Info Jakarta - Berita Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Gelar CSR, Toyota Lakukan Pemasangan Cermin Cembung di Area Danau Toba

1,332

Jakartakita.com – Bertolak dari komitmen CSR Toyota yang ingin berkontribusi untuk lingkungan dan masyarakat Indonesia yang lebih baik, pada tahun 2019 ini Toyota-Astra Motor dan jaringan outlet resminya memperkenalkan program CSR bernama “Avanza Tourism Support Program”, dengan menyisihkan sebagian profit penjualan Avanza dan Veloz untuk membantu pengembangan beberapa daerah tujuan wisata di Indonesia.

Di awal tahun ini, New Avanza diluncurkan dengan tagline “A Part of Indonesia Greatness”, di mana Toyota tidak hanya fokus pada pengembangan bisnis tetapi juga bertekad untuk tumbuh bersama bangsa Indonesia melalui berbagai program CSR.

Di lain pihak, Pemerintah juga tengah mengembangkan 10 destinasi wisata baru yang dikenal sebagai “New Bali” untuk mendorong pariwisata.

Ke-10 destinasi wisata itu adalah Danau Toba – Sumatera Utara, Mandalika – Lombok – Nusa Tenggara Barat, Tanjung Lesung – Banten, Wakatobi – Sulawesi Tenggara, Borobudur – Jawa Tengah, Bromo – Jawa Tiur, Kepulauan Seribu – Jakarta, Labuan Bajo – Nusa Tenggara Timur, Tanjung Kelayang – Belitung, serta Morotai – Maluku Utara.

Berdasarkan riset, masing-masing destinasi wisata tersebut mempunyai masalah yang berbeda-beda, seperti masalah lingkungan berupa sampah, pengembangan sumber daya manusia, kurangnya infrastruktur pendukung di bidang keselamatan berlalu lintas, maupun masalah energi (listrik).

Artikel Terkait
1 daripada 18

“Sejalan dengan pilar CSR Toyota Indonesia, melalui program Avanza Tourism Support ini kami ingin ambil bagian dalam meringankan masalah lingkungan dan masyarakat. Khusus di daerah Danau Toba, kami fokus pada Safety Features Campaign dengan adanya pemasangan cermin cembung guna menurunkan angka kecelakaan di jalan raya,” ujar Darmawan Widjaja, Direktur Toyota-Astra Motor dalam keterangan pers yang diterima Jakartakita.com, baru-baru ini.

Asal tahu saja, berdasarkan laporan yang dirilis oleh Dinas Perhubungan Daerah Sumatera Utara, angka kecelakaan lalu lintas di provinsi tersebut tergolong tinggi, yaitu mencapai lebih dari 1.916 orang tewas akibat kecelakaan sepanjang tahun 2018.

Kecelakaan tersebut salah satunya dikarenakan kurangnya infrastruktur penunjang keselamatan berlalu lintas, seperti pemasangan cermin cembung di jalan raya. Hal inilah yang mendorong Toyota untuk melakukan aktivitas Safety Feature Campaign di wilayah tersebut.

Ada tiga area spesifik di Danau Toba yang dipasangi cermin cembung, yaitu Siantar –Tarutung karena daerah itu rawan longsor dan berkabut, serta kondisi jalanan yang naik turun, jalan sepanjang Simpangtele – Panguruan yang jalurnya banyak melalui perbukitan, tikungan naik turun di dekat permukiman warga, serta jalan sepanjang Pancur Batu – Berastagi – Sidikala dengan kondisi jalanan melalui perbukitan dengan banyak kabut yang dapat mengganggu jarak pandang.

Vice President Director Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto menambahkan, sebagai perusahaan otomotif, Toyota sangat peduli akan pentingnya keselamatan berkendara di jalan raya, sehingga Toyota bersama-sama komunitas pengguna kendaraan Toyota selalu konsisten melaksanakan berbagai program Safety Driving.

“Pemasangan cermin cembung di area Danau Toba, Sumatera Utara ini diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan berkendara di jalan raya,” tandas Henry.


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com