Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Aplikasi T-Bike, Cara Telkomsel Dukung Penyelenggaraan Smart City

0 850

Tiket Pesawat Murah Airy

T-Bike2
foto : dok. Telkomsel

Jakartakita.com – Telkomsel meluncurkan layanan M2M (machine to machine) terbaru berupa aplikasi otomotif bernama T-Bike yang mampu memonitor, memandu dan mengendalikan sepeda motor dari ponsel cerdas.

“Sepeda motor telah menjadi moda transportasi pilihan utama masyarakat Indonesia, sehingga untuk melengkapi kenyamanan masyarakat dalam menggunakannya, Telkomsel menawarkan inovasi teknologi T-Bike yang hadir sebagai solusi digital terbaik untuk berkendara sepeda motor,” kata Vice President M2M Business Telkomsel, Jaka Susanta disela-sela acara peluncuran di Jakarta, Kamis (3/3/2016).

Dijelaskan, T-Bike memiliki dua keunggulan utama, yakni fitur yang lengkap dan cara pemasangan yang mudah dan cepat.

Hal ini mendapat pengakuan dari tiga lembaga kredibel yaitu Museum Rekor Indonesia (MURI), Motor Plus dan Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot).

Artikel Terkait
1 daripada 144

MURI mencatat Telkomsel sebagai operator telekomunikasi pertama yang mengimplementasikan tracker GPS pada sepeda motor (First). Sedangkan, Motor Plus mencatat T-Bike sebagai aplikasi motor tracker terbaik di Indonesia (Finest), dan  Forwot memberikan piagam untuk rekor instalasi tercepat di Indonesia berkat sistem plug-in device yang hanya memakan waktu kurang dari 10 menit (Fastest).

Lebih lanjut Jaka menjelaskan, T-Bike sebagai sebuah bentuk aplikasi internet of things (IoT) yang hadir sebagai bentuk dukungan Telkomsel dalam penerapan Smart City di Indonesia, dimana penyelenggaraan Smart City dilakukan dengan mengintegrasikan teknologi ke dalam segala aspek, termasuk transportasi, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kotanya.

“Telkomsel mengembangkan T-Bike sebagai asisten pengendara cerdas dengan fitur lengkap seperti memonitor dan memandu lokasi, kecepatan dan area berkendara  sepeda motor, serta mengendalikan akses mesin sepeda motor dari aplikasi di ponsel cerdas berbasis Android dan iOS. Didukung oleh sistem GPS yang canggih, T-Bike juga mampu mendukung operasional dan pengelolaan armada secara real time (tracking & fleet management), efisien, pelaporan detail perjalanan, pembatasan wilayah operasional (geofencing) dan pembatasan kecepatan (speed limit),” paparnya.

Ditambahkan, Telkomsel masih terus melakukan pengembangan  untuk T-Bike sehingga kedepannya aplikasi ini dapat memberikan kegunaan lebih kepada pengendara seperti grup komunitas, touring, analisa penggunaan bahan bakar, informasi navigasi motor, serta analisa kinerja kendaraan.

Asal tahu saja, T-Bike merupakan kelanjutan dari roadmap layanan T-Drive yang telah terlebih dahulu diperkenalkan Telkomsel untuk moda transportasi kendaraan roda empat. T-Drive memiliki fitur utama untuk menganalisa kinerja mengemudi, real time engine data, memberikan peringatan dan mengedukasi cara berkendara yang baik. T-Drive beroperasi dengan menggunakan Telkomsel Driving Analytics berupa OBD (On Board Diagnostic Device) GPS Tracking yang dapat dengan mudah di instalasi pada kendaraan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?