Info Jakarta - Berita Jakarta - Semua Tentang Jakarta

JMM SMART Race 2019 Usung Tema ‘Selfie, Museum and Run Track’

1,370

Jakartakita.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta siap menggelar Jakarta Museum Marathon (JMM) SMART Race 2019 pada tanggal 3-4 Agustus 2019 dengan tema Selfie, Museum and Run Track.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam pengembangan potensi wisata sejarah yang dimiliki oleh Jakarta dengan mengajak masyarakat luas untuk mengunjungi beberapa Museum yang ada di Jakarta dalam waktu singkat yang dilengkapi dengan tantangan seru dan menyenangkan serta secara tidak Iangsung mengajak seluruh peserta bersama-sama mempromosikan destinasi sejarah yang dikunjungi. 

Selama periode pendaftaran, yaitu tanggal 5 – 28 Juli 2019, tercatat sebanyak 1.559 peserta masyarakat yang mendaftar.

“Animo masyarakat di luar DKI Jakarta cukup tinggi, tapi karena keterbatasan slot, kita batasi sesuai dengan slot yang ada,” ujar Hari Wibowo selaku Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Disparbud DKI Jakarta di Holiday Inn Gajah Mada, Jakarta Pusat, Jumat (2/8).

Dijelaskan, JMM Smart Race 2019 digelar untuk mengenalkan sejumlah museum yang ada di Jakarta, dengan menyasar para generasi milenial dan mewajibkan pesertanya hanya dengan satu alat, yaitu ponsel.

Artikel Terkait
1 daripada 25

“Sekarang ini semuanya terkoneksi dengan satu alat yaitu ponsel. Teknologi inilah yang coba kita pakai untuk menviralkan museum yang ada di Jakarta melalui JMM Smart Race. Bukan hanya peserta yang di Jakarta saja yang ikut tapi ada juga peserta dari daerah,” tutur Hari.

Hal tersebut dibenarkan Dilladil selaku Manager Event JMM Smart Race 2019, yang menyebutkan bahwa para peserta yang mendaftar tidak hanya berasal dari Jakarta saja. Tapi ada juga yang berasal dari daerah, seperti; Denpasar, Bekasi, Tangerang, Bogor, Balikpapan, Solo, Bandung, Yogyakarta dan Mojokerto.

“Peserta kategori Jelajah Museum yang terpilih sebanyak 30 orang. Peserta kami gabung menjadi 15 grup dan setiap grupnya dua orang. Peserta terpilih merupakan hasil verifikasi panitia berdasarkan penilaian dari kriteria, seperti; jawaban kuis Instagram, kreatifitas kontes foto Instagram, aktif ber-sosmed, juga sering bersosialisasi dengan followers,” jelasnya.

Rincinya disebutkan, hasil dari seleksi terpilih sebanyak 430 peserta yang dibagi menjadi 215 group dari 1.599 masyarakat yang mendaftar.

Peserta terpilih dibagi lagi kedalam 5 kategori, yaitu; 30 peserta (15 group) kategori Jelajah Museum, 100 peserta kategori DUO Family (50 group), 130 peserta (65 group) kategori DUO Umum, 100 peserta (50 group) kategori DUO Komunitas dan 70 peserta (35 group) kategori DUO Kostum Unik.

Perlombaan JMM SMART Race 2019 diIaksanakan selama 2 hari, yaitu; hari pertama, Sabtu, 3 Agustus 2019 adalah perlombaan kategori Jelajah Museum dan hari kedua, Minggu, 4 Agustus 2019 adalah perlombaan kategori DUO untuk Family, Komunitas, Kostum Unik dan Umum.

Pada setiap perlombaan para peserta akan ditantang untuk menyelesaikan misi di tiap Museum dan mempromosikan setiap Museum melalui akun Instagram masing-masing dengan persyaratan tag dan hashtag Instagram yang telah ditentukan panitia. (Edi Triyono)


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com