Info Jakarta - Berita Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Aplikasi Keselamatan Kerja Karya Mahasiswa Magang di Apresiasi

2,504
foto : istimewa

Jakartakita.com – Salah satu keistimewaan kuliah di Universitas Pertamina adalah mahasiswanya dapat memperoleh kesempatan magang di PT Pertamina (Persero) maupun anak perusahaannya.

Kegiatan magang ini merupakan mata kuliah Kerja Praktek (Job Training) yang mereka tempuh antara semester 5 – 7.

Kesempatan tersebut menjadi ajang bagi para mahasiswa untuk mengembangkan diri lebih luas di lapangan kerja sesungguhnya. 

Salah satunya Megandi, mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer Universitas Pertamina Angkatan Tahun 2016, yang melaksanakan Job Training di PT. Pertamina EP Cepu ADK (PEPC ADK) pada tanggal 1 Juli sampai dengan 19 September 2019.

PEPC ADK memiliki program Health, Safety, Security, & Environment Management System (HSSE) yang dikemas dalam bentuk Pelaporan Keselamatan Kerja (PEKA) yang digunakan para karyawan untuk melaporkan kejadian-kejadian lapangan yang dirasa tidak aman untuk keselamatan kerja ke depannya. 

“Melihat bahwa program PEKA dapat lebih responsif dan aktual terhadap kejadian lapangan jika dikemas dalam bentuk digital, saya kemudian mengajukan proyek pembuatan aplikasi yang diberi nama ‘PEKA DIGI’,” kata Megandi seperti dilansir dari siaran pers di Jakarta, Jumat (6/12).

PEKA DIGI (Pengamatan Keselamatan Kerja Digital) adalah suatu sarana online (web dan Android) yang digunakan untuk melakukan pengamatan dan pencatatan terhadap kondisi tidak aman (unsafe condition) atau perilaku tidak aman (unsafe act).

Artikel Terkait
1 daripada 27

Selain itu, PEKA DIGI juga dapat membantu mengkoversi dokumen pelaporan menjadi paperless

Lebih lanjut Megandi menuturkan, dirinya mengembangkan aplikasi PEKA dengan menerapkan metodologi Agile yang telah dipelajari di mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak.

Ia juga menerapkan pengetahuan tentang requirement gathering yang telah dipelajari di mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer.

Dalam pengembangan aplikasi, dirinya menerapkan ilmu yang dipelajari dari mata kuliah Basis Data dalam membuat basis data (Relational Database).

Setelah melewati serangkaian persetujuan proses pembuatan, aplikasi tersebut berhasil diaplikasikan di dua kantor PEPC ADK yang berlokasi di Jakarta dan Cepu pada tanggal 17 September 2019.

PEKA DIGI kemudian ditandingkan oleh PEPC ADK ke ajang kompetisi Continuous Improvement Program PT Pertamina (Persero) yang diselenggarakan pada bulan Oktober 2019. Di ajang tersebut, PEKA DIGI berhasil mendapatkan gold certificate.

Kemudian PEKA DIGI juga dilombakan pada acara Forum Hulu PT Pertamina (Persero) pada tanggal 21 November 2019. Di ajang tersebut, lagi-lagi, PEKA DIGI juga berhasil meraih predikat gold.

Atas kontribusinya, Megandi mendapat apresiasi dari PT. Pertamina EP Cepu ADK.

“Apa yang dicapai Megandi sangat membanggakan Universitas Pertamina. Megandi mampu melihat peluang sesuatu yang butuh diperbaiki dan merekomendasikan solusinya. Ke depannya, kita akan menghadapi dunia teknologi yang semakin kompleks. Dengan turut sertanya mahasiswa dalam menyumbangkan inovasi untuk Continuous Improvement di PT Pertamina yang lebih baik, hal tersebut membuktikan salah satu keberhasilan Universitas Pertamina sebagai institusi pendidikan,” ucap Ichsan Setya Putra selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina. (Edi Triyono)


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?