Take a fresh look at your lifestyle.

Survei Nielsen : Gen Z Berpengaruh Dalam Keputusan Membeli Dalam Keluarga

0 1,106

Tiket Pesawat Murah Airy

foto : dok. Nielsen
foto : dok. Nielsen

Jakartakita.com – Gen Z atau anak-anak dan remaja dengan rentang usia 10-19 tahun merupakan konsumen yang sangat potensial, karena mereka memiliki pengaruh dalam keputusan membeli dalam keluarga.

Menurut survey Nielsen Consumer & Media View (CMV) kuartal II 2016 yang dilakukan di 11 kota, dua hal yang utama dipengaruhi oleh Gen Z adalah keputusan untuk berlibur dan untuk membeli produk elektronik.

“47% anak-anak (usia 10-14 tahun) memiliki pengaruh terhadap keputusan untuk berlibur, dan 33% terhadap keputusan untuk membeli produk elektronik. Sementara itu, konsumen remaja (usia 15-19 tahun) memiliki pengaruh terbesar terhadap keputusan untuk berlibur (67%) dan juga keputusan untuk membeli produk elektronik (62%),” jelas Hellen Katherina, Executive Director, Head of Watch Business, Nielsen Indonesia di Jakarta, baru-baru ini.

“Gen Z adalah masa depan, karena itu penting bagi para pelaku industry untuk memahami perilaku dan kebiasaan mereka,” sambung Hellen.

Lebih lanjut dijelaskan, lahir pada era digital, Gen Z memiliki kebiasaan yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, dan bahkan pada usia yang sangat muda mereka sudah memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap keputusan membeli dalam keluarga.

“Pemahaman mengenai perilaku dan kebiasaan mereka dalam mengkonsumsi media akan membuka peluang bagi para pemilik brand dan pemasar untuk dapat membangun hubungan jangka panjang dengan mereka,” paparnya.

Related Posts
1 daripada 6,317

Ditambahkan, hasil riset tersebut juga menyebutkan, olahraga merupakan kegiatan yang paling disukai anak-anak (48%) dan remaja (44%).

Kegiatan berikutnya yang paling disukai adalah menonton TV, yaitu 38% pada anak-anak dan 32% pada remaja, dan mendengarkan musik dengan 17% pada anak-anak dan 25% pada remaja.  11% anak-anak menyatakan bahwa kegiatan yang mereka sukai setelah mendengarkan musik adalah membaca buku. Sementara itu, setelah mendengarkan musik, remaja lebih suka menjelajah internet (17%).

“Temuan tersebut menunjukkan bahwa Gen Z masih dapat dijangkau oleh media, termasuk media tradisional. Televisi, Internet dan Radio merupakan media utama yang mereka konsumsi,” terangnya lagi.

Hasil riset tersebut juga mengungkapkan, selain penetrasi TV terrestrial masih yang tertinggi (diatas 95% pada anak-anak dan remaja), penetrasi TV berbayar juga mencapai 10%.

Pola konsumsi internet juga memperlihatkan peningkatan dalam lima tahun terakhir, dimana pada kuartal kedua 2016 penetrasi internet pada anak-anak adalah 45% – meningkat 13% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2011 – dan pada remaja adalah 81% – meningkat 29% dibandingkan dengan kuartal kedua 2011.

Rata-rata remaja menghabiskan waktu lebih dari dua jam untuk mengkonsumsi internet (2 jam 29 menit) dan radio (2 jam 20 menit), sementara anak-anak menghabiskan lebih sedikit waktu dengan 1 jam 37 menit untuk internet dan 1 jam 45 menit untuk radio.

Asal tahu saja, survey CMV adalah survey sindikasi yang dilakukan Nielsen terhadap + 17,000 orang usia 10 tahun keatas di 11 kota di Indonesia (Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Surakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Palembang, Makassar dan Banjarmasin). Informasi yang ada di dalamnya, mencakup data-data demografi, psikografi, penggunaan media, sampai dengan penggunaan produk.

Tinggalkan komen
Gatotkaca
JKT48
Kopi Gayo
Juara Liga Bola Basket
Game HP yang Cocok untuk Anak-Anak
10 Game Ramah Anak Tahun 2024
Harpitnas
Muntaber
Hardiknas
Paspampres
Pakcoy
Harkitnas
Tangkuban Perahu
Sibolangit
Simarjarunjung
Sigura-gura
Simanindo
Padarincang
Cilawu
Cilengkrang
Kolektor
Pelukis
Pancoran
Kualitas
Jasmani
Cipanas
Eksklusif Inovatif
Xenia
Wamena
Parapat
Penatapan
Balige
Ciomas
https://gab.org.bt/forms/gates/
https://gab.org.bt/forms/dana/
https://gab.org.bt/forms/fivek/
https://gab.org.bt/forms/tenk/
https://gab.org.bt/forms/sgm/
https://gab.org.bt/forms/s88/
https://gab.org.bt/forms/s77/
https://gab.org.bt/forms/sao/
https://gab.org.bt/forms/ways/
kehadiran no limit city mengguncang dunia slot online
penghasil uang nyata di slot gatot kaca paling kuat
pola kucing emas terbukti ampuh kalahkan algoritma mesin slot bandar
resep pola pg soft wild bandito yang renyah dan garing
saatnya trik dewa slot membuktikannya di sweet bonanza
7 jenis slot online yang berpotensi dihujani panen scatter hari ini
siaran eksklusif pg soft rahasia para sultan sukses berkarir main slot
tilang bandar dengan pola ganjil genap efektif solusi maxwin
trik ampuh tanpa pola dari dewa zeus di gates of olympus
untung besar hanya modal referral dengan slot princess starlight
12 aturan unik di mahjong ways kenali sebelum bermain ke sana
koin crypto berumur puluhan tahun ditemukan dalam transaksi mahjong ways
melenial genz ungkap perasaan usai memenangkan kejuaraan di gates of olympus
pemilik akun misterius papapipi ternyata seorang pemain pro di mahjong ways
resep membuat menu gacor enak saat makan bersama di sweet bonanza
12 permainan ini di setiap hari ampuh tingkatkan jackpot gates of olympus alarm wede beruntun menyala tanda mahjong ways makin gacor awas badai banjir scatter bisa merebak di mahjong ways ini sebabnya ibu-rina-menundukkan-mahjong-ways-setelah-sukses-di-program-pkk ramalan nasib jackpot pemain baru setelah menang di princes starlight fenomena main tanpa rungkad simak bocoran pola akatsuki di mahjong ways
pro dan kontra aplikasi cheat mahjong ways yang melegenda
profile accslot88 pendiri pola petir zeus di saat sedang viral
resep scater hitam emas mujarap tanpa cheat temukan hanya di accslot88
sempat dinyatakan punah taktik maxwin paus berumur puluhan tahun kembali gacor