Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Tahun Depan, Subsidi Listrik Bakal Dipangkas

0 645
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Tahun depan, subsidi listrik bakal dipangkas. Pasalnya, berdasarkan rapat Panitia Kerja (Panja) Badan Anggaran (Banggar) DPR RI pada Selasa (20/9/2016) malam, telah menetapkan pagu subsidi listrik dalam RAPBN 2017 sebesar Rp 44,98 triliun atau lebih rendah dari usulan awal Rp 48,56 triliun.

Artikel Terkait
1 daripada 9

Seperti dilansir dari Antara, subsidi listrik tersebut diberikan untuk 23,15 juta pelanggan kurang mampu dengan rincian sebanyak 19,1 juta merupakan pelanggan 450 VA dan 4,05 juta adalah pelanggan 900 VA. Data pelanggan yang berhak menerima subsidi sebanyak 23,15 juta tersebut mengacu pada data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), dari keseluruhan 45,1 juta pengguna listrik dari PLN.

Selain itu, rapat Panja juga menyetujui penetapan subsidi elpiji tiga kilogram sebesar Rp 20 triliun atau mengalami penurunan dari usulan awal dalam RAPBN 2017 sebesar Rp 29 triliun. Namun, rapat Panja menolak usulan pemerintah atas pemberian subsidi bagi pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar Rp 1,1 triliun, dengan alasan subsidi lebih ideal diberikan untuk masyarakat miskin.

Dengan demikian, pemerintah akan mencari insentif untuk pengembangan EBT bagi kelangsungan program kerja PLN dari pagu belanja lainnya. “



Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More