Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

5 Tempat Wisata Alam di Yogyakarta yang Tak Pernah Pudar Pesonanya

2,393
foto : istimewa

Jakartakita.com – Seiring waktu, muncul berbagai kawasan rekreasi baru di Yogyakarta yang selaras dengan perkembangan zaman. Bahkan, teknologi ikut andil dalam menciptakan konsep rekreasi kekinian.

Meski begitu, pesona tempat wisata di Jogja yang kental dengan suasana alam tidak pernah pudar tergerus modernisasi. Seperti halnya destinasi berikut ini.

1.Goa Pindul

Goa Pindul Jogja terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Salah satu keunikan gua ini adalah terdapat sungai di dalamnya. Aliran sungai tersebut sangat tenang sehingga untuk cave tubing. Demi keamanan, setiap peserta cave tubing wajib mengenakan baju pelampung.

Panjang gua sekitar 350 meter, sedangkan lebarnya 5 meter. Ada tiga zona utama di dalam gua, yaitu terang, gelap, serta remang. Masing-masing memiliki daya tarik berbeda. Selain itu, Goa Pindul memiliki sebuah ruangan besar dengan ventilasi udara. Saat cuaca cerah, sinar matahari bisa menembusnya dan menciptakan pemandangan bak surga.

2.Pantai Nglambor

Memiliki laut biru cerah, dikelilingi bukit karang, serta berombak besar; begitulah suasana di Pantai Nglambor, Yogyakarta. Kawasan ini menjadi tempat olahraga snorkeling terfavorit di Yogyakarta. Pasalnya, dasar laut di Pantai Nglambor kaya akan biota dan terumbu karang. Anda bisa menyaksikan ratusan ikan sergeant major dan jambrong yang mungil dan cantik.

Untuk mencapai lokasi Pantai Nglambor, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Jika tidak memungkinkan, sebaiknya menyewa mobil atau motor. Namun, Anda juga dapat menumpang bus trayek Wonosari, Mintalah turun di Desa Purwodadi, lalu meneruskan perjalan dengan berjalan kaki menuju Pantai Nglambor.

3.Air Terjun Kedung Kandang

Berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, Air Terjun Kedung Kandang menawarkan panorama curug enam tingkat. Airnya yang jernih mengalir deras dari tebing. Tempat ini dikelilingi areal sawah dan aneka macam tumbuhan.

Untuk menyaksikan keindahan tersebut, Anda mesti berkunjung di musim hujan. Pasalnya, tempat ini mengering ketika musim kemarau. Tidak sedikit pun air yang mengalir di kawasan Air Terjun Kedung Kandang.

4.Goa Jomblang Gunung Kidul

Goa Jomblang merupakan gua berbentuk vertikal dengan kedalaman sekitar 80 meter. Lokasi gua ini berada di pegunungan kapur, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk menuju ke sana, Anda mesti menggunakan kendaraan pribadi.

Dasar Goa Jomblang berupa bebatuan kapur yang diselimuti tanaman perdu. Di sana terdapat bilik alami dengan arsitektur unik. Bagian paling menakjubkan dari gua ini adalah ujung lorongnya. Tempat tersebut menyuguhkan pemandangan berupa stalagmit hijau dan cokelat. Di antara benda berusia ratusan tahun ini terdapat celah; akan terlihat indah manakala sinar matahari menerobos masuk.

foto : tokoilmukita.blogspot.com

5.Green Village Gedangsari

Green Village Gedangsari adalah tempat terbaik untuk sejenak melarikan diri dari kebisisngan kota. Letaknya di Desa Mertelu Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul. Jika ditempuh dari Kota Yogyakarta, butuh waktu sekitar 2 jam.

Panorama alam nan hijau merupakan salah satu daya tarik Green Village Gedangsari. Anda dapat menyaksikan keindahannya di atas bukit. Pun bisa duduk di gazebo bambu yang berada di ujung tangga. Saat senja, dari tempat ini terlihat semburat merah matahari tenggelam.

Itulah lima tempat wisata alam di Yogyakarta yang memiliki pesona luar biasa. Jika tak cukup puas menikmatinya dalam sehari, Anda bisa menginap di hotel di Jogja. Urusan pemesanan kamar, serahkan pada Airy Rooms. Aplikasi kekinian yang dapat diunduh dari Android Apps dan Apple Apps.

Anda dapat memilih kamar hotel terbaik dengan fasilitas mumpuni, semisal ada WiFi, AC, TV LED, dan tempat tidur bersih. Pembayarannya bisa dilakukan lewat kartu kredit yang masih berlaku atau transfer antarbank.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: