Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Dana non-Perbankan Bakal Digenjot untuk Dorong Pembiayaan Infrastruktur

0 968

Tiket Pesawat Murah Airy

foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Menteri Keuangan, Bambang PS Brodjonegoro mengungkapkan, akan mendorong pembiayaan infrastruktur dengan menggunakan dana non-perbankan yang disediakan lembaga pemerintah, seperti PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebagai fasilitator penggalang dana non-perbankan.

Dia juga mengatakan, mekanisme penggunaan dana non perbankan sejatinya juga bisa berasal dari dana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), tabungan pensiun, hingga asuransi.

Artikel Terkait
1 daripada 65

“Untuk tahap awal dana non-perbankan yang terkumpul bisa senilai Rp40,37 triliun. Di mana dana tadi akan digunakan untuk pembiayaan proyek Jalan Tol Trans Jawa,” ungkapnya, di Jakarta, belum lama ini.

Menurut Bambang, pembangunan infrastruktur tidak bisa hanya mengandalkan perbankan dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mengingat adanya keterbatasan.

Pasalnya, likuiditas di perbankan nasional terbatas, yang tercermin dari rendahnya porsi Dana Pihak Ketiga (DPK) dibandingkan di negara tetangga.

“Dana deposito kita itu masih relatif rendah, 40,7 persen dari PDB. Jauh tertinggal dari negara tetangga seperti Singapura yang sudah mencapai 137 persen depositonya terhadap PDB, Malaysia 94 persen dan bahkan Filipina 55 persen,” tandas Bambang.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?