Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Sementara, Bus Transjakarta Hanya Sampai UI Depok

0 764

Tiket Pesawat Murah Airy

foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Mulai hari ini, Senin (25/4/2016), bus Transjakarta resmi beroperasi hingga Depok dan Bekasi. Namun, sementara bu Transjakarta belum bisa masuk ke Depok. Pasalnya, infrastruktur dan sarana jalan belum mendukung.

Untuk saat ini, pihaknya bakal mengoptimalkan armada Transjabodetabek yang melayani rute Depok, Cililitan, Grogol. Bahkan, tahun depan akan dibangun 14 halte Transjabodetabek di Jalan Margonda Raya dan Juanda. Namun sekarang baru  5-10 armada Tranjabodetabek Depok-Cililitan yang beroperasi.

Dishub Kota Depok telah mengusulkan pembuatan elevated busway. Pembangunan elevated busway yang dikembangkan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek sampai ke Depok. Pemerintah DKI Jakarta telah mempunyai rencana jangka panjang sejak 2014, untuk membangun elevated busway dari Manggarai-Stasiun Universitas Indonesia.

Artikel Terkait
1 daripada 70

Pemerintah Kota Depok telah meminta secara lisan untuk menembuskan jalur elevated busway sampai ke Terminal Depok. Rencana pembuatan elevated busway sudah tertuang pada pembangunan transportasi Jabodetabek sampai 2030.

Dan Pemprov DKI Jakarta juga berupaya membangun sistem transportasi yang terintegrasi dengan kawasan penyangganya. Salah satunya pengembangan jalur busway agar masuk ke wilayah Depok, Bogor, Bekasi dan Tangerang. Pasalnya dengan adanya  pengembangan transportasi massal dari Jakarta,dapat mengurangi macet akibat antrian kendaraan commuter dari dari daerah penyangga khususnya Depok yang saban hari bolak-balik Jakarta-Depok untuk bekerja atau sekolah.

Apalagi total, laju pertumbuhan kendaraan bermotor mengalami peningkatan hingga 9 persen pertahun. Tahun 2015 kemarin saja total motor mencapai 817.850 unit, mobil 155.510 unit, kendaraan umum 6.508 unit.

Padahal sejak 2012-2015 panjang jalan di Depok, tidak bertambah. Kondisi eksisting Jalan Nasional saat ini, mencapai 36,25 KM, Jalan Provinsi 17,75 KM, dan Jalan Kota 476,15 KM. Untuk lebar jalan rata-rata Jalan Nasional mencapai 12 meter, Provinsi 13 meter, dan Kota 5 meter. “Jalan hanya pemeliharaan saja sejak tiga tahun terakhir,” katanya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More