Take a fresh look at your lifestyle.

CEO Citi Indonesia Jadi Ketua Umum Perbina

0 847
Batara Sianturi Small 1
Foto : Dok. Citi Indonesia

Jakartakita.com – Perhimpunan Bank-bank Internasional Indonesia (PERBINA) yang dahulu dikenal sebagai The Foreign Banks Associations of Indonesia memilih Chief Executive Officer (CEO) Citi Indonesia, Batara Sianturi sebagai Ketua Umum yang baru.

”Merupakan kehormatan bagi saya untuk dapat mewakili organisasi ini sebagai ketua umum. PERBINA merupakan wadah yang sangat baik bagi institusi keuangan internasional yang beroperasi di Indonesia untuk dapat berkolaborasi, berkoordinasi dan menyuarakan aspirasinya. Di era dimana dunia saling terhubung, peran institusi keuangan internasional semakin relevan khususnya dalam pembangunan perekonomian bangsa. Dalam mengemban tugas ini, saya berkomitmen untuk senantiasa mewakili kepentingan para anggota serta meningkatkan keterlibatan dan kontribusi anggota melalui wawasan dan  keahlian yang dimiliki untuk pertumbuhan ekonomi nasional, khusunya di bidang keuangan dan industri perbankan,” ungkap Batara Sianturi, mengkomentari penunjukkannya, Senin (7/3/2016), di Jakarta.

Batara menggantikan Joseph Abraham yang merupakan Chief Executive Officer ANZ Indonesia, Ketua Umum PERBINA pada periode 2011-2016.

Batara memiliki dua gelar Bachelor of Science di bidang Teknik Kimia dan Ilmu Polimer/Makromolekuler dari Case Western Reserve University, dan juga gelar Master  di bidang Teknik Kimia dari Steven’s Institute of Technology dan gelar MBA dengan jurusan Keuangan dari St. John’s University.

Related Posts
1 daripada 6,414

Pria yang telah bergabung bersama Citi selama lebih dari 27 tahun tersebut, sebelum menjabat sebagai CEO Citi Indonesia, pernah menjabat sebagai CEO Citi Filipina dan Regional Head untuk Filipina dan Guam (2013 -2015), serta CEO Citi Hungaria dan Regional Head bagi 12 negara di Eropa Timur (2007 – 2013).

Dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum PERBINA, Batara akan memfasilitasi dan mewakili kepentingan anggota dalam menjalin hubungan dengan para pemangku kepentingan (stakeholders), termasuk dengan regulator, media dan khalayak ramai serta dalam memastikan bahwa para anggota memberikan kontribusi yang signifikan pada sektor perbankan dalam perjalanan Indonesia mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi yang semakin baik.

“Kami bangga Batara Sianturi akan melanjutkan peran saya sebagai Ketua Umum yang baru. Pengalaman dan pengetahuannya akan lebih jauh membantu PERBINA dalam melibatkan para pemangku kepentingan utama dan membantu membangun kapabilitas finansial di Indonesia. Bank-bank internasional memainkan peran penting dalam pengembangan ekonomi Indonesia dengan menarik investasi asing langsung, mengatur pembiayaan valuta asing dan surat utang dalam jumlah besar, serta mengembangkan sumber daya manusia. Peran tersebut melengkapi dan mendukung bank-bank lokal dan sebagai bagian penting dari infrastruktur keuangan di Indonesia,” kata Joseph Abraham.

“Selama lima tahun terakhir PERBINA secara signifikan telah meningkatkan perannya pada sektor publik, pemerintah, dan regulator melalui pendekatan kolaboratif dan saya yakin pendekatan ini akan terus dilakukan di bawah kepemimpinan Batara,” tambah pria yang bergabung dengan ANZ pada tahun 2008, dan telah memiliki pengalaman perbankan internasional yang luas, lebih dari 20 tahun di Indonesia, Hong Kong, Singapura, Afrika, Inggris, dan India dengan memegang peranan penting pada bidang strategi dan manajemen produk, trade and cash operations, serta transaksi merger dan akuisisi.

Joseph juga memiliki gelar Master of Business Administration dari Graduate School of Business, Stanford University di California, Amerika Serikat.

 

Tinggalkan komen