Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Sadiq Khan Sang Wali Kota Muslim Pertama di London

0 3,078

Tiket Pesawat Murah Airy

foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Kandidat dari kubu Buruh, Sadiq Khan (45), dipastikan terpilih menjadi Wali Kota London, Inggris, setelah unggul dalam hasil pemilihan pada Jumat (6/5/2016). Ia sekaligus merupakan pemimpin Muslim pertama di Ibu Kota Inggris tersebut, mengalahkan rival terdekatnya dari kubu Konservatif, Zac Goldsmith (41).

Menurut The Guardian, Khan memenangkan pemilihan dengan perolehan 44 persen suara, sedangkan Goldsmith 35 persen. Total penghitungan sudah mencapai 80 persen saat berita ini diturunkan.

Meski belum ada pengumuman resmi, dapat dipastikan Khan telah menjadi pemenang dan siap menempati jabatan Wali Kota baru London. Melalui akun Twitter resmi miliknya, ia mengucapkan banyak terima kasih pada semua orang yang telah memilih Partai Buruh, dan siapapun yang berkampanye bersama mereka.

Artikel Terkait
1 daripada 48

Kemenangan ini menjadi sejarah pertama pemimpin Muslim London serta pemimpin Muslim kedua di Eropa. Sebelumnya, Ahmed Aboutaleb juga menjadi Wali Kota Rooterdam, Belanda yang beragama Islam.

Sadiq Khan adalah anak dari seorang sopir bus dari Pakistan yang menjadi imigran di London. Khan tumbuh besar di lingkungan kelas menengah dan pernah bekerja sebagai pengacara kasus HAM sebelum menjadi menteri di pemerintahan.

Sementara Zac Goldsmith adalah seorang aktivis lingkungan dan anggota parlemen dari Partai Konservatif. Dia adalah putra taipan keuangan James Goldsmith. Goldsmith berulang kali melancarkan kampanye yang menuduh Sadiq mendukung kelompok ekstremis Islam.

Kampanye hitam Goldsmith justru efektif membangun solidaritas kelompok minoritas di London untuk mendukung Khan. Imigran Asia dan kulit hitam, Muslim, Sikh, Hindu, dan terutama India juga mendukung Khan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?