Take a fresh look at your lifestyle.

Ini Bedanya Baking Soda dan Baking Powder!

0 1,077

Jakartakita.com – Saat membaca resep membuat kue biasanya baking soda dan baking powder masuk menjadi salah satu bahan penting untuk memberikan efek tertentu pada kue. Meski keduanya sama-sama merupakan zat pengembang. Namun ternyata ada perbedaan mencolok antara baking soda dan baking powder.

foto: istimewa
foto: istimewa

Baking Soda

Baking soda (sodium bikarbonat atau soda kue) bersifat alkalin dan bereaksi dengan asam seperti cuka,buttermilk, sour cream, air jeruk lemon, yogurt, atau bahkan madu dalam membuat kue. Tanpa bahan tersebut, baking soda tak aktif dan adonan tak akan mengembang.

Reaksinya muncul segera setelah Anda mencampur bahan-bahan. Jadi, pangganglah adonan yang memakai soda kue segera sebelum menjadi kempis.

Jangan terlalu banyak menambahkan baking soda pada adonan kue, karena kelebihan baking soda akan membuat kue memiliki rasa seperti logam. Jadi gunakan takaran yang pas saat menambahkan baking soda pada adonan kue.

Related Posts
1 daripada 225
foto: istimewa
foto: istimewa

Baking Powder

Baking powder sendiri adalah baking soda yang sudah mengandung komponen asam seperti cream of tartar. Menurut situs About.com, baking powder terdiri dari dua jenis, yakni single-acting dan double-acting.

Baking powder single-acting diaktifkan oleh kelembaban, jadi Anda harus segera memanggang adonan berbahan baking powder tersebut setelah dicampur.

Namun, kebanyakan baking powder berjenis double-acting yang bisa bertahan sebentar sebelum dipanggang, karena pelepasan gasnya terjadi dalam dua tahap. Sedikit gas dilepas pada proses pengocokan dengan bahan-bahan basah, sementara sebagian besar gasnya dilepas di oven saat suhu adonan meningkat. Karenanya dalam takaran biasanya dipakai setengah dari takaran baking powder single-acting.

Baking powder baru akan bereaksi ketika ada di suhu panas seperti dalam oven. Kadang dalam resep tertulis penggunaan baking soda dan baking powder secara bersamaan untuk hasil kue yang maksimal.

Baking soda maupun baking powder sama-sama berwujud bubuk putih. Namun, baking soda 3-4 kali lebih kuat daripada baking powder. Penggunaannya tergantung bahan yang digunakan.

Tinggalkan komen