.com – Ajang Academy Awards ke-88 akan digelar pada tanggal 28 Februari 2016 di Dolby Theater, Los Angeles, Amerika Serikat.

Tahun ini film berjudul “The Revenant” tercatat sebagai film yang paling banyak masuk nominasi, yakni sebanyak 12 nominasi penghargaan Oscar.

Tapi tahukah Anda, film apa yang paling banyak masuk masuk nominasi di ajang bergengsi dunia film ini?

“Sudah jelas bahwa Titanic menjadi yang paling sukses di antara film peraih Oscar. Tahun ini, ‘The Revenant’ dengan 12 nominasi dan ‘Mad Max: Fury Road’ dengan 10 nominasi memiliki peluang untuk disejajarkan dengan kesuksesan Titanic,” kata Sudhir Syal, salah satu pendiri dan Direktur Utama BookMyShow Indonesia dalam siaran persnya, Rabu (24/2/2016).

Berikut 10 film dengan nominasi Oscar terbanyak sepanjang masa menurut BookMyShow, penyedia layanan penjualan tiket acara dan bioskop di Asia:

1. “Titanic” (1997)

“Titanic” yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet mendapatkan 14 nominasi dan memenangi 11 penghargaan Academy Awards, termasuk penghargaan untuk Film Terbaik tahun 1998.

2. “All About Eve” (1950)

Film “All About Eve” mendapat 14 nominasi dan memenangi enam penghargaan di ajang Academy Awards tahun 1951. Film drama yang disutradarai oleh Joseph L. Mankiewicz dan diproduseri oleh Darryl F Zanuck itu dibuat berdasarkan cerita pendek berjudul “The Wisdom of Eve” karya Mary Orr tahun 1946.

Related Posts
1 daripada 3,728

3. “Gone With The Wind” (1939)

“Gone With The Wind” masuk 13 nominasi dan membawa pulang delapan penghargaan Oscar. Film roman sejarah berdurasi 234 menit itu diadaptasi dari novel berjudul sama karya Margaret Mitchell tahun 1936.

4. “From Here to Eternity” (1953)

“From Here to Eternity” masuk 13 nominasi penerima penghargaan Oscar dan berhasil memenangi delapan di antaranya. Film drama karya Fredd Zinnemann itu diadapatasi dari novel yang berjudul sama karya Sam Jones. Penyanyi Frank Sinatra, yang ikut bermain dalam film itu, meraih penghargaan kategori Aktor Pendukung Terbaik.

5. “Shakespeare in Love” (1998)

Film “Shakespeare in Love” karya John Madden masuk 13 nominasi dan menyabet penghargaan di tujuh kategori. Film ini membuat Gwyneth Paltrow mendapatkan piala Oscar kategori Aktris Terbaik.

6. “Forrest Gump” (1994)

“Forest Gump”, yang diangkat dari novel karya Winston Groom, masuk 13 nominasi dan memenangi enam Piala Oscar. Film garapan Robert Zemeckis itu membuat Tom Hanks meraih penghargaan Academy Awards untuk Aktor Utama Terbaik tahun 1995.

7. “Chicago” (2002)

“Chicago” berhasil masuk 13 nominasi. Film komedi musikal garapan sutradara Rob Marshall ini meraih enam penghargaan Oscar. Film tentang selebriti, skandal, dan korupsi di Chicago selama Zaman Jazz 1920-an ini menjadi film musikal pertama yang memenangi penghargaan kategori Film Terbaik sejak film “Olive!” tahun 1968.

8. “Mary Poppins” (1964)

Film fantasi musikal Disney garapan Robert Stevenson “Marry Poppins” mendapat 13 nominasi dan berhasil memenangi lima Piala Oscar, termasuk penghargaan kategori Lagu Latar Terbaik untuk “Chim Chim Cher-ee” dari Richard M.Sherman dan Robert B. Sherman.

9. “Who’s Afraid of Virginia Woolf?” (1966)

“Who’s Afraid of Virginia Woolf?” masuk dalam 13 nominasi dan akhirnya menang dalam lima kategori penghargaan Academy Awards tahun 1967.

10. “The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring” (2001)

Film karya Peter Jackson yang diadaptasi dari novel karya J.R.R. Tolkien ini sukses di Academy Awards tahun 2002, berhasil membawa pulang empat Piala Oscar, salah satunya untuk Sinematografi Terbaik.

 

Tinggalkan komen