Take a fresh look at your lifestyle.

BATAN Sosialisasi Teknologi Uji Tak Rusak Lewat Workshop & Seminar

0 2,084
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menggelar sosialisasi dan edukasi pemanfaatan teknologi nuklir di bidang uji tidak merusak, yang lebih dikenal dengan Non Destructive Investigation (NDI) melalui kegiatan workshop dan pameran BATAN – IAEA Collaborating Center di Hotel Kristal, Jakarta, Selasa (03/12).

Kegiatan ini sebagai ajang untuk mempertemukan para pengembang teknologi dengan para pengguna, regulator (penentu kebijakan), dan penyedia jasa NDI.

Deputi Bidang Teknologi Energi Nuklir (TEN), Suryantoro mengungkapkan, BATAN telah ditunjuk oleh Badan Tenaga Atom Internasional / International Atomic Energy Agency (IAEA) sebagai pusat acuan atau collaborating center di bidang NDI.

“Dengan pengakuan ini, BATAN telah menjadi negara tujuan bagi negara-negara lain, khususnya di kawasan regional Afrika dan Asia-Pasifik untuk mengikuti pelatihan teknik uji tak rusak,” kata Suryantoro.

Menurutnya, prestasi menjadi Collaborating Center (CC IAEA) ini sangat membanggakan bagi Indonesia, karena IAEA hanya menetapkan satu negara untuk satu periode dalam empat tahun (2015-2019).

Selama empat tahun ini, BATAN sudah berhasil mengembangkan berbagai teknik dan peralatan uji tak rusak berbasis nuklir, baik untuk pekerjaan di bidang industri manufaktur, insrastruktur, pengolahan maupun lingkungan.

“NDI merupakan serangkaian kegiatan pengujian atau inspeksi untuk memastikan bahwa material, struktur, dan komponen dapat berfungsi sesuai yang dipersyaratkan,” jelasnya.

Kegiatan tersebut, ujar Suryantoro, dilakukan untuk mendeteksi adanya diskontinuitas pada material, struktur, dan komponen yang dapat mempengaruhi keselamatan dan menyebabkan kerugian, seperti ledakan pipa gas, kegagalan operasi instalasi, dan lain-lain.

Berbagai sektor industri seperti industri logam, migas, transportasi, manufaktur, konstruksi, elektronika, dan lain-lain telah memanfaatkan NDI untuk mengendalikan mutu dalam meningkatkan keselamatan dan keandalan produk yang berdampak pada reputasi industri pengguna.
Suryantoro mencontohkan beberapa teknologi yang dikembangkan BATAN, antara lain; X-Ray dan Gamma–Ray Radiography, Neutron Radiography, Neutron Activation Analysis (NAA), Thin Layer Analysis (TLA), X-Ray Diffractometer (XRD) dan X-Ray Fluorescence (XRF) yang dapat dimanfaatkan pada sector industri, manufaktur, lingkungan, dan kesehatan.

Related Posts
1 daripada 3,643

Selain itu, juga mengembangkan teknologi NDI berbasis non radiasi, seperti Ultrasonic Testing (UT) dan UT Pundit, Ground Penetrating Radar (GRP), Thermography, dan Accoustic Emission.

“BATAN telah berhasil mengembangkan perangkat uji tak rusak radioskopi dan gamma scanner berbasis nuklir, yang sangat efektif digunakan untuk banyak pekerjaan dibidang industri. Perangkat radioskopi dapat diaplikasikan pada industri manufaktur untuk inspeksi produk secara langsung (real time) dan gamma scanner digunakan untuk mengetahui kondisi kolom pada instalasi industri, khususnya industri petrokimia,” ujarnya.

Lebih lanjut diungkapkan, pada prinsipnya cara kerja teknologi NDI yang memanfaatkan teknologi nuklir, dengan karakteristik dan energi yang dihasilkan, radiasi yang dipancarkan dari sumber radioaktif mampu melakukan penetrasi yang lebih tinggi sehingga dapat menembus benda-benda yang tebal dan padat. Interaksi radiasi juga tidak akan merusak target yang diuji, sehingga dikenal dengan teknik uji tak rusak.

“Dengan keunikan tersebut, teknik uji tak rusak berbasis nuklir sangat sesuai untuk pekerjaan infrastruktur, seperti konstruksi jalan tol, jembatan, gedung-gedung, dan badan pesawat, dan untuk bidang manufaktur, seperti otomotif, industri kimia, industri pupuk, pengolahan, dan lainnya,” tegasnya.

Di bidang lingkungan, tuturnya, teknik analisis nuklir dan radiasi dapat dimanfaatkan untuk mengetahui kadar polusi lingkungan sampai dengan ukuran partikel yang sangat kecil. Data dan informasi dari hasil analisis sampel lingkungan ini dapat digunakan untuk penetapan kebijakan nilai baku mutu lingkungan di suatu wilayah oleh pemerintah atau pemerintah daerah.
“Untuk kegiatan ini, uji tak rusak jangan dipahami sebagai nuklir untuk pembangkit listrik. Dalam pekerjaan ini kita hanya memanfaatkan sifat dan energi radiasinya untuk memperoleh image atau visualisasi dari target yang diradiasi,” ujarnya.

“Melalui image tersebut, kita akan sangat mudah menginterpretasi hasilnya, sehingga pekerjaan akan dapat diselesaikan dengan cepat tanpa merusak target yang diradiasi. Bahkan, pekerjaan dapat dilakukan tanpa harus menghentikan proses yang sedang berjalan,” lanjutnya.

Pekerjaan dengan sumber radiasi ini, ujar Suryantoro, memiliki tingkat keselamatan tinggi karena sumber radioaktifnya ditempatkan di tempat yang dilapisi dengan bahan pelindung yang bersifat menyerap radiasi dan mencegah terpaparnya lingkungan dari radiasi.

“Pekerja dan lingkungan dijamin keselamatannya selama pekerjaan berlangsung. Tentu saja dalam melakukan pekerjaan tersebut para pekerja harus memenuhi persyaratan teknis bekerja menggunakan sumber radioaktif dan memahami pengetahuan tentang prinsip proteksi radiasi,” tegasnya.

Dengan penguasaan teknologi NDI ini, BATAN siap bekerja sama dalam menyiapkan sumber daya manusia dan berbagi pengalaman dengan stakeholder yang bergerak dalam bidang pekerjaan infrastruktur, manufaktur dan lingkungan.

Melalui kegiatan ini akan terjalin interaksi dan komunikasi yang intensif untuk meningkatkan kerja sama antara BATAN sebagai pengembang teknologi dan kepakaran dengan para pemangku kepentingan dalam pemanfaatan uji tak rusak. (Edi Triyono)

Tinggalkan komen