Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Blibli.com Tingkatkan Kapabilitas Creativepreneur Muda Melalui ‘The Big Start Season 4’

4,434

Jakartakita.com – Blibli.com untuk keempat kalinya menyelenggarakan The Big Start (TBS), sebuah ajang kompetisi wirausaha tahunan bagi creativepreneur muda, yang bertemakan “Nyalakan Ambisimu, Wujudkan Suksesmu”.

Didukung penuh oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), dan Universitas Prasetiya Mulya, The Big Start Season 4 ini menawarkan hadiah total Rp 1,3 miliar.

Ajang ini membuka kesempatan bagi para creativepreneur muda untuk mengasah kemampuan bisnis sesuai dengan kebutuhan pasar, selain mendapatkan kesempatan untuk mengikuti ajang pameran di luar negeri dan berkolaborasi dengan brand lokal untuk proyek spesial.

Andy Adrian, Deputy CMO Blibli.com mengungkapkan, kompetisi TBS merupakan wujud komitmen jangka panjang Blibli.com dalam mendukung program pemerintah Indonesia untuk mengembangkan usaha-usaha kreatif yang secara teknis merupakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Sektor ini penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi negara. Besarnya kontribusi usaha kreatif bagi PDB Indonesia menunjukkan bahwa para creativepreneur muda mampu memberikan kontribusi signifikan bagi perekenomian nasional,” jelas Andy di Jakarta, Rabu (19/6).

Asal tahu saja, berdasarkan survei Kementerian Perindustrian, sektor UMKM telah menyumbang sekitar 60,3% terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional.

Namun, UMKM di Indonesia menghadapi tujuh tantangan yang menghambat mereka untuk mengembangkan bisnisnya. Ketujuh tantangan ini, adalah; pasar, pendanaan, jaringan, technological system, pengetahuan bisnis, kehadiran online, serta kreativitas dan inovasi.

Adapun Blibli.com akan memperkuat kapasitas creativepreneur dengan membantu mereka menjawab tantangan-tantangan tersebut melalui dua inisiatif, yaitu kompetisi TBS sebagai titik awal mencari creativepreneur dengan usaha menjanjikan.

Kemudian, Galeri Indonesia, kategori khusus usaha kreatif di Blibli.com, akan bertindak sebagai platform penjualan dan pembinaan yang berkelanjutan untuk para creativepreneur.

“Kami akan mengusung pendekatan pemasaran terkini, yaitu Marketing 4.0, pada kedua inisiatif ini. Marketing 4.0 mengutamakan kolaborasi, jaringan, serta sinergi antara online dan offline dalam mengembangkan usaha di era digital. Hal ini sangat cocok bagi Blibli.com dan para creativepreneur karena melalui TBS dan Galeri Indonesia, kami akan membantu usaha kreatif dari segi konten pemasaran digital hingga jaringan dengan pasar lokal dan internasional. Tujuan akhirnya adalah memberi creativepreneur modal kemampuan untuk melayani pasar yang mereka tuju,” tambah Andy.

Para creativepreneur sudah bisa mendapatkan informasi dan mendaftarkan diri di kompetisi lewat situs thebigstart.blibli.com hingga batas akhir di bulan Agustus 2019.

Para creativepreneur juga dapat mendaftarkan diri di roadshow The Big Start yang akan berlangsung di Bandung (12-14 Juli), Yogyakarta (19-21 Juli) dan Surabaya (2-4 Agustus).


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: