Info Jakarta - Berita Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Sinar Mas Land Kembali Gelar Program Berantas Buta Al-Qur’an

2,284

Jakartakita.com – Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah, Sinar Mas Land bekerja sama dengan Forum Masjid Mushola BSD (FMMB) dan Yayasan Mama Papa yang dipimpin Ustadz Muhammad Taslim kembali menyelenggarakan program Berantas Buta Al Qur’an (BBQ 2019) di 77 masjid yang tersebar di kawasan BSD City dan sekitarnya.

Tingginya antusias para guru mengaji serta anak-anak usia Sekolah Dasar yang mengikuti program ini di tahun 2018, membuat Sinar Mas Land kembali menggelar program BBQ 2019.

Adapun kegiatan BBQ ini merupakan yang kedua kalinya sejak diluncurkan pertama kali tahun 2018 lalu.

Dhony Rahajoe selaku Managing Director President Office Sinar Mas Land mengungkapkan, program ini bertujuan untuk memberantas buta baca Al Qur’an serta mengimplementasikan program SATU BSD (Silaturahmi Antar Umat melalui program Berdikari Sehat Damai) di sekitar kawasan BSD City.

Asal tahu saja, menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), sekitar 54% umat Muslim di Indonesia belum dapat membaca Al-Qur’an.

“Hal tersebut tentu sangat memprihatinkan. Untuk itu, Sinar Mas Land menginisiasi program ini serta bekerja sama dengan Forum Masjid dan Mushola BSD (FMMB) dan Yayasan Mama Papa yang telah membuat metode belajar baca Al Qur’an dalam waktu 3 jam. Semoga kegiatan Berantas Buta Al Qur’an (BBQ 2019) ini dapat mengurangi jumlah umat muslim yang belum dapat membaca Al Qur’an,” ucap Dhony Rahajoe, yang juga Ketua Harian Yayasan Muslim Sinar Mas dalam siaran pers, Senin (29/4/2019).

Dijelaskan, program BBQ 2019 akan memberikan training melalui ToT (training of trainers) yang dipusatkan di Masjid Cikal Harapan BSD City.

ToT pertama telah dilangsungkan pada tanggal 14 April 2019 dan diikuti sekitar 90 ustadz dan guru mengaji.

Training membaca Al Qur’an dengan metode Mama Papa akan dilangsungkan sebanyak 6 kali hingga bulan Mei mendatang dan ditargetkan sebanyak 350 guru mengaji serta ustad mengikuti pelatihan tersebut.

“Metode pengajaran dengan sistem Mama Papa ini sangat mudah dipahami. Saya memberikan training selama 3 jam kepada para ustadz atau guru mengaji perwakilan masjid. Selanjutnya ustadz atau guru mengaji tersebut akan memberikan pengajaran membaca Al Qur’an dengan sistem Mama Papa di setiap masjidnya kepada jamaah dan anak muridnya. Para peserta ToT ini juga akan mendapatkan alat peraga dan buku yang sudah disiapkan,” ujar Ustadz Muhammad Taslim selaku Pencipta Metode Mama Papa.

Program BBQ 2019 berlangsung sejak April hingga September 2019 dan akan ditutup dengan perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharam yang jatuh pada bulan September 2019.

Pada acara itu, nantinya akan digelar lomba baca Al Qur’an antar anak didik dari 77 masjid yang mengikuti program BBQ kategori usia 7-12 tahun.

Total hadiah sebesar Rp. 50.000.000,- untuk para pemenang.

Pada BBQ di tahun 2018 lalu, sebanyak 50 ustadz dan guru mengaji mengikuti program ini, serta 350 peserta yang terdiri dari anak usia 4 -12 tahun mengikuti lomba membaca Al Qur’an di tahun 2018.

Para peserta lomba merupakan anak -anak yang telah diajarkan baca Al Qur’an dengan metode Mama Papa.

Adapun total hadiah yang disiapkan oleh panitia pada BBQ tahun 2018 mencapai Rp30.000.000.

Di sisi lain, program ini dilaksanakan sebagai bentuk kegiatan sosial keagamaan bagi warga masyarakat di sekitar kawasan BSD City. 


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: