Info Jakarta - Berita Jakarta - Semua Tentang Jakarta

5 Tips Penting yang Wajib Diperhatikan Saat Traveling dengan Bus

990

Naik bus memang menyenangkan. Kamu bisa tahu rute perjalanan dan melihat pemandangan indah. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan jadi lebih aman.

Buat sebagian orang, traveling dengan menggunakan bus memang menyenangkan. Meskipun perjalanan lebih lama daripada naik pesawat, bus tentu punya beberapa keunggulan sendiri yang bisa bikin traveler betah.

Saat naik bus, traveler bisa menikmati pemandangan indah yang tersaji sepanjang perjalanan, serta melihat aneka objek wisata dari dekat. Namun, traveling dengan menggunakan bus punya beberapa kelemahan, salah satunya adalah waktu tempuh yang lama. Itu artinya, kamu perlu ketahanan fisik ekstra karena tubuh akan lebih cepat pegal akibat perjalanan panjang.

Ada banyak perusahaan otobus (PO) yang bisa kamu pilih untuk mengantarmu ke tempat tujuan, salah satunya adalah Pahala Kencana. PO yang satu ini menyimpan beragam kelebihan, salah satunya adalah kamu bisa membeli tiket bus pahala kencana online. Nah, buat kamu yang sedang merencanakan liburan dan ingin menggunakan bus Pahala Kencana, ada beberapa tips yang perlu diterapkan agar perjalanan jadi aman dan nyaman. Apa saja?

1. Cari info sebanyak-banyaknya

Tips penting yang wajib diperhatikan saat traveling dengan bus adalah kamu wajib mencari informasi sebanyak-banyaknya. Kamu harus menentukan waktu berangkat dan pulang, bahkan di terminal mana kamu akan turun. Setelah itu, kamu bisa mencari info tentang bus yang akan digunakan untuk traveling. Enggak cuma itu, kamu juga wajib menyimpan nomor agen bus untuk tahu informasi yang lebih lengkap dan jelas.

2. Apakah bus sesuai dengan selera?

Perlu kamu ketahui bahwa tiap bus punya ciri khasnya masing-masing, mulai dari interior hingga pelayanannya kepada para penumpang. Nah, hal ini tentu perlu kamu pertimbangkan dengan matang. Jangan sampai kamu naik bus yang enggak sesuai dengan selera sehingga bakal bikin perjalanan jadi enggak nyaman.

Artikel Terkait
1 daripada 1,120

Ada traveler yang suka dengan bus ber-AC biar enggak kegerahan selama perjalanan. Namun, enggak sedikit juga orang yang lebih suka membuka jendela sepanjang perjalanan biar bisa melihat pemandangan dengan jelas. Biar lebih jelas, kamu bisa melihat di web atau langsung mencocokkan ke terminal untuk lihat langsung bus yang bakal ditumpangi.

3. Berteman dengan kru bus

Sudah bukan rahasia lagi kalau bepergian dengan jalur darat, termasuk bus, akan memakan waktu yang cukup lama. Buat kamu yang bepergian dengan teman atau bahkan gebetan, sih, hal itu kayaknya bukan lagi jadi masalah. Kamu bisa saling bertukar cerita atau selfie di sepanjang perjalanan. Namun, bagaimana jika kamu bepergian seorang diri? Untuk itu, enggak ada salahnya berteman dengan kru bus yang kamu tumpangi.

Ada banyak hal seru saat mereka mengendarai bus selama perjalanan yang bisa diceritakan ke kamu, mulai dari yang lucu, nyebelin, hingga pengalaman horor. Semua cerita itu tentu bakal bikin kamu enggak gampang bosan selama di perjalanan. Jika beruntung, kamu bisa membuat beberapa thread tentang cerita si kru bus di Twitter untuk menambah followers. Lumayan, kan?

4. Wajib waspada!

Kewaspadaan adalah yang nomor satu. Enggak peduli kamu bepergian seorang diri atau bersama sahabat, kamu wajib meningkatkan kewaspadaan saat bepergian dengan menggunakan bus. Sebab, dengan meningkatkan kewaspadaan, kamu bisa mengurangi risiko atau bahkan terhindar dari tindakan kriminalitas. Enggak cuma di dalam bus, kamu juga wajib waspada saat sedang menunggu bus. Waspada terhadap penumpang lain dan calo yang ada di terminal.

5. Jangan gampang percaya pada orang asing

Nasihat ini mungkin terdengar klise. Namun, suka atau enggak, banyak tindakan kejahatan yang terjadi karena korban mudah percaya dengan orang lain. Saran buat kamu, jangan mudah menerima tawaran makanan dan minuman dari orang lain. Sebab, hal itu bisa saja jadi sarana atau modus bius para pelaku.

Enggak cuma itu, kamu juga disarankan untuk enggak membawa barang-barang yang enggak begitu perlu, seperti perhiasan atau bahkan memainkan gadget secara berlebihan. Ingat, kejahatan terjadi karena ada kesempatan. So, waspadalah.


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com