Take a fresh look at your lifestyle.

Kalbe Nutritionals Luncurkan Gerakan ‘Indonesia Tangkal Kolesterol’

0 991
foto : jakartakita.com/edi triyono
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – Dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia yang jatuh tanggal 29 September 2016 yang lalu, dan Hari Stroke Sedunia yang jatuh 29 Oktober ini, Kalbe Nutritionals yang didukung Kementrian Kesehatan RI, Yayasan Jantung Indonesia, dan bekerjasama dengan Klikdokter.com, mengadakan gerakan ‘Indonesia Tangkal Kolesterol’.

Gerakan ini merupakan program edukasi dengan meminimalisir penderita kolesterol tinggi dan menurunkan resiko stroke serta penyakit jantung koroner di Indonesia.

Asal tahu saja, riset Center for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat melaporkan, bahwa orang dengan kolesterol tinggi berisiko dua kali lipat mengalami sakit jantung, dibandingkan orang dengan kadar kolesterol normal. Adapun proporsi rata-rata masyarakat Indonesia dengan kadar kolesterol total di atas normal mencapai 35 persen atau rasionya mencapai 1 banding 3.

foto : jakartakita.com/edi triyono
foto : jakartakita.com/edi triyono

Lebih rinci, Prof. DR. dr. Budhi Setianto SpJP (K) selaku Ketua 1 Yayasan Jantung Indonesia mengatakan, proporsi masyarakat dengan kadar LDL (lazim disebut kolesterol jahat) di atas nilai optimal mencapai 72, 2 persen. Sedangkan proporsi kadar LDL tinggi atau sangat tinggi mencapai angka 15,9 persen.  Dampak dari kolestetol tinggi, juga penyakit jantung dan stroke, akan menurunkan produktivitas kerja dan bahkan menurunkan populasi penduduk produktif yang berpotensi memajukan bangsa.

Related Posts
1 daripada 7,101

“Kerugian dan dampak buruk akibat penyakit jantung dan stroke yang sebenarnya dapat dicegah bukan saja menjadi kerugian individu, namun juga berdampak bagi negara secara keseluruhan,” kata Prof Budhi, di acara ‘Cholesterror Free Festival Ayo Tangkal Kolestetol Tinggi Turunkan Risiko Stroke dan Jantung Koroner Anda’ di Ecovention Ancol Jakarta, Minggu (30/10/2016).

Vito A. Damay SpJP, MKes, FIHA, FICA menambahkan, salah satu upaya untuk mencegah penyakit jantung dan stroke adalah dengan mencegah faktor utama penyebabnya, misalnya penyakit diabetes melitus, hipertensi, kebiasaan merokok, kegemukan dan kadar kolesterol tinggi.

foto : jakartakita.com/edi triyono
foto : jakartakita.com/edi triyono

“Kolesterol jahat (LDL) merupakan bagian penting dalam mekanisme terbentuknya plak aterosklerosis yang menyebabkan penyempitan dalan pembuluh darah jantung,” kata Vito.

Adapun Kalbe Nutritionals menyikapi kondisi ini dengan meluncurkan produk Nutrive Benecol. Manfaat produk ini telah teruji membantu menurunkan kolesterol 7-10% dalam waktu 2-3 minggu dan resiko jantung koroner.

“Kalbe Nutritionals menjadikan tahun 2016 sebagai momentum dalam inovasi penurunan kolesterol, resiko stroke, dan jantung koroner kepada masyarakat Indonesia, lewat rangkaian kegiatan edukasi, salah satunya melalui gerakan ‘Indonesia Tangkal Kolesterol bersama Nutrive Benecol’ yang diadakan di 24 kota besar,” ucap Donny Bambang Iryanto selaku Senior Brand Manager Nutrive Benecol.

Ditambahkan, rangkaian edukasi disusun untuk merubah pola pikir melalui seminar, merubah pola makan, merubah pola aktifitas fisik, karena ketiga pola tersebut menentukan gaya hidup seseorang. (Edi Triyono)

Tinggalkan komen