Info Jakarta - Berita Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Yayasan Galang Dana Bersama Listrik Indonesia Luncurkan Aplikasi PoweringNation.id

649

Jakartakita.com – Pegawai PT PLN (Persero) yang tergabung dalam Yayasan Galang Bersama Listrik Indonesia meluncurkan aplikasi PoweringNation.id.

Aplikasi tersebut digunakan untuk menggalang dana memasang listrik bagi masyarakat‎ kurang mampu di wilayah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T).  

Henri Firdaus selaku Chief Executive Officer PoweringNation.id mengatakan, saat ini, setidaknya masih ada 1,5 juta masyarakat Indonesia yang belum menikmati sambungan listrik dari PLN. Padahal, listrik merupakan salah satu kebutuhan utama manusia saat ini.

“Satu hal yang bikin sedih sekali, sa‎at Indonesia berusia 74 tahun, masih ada 1,5 juta masyarakat belum dapat menikmati listrik,” katanya kepada awak media di Jakarta‎, Jumat (20/9).

Lebih lanjut diungkapkan, melalui website www.poweringnation.id, Yayasan Galang Bersama Listrik Indonesia, berusaha memberi wadah untuk penggalangan dana (crowdfunding) secara online.

Lewat website tersebut, masyarakat umum dapat memberi bantuan dana bagi masyarakat Indonesia tidak mampu yang belum menikmati listrik, karena tidak mampu membayar biaya pemasangan listrik.

“Dari data yang dikumpulkan, selanjutnya tim akan mengindentifikasi lokasi, kondisi, dan ketersediaan jaringan listrik,” terang Henri.

Ia menambahkan, dari sekitar 1,5 juta KK yang belum menikmati listrik, PoweringNation.id menargetkan dapat membantu sekitar 100 ribu KK untuk punya akses terhadap listrik.

Asal tahu aja, website www.poweringnation.id ini menjadi penghubung antara para donatur yang ingin membantu lewat empat program utama.

Artikel Terkait
1 daripada 10

Pertama, Galang Dana untuk donatur yang ingin memberi donasi dengan memilih lokasi terlebih dahulu.

Kedua, Paket Nyala Listrik untuk donatur yang ingin membantu masyarakat yang belum mendapatkan listrik dengan berdonasi mulai Rp 10.000. 

Ketiga, Ajukan Lokasi untuk membantu melaporkan seseorang yang membutuhkan bantuan dengan mengisi informasi lokasinya.

Dan yang keempat, Donasi Rutin untuk donatur yang ingin membantu menerangi lebih banyak rumah dengan menjadi donatur tetap selama periode yang bisa ditentukan sendiri. 

Selain mengumpulkan dana, aplikasi ini diklaim dapat menerima laporan masyarakat yang berhak mendapat listrik.

“Setelah dapat laporan, kami akan kirim tim untuk memastikan berhak atau tidaknya mendapat bantuan ini,” tandasnya.

Rincian Paket PowerNation.id

Adapun rincian paket yang ditawarkan aplikasi PowerNation.id yakni; biaya pasang baru daya hingga 900 volt ampere, biaya instalasi 3 titik lampu dan 2 stop kontak, biaya sertifikat laik operasi (SLO).

Paket tersebut terdiri dari, peralatan listrik berupa tiga bohlam lampu LED, satu unit penanak nasi elektrik, serta satu unit kipas angin.

Dalam paket itu juga menyertakan token listrik prabayar dan sembako. (Edi Triyono)


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com