Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Tulis Aksi 212 di X-Men, Komikus Indonesia Kena Sanksi Marvel

0 1,080

Tiket Pesawat Murah Airy

foto : istimewa
foto : istimewa

Jakartakita.com – Apa hubungan Aksi 212 dengan komik X-Men yang sudah beberapa kali dibuatkan film layar lebar?

Aksi 212 yang berlangsung pada 2 Desember 2016 lalu mendatangkan inspirasi bagi komikus Indonesia, Ardian Syaf. Komikus yang saat ini bekerja untuk DC dan Marvel Comics itu, lantas menuangkan aspirasinya ke dalam komik buatannya sepulang mengikuti aksi.

Dalam beberapa adegan dalam komik X-Men Gold #1 yang dibuatnya baru-baru ini, Ardian menampilkan karakter Kitty Pryde yang sedang  menghadapi kerumunan massa.

Dilansir dari Comicbook.com, Sabtu (8/4/2017) lalu, Kitty diceritakan sedang memperkenalkan kepada orang-orang bahwa dirinya adalah pemimpin baru X-Men. Di dekatnya terdapat sebuah gambar gedung bertuliskan angka 212. Kitty Pryde digambarkan sebagai salah satu pahlawan dari Yahudi dalam daftar karakter komik Marvel.

foto : istimewa
foto : istimewa

Lalu di gambar lainnya, Ardian menampilkan karakter Colossus yang memakai kaus putih bertuliskan “QS 5:51”.

Cerita ini seperti menggambarkan kondisi Gubernur DKI Jakarta yang sedang non aktif, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

Seperti kita ketahui, Ahok sedang terjerat kasus dugaan penistaan agama setelah dirinya sempat mengutip surat Al-Maidah ayat 51 saat mengadakan kunjungan kerja ke Kepulauan Seribu, beberapa waktu lalu.

Dari peristiwa tersebut, sejumlah masyarakat Muslim bersama para ulama dan aktivis pembela Islam, mengadakan aksi yang bertujuan menuntut Ahok diturunkan dari jabatannya sebagai Gubernur.

Artikel Terkait
1 daripada 4

Mulai dari aksi 411 (4 November 2016), aksi 212 (2 Desember 2016) hingga yang terbaru yakni aksi 313 yang berlangsung pada 31 Maret 2017 lalu.

Hasilnya, komik kreasi Ardian ini pun menuai kontroversi dari berbagai pihak.

Sejujurnya sy cukup kecewa..sebenarnya boleh saja punya opini pribadi di pihak tertentu.. tetapi memasukkan hal tsb k dlm karya tentunya berkonsekuensi menerima reaksi berseberangan..” tulis seorang netizen.

foto : istimewa
foto : istimewa

Mesk begitu, sejumlah kritikan tersebut tidak membuat Ardian Syaf berkecil hati. Melalui akun Facebook-nya, Ia pun berharap masyarakat bisa menyampaikan kritik mereka dengan bijak.

Lalu bagaimana tanggapan pihak Marvel tentang kontroversi tersebut?

Pihak Marvel menandaskan kalau aspirasi Ardian itu sangat tidak mewakili tim Marvel secara keseluruhan.

“Gambar yang disebutkan dalam X-Men Gold # 1 dimasukkan tanpa sepengetahuan di balik makna yang dilaporkan. Referensi yang tersirat ini tidak mencerminkan pandangan penulis, editor, atau orang lain di Marvel dan berada dalam oposisi langsung dari inklusifitas Marvel Comics dan apa yang X-Men miliki selama berdiri sejak penciptaan mereka,” tulis pihak Marvel kepada Comicbook.com.

Menurut mereka, gambar ini akan dihapus dari cetakan berikutnya, versi digital, dan perdagangan buku, dan sanksi disiplin sedang diambil.

Sejauh ini, pihak Ardian Syaf belum memberikan komentar tentang kemungkinan sanksi dari pihak Marvel terkait komik X-Men buatannya. (Don William)

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?