Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

17 Kota dan Kabupaten Raih Penghargaan Indonesia Road Safety Awards 2016

0 2,587
foto : jakartakita.com/edi triyono
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – Adira Insurance kembali menyelenggarakan penghargaan Indonesia Road Safety Awards (IRSA) kepada Kota dan Kabupaten terbaik yang telah menerapkan program-program terkait keselamatan di jalan raya. Apresiasi ini diberikan salah satunya untuk membantu menekan angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia yang masih cukup tinggi.

“Kami sangat gembira melihat lahirnya program-program inovatif baru yang secara serius diterapkan oleh pemerintah kota dan kabupaten setempat. Program baru ini diharapkan dapat menjadi langkah preventif yang baik dalam menekan angka kecelakaan jalan di wilayahnya masing-masing,” ujar Indra Baruna selaku Chief Executive Officer Adira Insurance di Jakarta, Selasa (5/12/2016).

Dijelaskan, guna meningkatkan kualitas pelaksanaan program, pada tahun 2016 ini, perbaikan-perbaikan yang dilakukan adalah menambah jumlah jalan untuk dilakukan observasi, meningkatkan kuota responden survei pejalan kaki, dan beberapa perbaikan lainnya dengan tujuan agar semakin objektif dan komperhensif dalam melakukan penilaian.

Penilaian IRSA juga mengacu pada atribut 5 (lima) pilar yang terdapat dalam Rancangan Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK) yang terdiri dari manajemen keselamatan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, penanganan pra dan pasca kecelakaan.

Artikel Terkait
1 daripada 2

Ajang IRSA diharapkan dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi para pemerintah kota dan kabupaten lainnya di seluruh Indonesia sehingga penerapan tata kelola keselamatan jalan di Indonesia akan semakin baik setiap tahunnya.

“Semoga sinergi antar berbagai pihak dapat terus terjaga dan terjalin dengan baik sehingga seluruh lapisan masyarakat terus berupaya untuk menjaga keselamatan di jalan dan angka kecelakaan dapat semakin menurun,” tandas Indra.

Adapun di ajang IRSA 2016, total kota dan kabupaten yang ikut serta dalam IRSA 2016 adalah sebanyak 110 kota dan kabupaten. Kemudian terpilih 17 kota dan kabupaten yang menjadi finalis IRSA 2016.

17 finalis tersebut terpilih berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti jumlah penduduk, jumlah kendaraan, jumlah kecelakaan, panjang jalan, jumlah fatalitas, dan data pendukung lainnya.

Untuk kategori kota dengan jumlah penduduk di atas satu juta jiwa, pemenang utamanya adalah Surabaya. Sementara untuk kabupaten diraih Jepara. Sedangkan untuk kategori kota dengan jumlah penduduk di bawah satu juta jiwa, pemenang utamanya Kota Balikpapan. Untuk kategori Kabupaten diraih Pekalongan.

IRSA 2016 juga memberikan apresiasi kepada kota dan kabupaten untuk kategori khusus. Tangerang Selatan meraih penghargaan untuk kategori peningkatan indeks keselamatan jalan terbaik, Jepara untuk kategori inovasi program keselamatan jalan terbaik, Semarang untuk upaya meningkatkan jumlah pengguna angkutan umum, dan Jakarta Pusat untuk upaya meningkatkan kualitas sarana pejalan kaki yang berkeselamatan. (Edi Triyono)

 



Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More