Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

7 Makanan Khas Lombok yang Wajib Dicoba

1,422
foto : ksmtour.com

Jakartakita.com – Puas jalan-jalan di pantai Lombok, kini saatnya Anda mengisi perut dengan sajian khasnya yang terkenal lezat.

Bagi Anda yang belum tahu apa saja makanan khas tersebut, berikut ini ulasannya.

1.Sate Bulayak

Sekilas, sate bulayak mirip dengan sate pada umumnya. Keunikannya justru terletak pada bentuk lontong yang biasa disebut bulayak oleh warga setempat. Bila biasanya lontong dibungkus menggunakan daun pisang, bulayak menggunakan daun aren sebagai lapisannya.

Selain menggunakan bumbu khas suku Sasak, cara menyantap hidangan ini juga terbilang unik. Karena penjual tidak menyediakan sendok, Anda bisa mencocol bulayak ke dalam bumbu sate.

2.Ayam Taliwang

Untuk Anda pencinta makanan pedas, sudah pasti harus mencoba ayam taliwang saat berkunjung ke Lombok. Makanan ini sangat terkenal di kalangan wisatawan. Terbuat dari ayam kampung yang masih muda, ayam taliwang biasa disajikan dalam tiga cara, yaitu dibakar, dipanggang, atau digoreng.

Setelah itu, ayam akan disajikan dengan bumbu yang super pedas. Inilah yang menjadi ciri khas dari makanan ini. Anda pun bisa menambahkan plecing kangkung sebagai teman makan ayam taliwang.

3.Beberuk Terong

Selain plecing kangkung, cobalah mencicipi ayam taliwang bersama beberuk terong. Beberuk terong sendiri sering disebut sebagai gado-gadonya orang Lombok. Bahan utamanya terbuat dari terong yang dicampur dengan bumbu halus. Selain terong, ada pula tomat yang sudah dipotong kecil-kecil.

Setelah bumbu dan bahan-bahan tercampur, beberuk terong akan diberi perasan jeruk limau. Perpaduan antara rasa masam, manis, dan pedas mampu membuat Anda ketagihan.

4.Poteng Jaje Tujak dan Iwel

Makanan yang satu ini bisa dibilang sebagai jajanan khas Lombok. Poteng jaje tujak merupakan tapai ketan dan tujak atau tetel/jadah/ketan uli sebagai teman makannya. Poteng jaje tujak biasanya hanya disajikan saat Lebaran atau acara tradisional lainnya.

Namun, karena sudah menjadi makanan yang sering diburu oleh wisatawan, kini poteng jaje tujak dapat dijumpai sehari-hari. Anda pun bisa membawanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

5.Sate Tanjung

Selain sate bulayak, Lombok juga punya sate tanjung yang tak kalah nikmat, lho. Tidak menggunakan ayam atau daging, sate tanjung terbuat dari ikan cakalang dengan bumbu khas rasa pedas dan manis. Sate tanjung akan sangat lezat bila dimakan selagi panas.

Anda dapat menyantapnya menggunakan lontong atau nasi. Keduanya sama-sama mampu memberikan pengalaman makan tersendiri. Oh iya, biasanya sate tanjung ini akan disajikan bersama opak yang terbuat dari singkong. Unik, ya.

6.Bebalung

Bebalung merupakan makanan khas Lombok yang terbuat dari daging sapi atau kerbau sebagai bahan utamanya. Setelah dimasak hingga empuk, daging tersebut akan dicampur dengan bumbu yang kaya rempah.

Rasa bebalung makin nikmat karena disajikan dengan taburan bawang goreng yang begitu banyak. Bila suka pedas, Anda bisa menambahkan sambal ke dalamnya. Cocok sekali untuk teman makan siang Anda, bukan?

7.Kelaq

Makanan yang satu ini merupakan sayur khas Lombok. Terkenal dengan cita rasa pedas, kelaq punya beberapa ragam. Ada kelaq batih, kelaq lebui, kelaq kelor, hingga kelaq yang paling pedas yakni kelaq sebie.

Kelaq sebie menggunakan cabai rawit sebagai bahan utamanya. Sebagai pelengkap, kelaq sebie ini akan dicampur dengan bahan lainnya seperti tongkol atau terong. Nah, sudah terbayang bagaimana pedasnya, kan.

Setelah kenyang, saatnya untuk istirahat supaya besok bisa melanjutkan perjalanan ke tempat wisata di Lombok yang belum dikunjungi. Agar waktu istirahat Anda jadi lebih nyaman, sudahkah Anda pesan hotel murah di Lombok melalui Airy Rooms?

Walaupun mendapatkan kamar dengan harga murah, tetapi fasilitas yang disediakan bukanlah abal-abal, lho.

Ya, Airy selalu memberikan kepuasan untuk pelanggannya melalui 7 fasilitas sekaligus. Mulai dari tempat tidur yang nyaman, TV dan AC untuk melengkapi hari Anda, hingga air panas yang cocok untuk menghilangkan penat.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: