Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Catat Jadwal Gerhana Matahari Total Tanggal 9 Maret Besok!

0 1,200

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tiket Pesawat Murah Airy

foto: earthsky
foto: earthsky

Jakartakita.com – Fenomena gerhana matahari total yang akan terjadi 9 Maret akan melintas hampir sebagian besar wilayah Indonesia. Agar tidak kehilangan momen ini, ada baiknya Anda mencatat jadwal berikut.

Seperti dikutip dari situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), peristiwa gerhana matahari total ini akan terjadi pada pagi hari.

Di wilayah Indonesia barat, gerhana mulai pukul 06.20 WIB di wilayah Palembang termasuk Jakarta, wilayah Tanjung Pandan gerhana mulai pukul 06.21. Sedangkan wilayah Palangkaraya mulai pukul 06.23, dan mencapai puncaknya 07.30 WIB. Di wilayah Bengkulu, gerhana akan mencapai puncaknya pukul 07.19 WIB.

Sementara untuk wilayah Tengah, yaitu Palu mulai pukul 07.27 WITA. Sedangkan untuk wilayah timur, tepatnya di Ternate, gerhana mulai pukul 08.36 WIT dan mencapai puncaknya 09.52 WIT.

Untuk durasinya sendiri, fenomena gerhana matahari total (GMT) akan berlangsung selama beberapa menit, yaitu Palembang (lama 1 menit 52 detik), Belitung (2 menit 10 detik), Balikpapan (1 menit 9 detik), Luwuk (2 menit 50 detik), Sampit (2 menit 8 detik), Palu (2 menit 4 detik), Ternate (2 menit 39 detik), Bangka (2 menit 8 detik), Palangkaraya (2 menit 29 detik), Poso (2 menit 40 detik), serta Halmahera (1 menit 36 detik).

Artikel Terkait
1 daripada 3

Setidaknya ada 11 wilayah provinsi di Indonesia yang akan menikmati keindahannya pada 9 Maret 2016. Kepala LAPAN, Thomas Djamaludin, mengatakan, 11 provinsi yang dimaksud adalah Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Tak bisa melihat langsung keindahan Gerhana Matahari Total di 11 provinsi tersebut? Tenang saja! Bagi Anda warga Jakarta dan sekitarnya bisa menontor bareng momen langka ini di Planetarium Jakarta.

Planetarium Jakarta menyediakan enam buah teleskop untuk melihat gerhana matahari sebagian.Warga bisa ikut mencoba mengamati detik-detik sebagian matahari tertutup oleh bulan lewat layar lebar yang disediakan panitia.

Acara nonton bareng gerhana matahari ini dibuka untuk umum tanpa dipungut bayaran. Pendaftaran dilakukan langsung di tempat (on the spot) tanggal 9 Maret 2016 sejak pukul 04.30 WIB. Peserta yang mendapat sovenir adalah 600 pendaftar pertama.

Observasi gerhana matahari akan dilakukan mulai pukul 06.00 WIB hingga 08.30 WIB. Akan ada acara nonton bersama live streaming gerhana matahari total di lobi planetarium di komplek Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta.

Planetarium juga menyediakan area untuk shalat gerhana matahari bersama.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More