Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Survei : Jakarta Urutan ke-5, Kota yang Transportasinya Tidak Aman Untuk Wanita

379
angkutan umum - metromini
foto : istimewa

Jakartakita.com – Kota Jakarta menempati urutan kelima dari 16 kota di dunia karena ketidak-amanan transportasinya, khususnya untuk para wanita.

Adapun Bogota serta dua ibukota Amerika Latin lainnya, yaitu Mexico City dan Lima (Peru), merupakan tiga kota dengan sistem transportasi yang paling tidak aman, setidaknya untuk wanita.

Demikian diungkapkan Thomson Reuters Foundation, yang bekerja sama dengan perusahaan polling, YouGov, melaporkan hasil survey mereka, baru-baru ini.

Kegiatan survey dilakukan dengan mewawancarai para wanita yang diminta untuk menggambarkan seberapa besar keamanan yang mereka rasakan ketika bepergian dengan transportasi umum. Pertanyaan yang ditujukan sebanyak lima poin, yaitu; Bagaimana wanita aman merasa bepergian sendirian pada malam hari? Bagaimana risiko pelecehan secara verbal atau fisik? Apakah ada kemungkinan penumpang lain akan datang membantu mereka?Sejauh mana kepercayaan bahwa pihak berwenang akan menyelidiki laporan dari pelecehan atau kekerasan tersebut? dan Bagaimana ketersediaan transportasi umum yang aman?

Survey dilakukan kepada lebih dari 6.550 wanita di 15 dari 20 kota-kota terbesar di dunia, ditambah New York (kota terbesar di Amerika Serikat).

Artikel Terkait
1 daripada 21

Hasilnya, lebih kurang 60 persen dari perempuan yang disurvei melaporkan pelecehan fisik saat bepergian. Mexico City bernasib terburuk, dengan 64 persen dari 380 wanita mengatakan bahwa mereka telah diraba-raba atau dilecehkan di angkutan umum. Adapun di Lima, angkanya adalah 58 persen.

Menariknya, di antara kota-kota di Asia yang disurvei tersebut, Jakarta juga berada di urutan teratas dibandingkan Kuala Lumpur (Malaysia); Bangkok (Thailand); Manila (Filipina); dan Beijing (China).

Hasil survey tersebut juga melaporkan, dengan urbanisasi yang cepat, kota-kota di dunia telah berubah menjadi sangat berbahaya. Diketahui, sejak 2011, lebih banyak orang tinggal di kota daripada di daerah pedesaan.

“Pemerintah juga harus berjuang untuk mempertahankan standar keselamatan publik dalam menghadapi populasi yang berkembang cepat dan dukungan infrastruktur transportasi,” sebut survey tersebut, seperti dilaporkan Reuters, belum lama ini.

Berikut adalah 16 kota dengan sistem transportasi yang berbahaya bagi perempuan:

1. Bogota, Kolombia
2. Mexico City, Meksiko
3. Lima, Peru
4. New Delhi, India
5. Jakarta, Indonesia
6. Buenos Aires, Argentina
7. Kuala Lumpur, Malaysia
8. Bangkok, Thailand
9. Moskwa, Rusia
10. Manila, Filipina
11. Paris, Perancis
12. Seoul, Korea Selatan
13. London, Inggris
14. Beijing, China
15. Tokyo, Jepang
16. New York, Amerika Serikat

 

 


Pasang Iklan Gratis @ jakartakita.com - klik iklan.jakartakita.com

Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?