Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Mantan Kapolda Metro Jaya Kini Resmi Kepala BNPT

0 1,078

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tiket Pesawat Murah Airy

foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – M Tito Karnavian resmi menanggalkan jabatan Kapolda Metro Jaya yang disandangnya sejak pertengahan tahun lalu setelah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di Istana Negara, Rabu (16/3/2016), menggantikan Saud Usman Nasution yang memasuki masa pensiun. Posisi Kapolda Metro Jaya akan diisi oleh Irjen Pol Moechgiyarto yang sebelumnya menjabat Kapolda Jawa Barat.

Pada saat bersamaan juga dilakukan pelantikan terhadap Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) yang baru, Arie Soedewo, oleh Presiden. Arie sebelumnya adalah Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut, menggantikan Desy A Mamahit yang masuk masa pensiun.

Kepala BNPT dan Bakamla adalah jabatan representasi dari bintang tiga. Dengan demikian, setelah dilantik sebagai Kepala BNPT maupun Bakamla, Tito dan Arie naik pangkat. Tito yang selumnya berpangkat Inspektur Jenderal Polisi bintang dua naik jabatan menjadi Komisaris Jenderal Polisi bintang tiga. Sedangkan Arie dari sebelumnya berpangkat Laksamana Muda TNI bintang dua menjadi Laksamana Pertama TNI bintang tiga.

Artikel Terkait
1 daripada 58

Sejumlah pejabat turut hadir dalam pelantikan tersebut, antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Kepala BIN Sutiyoso, Jaksa Agung Muhammad Prasetyo, Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti, dan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut B Pandjaitan.

Pelantikan diawali dengan pembacaan keputusan Presiden tentang pengangkatan Tito dan Arie, lalu Kepala BNPT dan Kepala Bakamla yang baru itu mengucapkan sumpah dan janji di hadapan Presiden.

Sekadar Informasi, Tito adalah alumni terbaik Akademi Kepolisian 1997 dan menyandang gelar akademik doktor bidang Ilmu Kepolisian. Dia pernah menjadi Kapolda Papua dan Asisten Perencanaan Kapolri selain belasan tahun sebagai polisi khusus anti teror Polri.

Sedangkan Arie pernah menjabat sebagai Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada Timur, Komandan Lantamal VI/Makassar, dan Koordinator Staf Ahli Kasal.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More