Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

YBS Suarakan Pentingnya Kesehatan Mental dengan Gerakan ‘Psikologi Positif’

7,404
foto : istimewa

Jakartakita.com – Sekelompok anak muda yang berbasis di Jakarta dan Bandung, berupaya menyuarakan pentingnya kesehatan mental.

Melalui akun Instagram @yangbelumsempat, gerakan ini mengajak masyarakat yang kini rentan mengalami isolasi diri baik secara fisik maupun sosial, untuk menjaga kesehatan mental lewat penerapan Psikologi Positif.

Hal ini dilakukan oleh tim yangbelumsempat (YBS) melalui produksi konten multimedia interaktif yang mengajak masyarakat untuk terbiasa dengan proses to reflect, be mindful, and share tentang kehidupan mereka, baik secara terbuka ataupun anonim.

Terbaru, tim YBS meluncurkan situs website yangbelumsempat.org untuk memperluas jangkauan audiens.

“YBS itu langkah kami membawa Psikologi Positif untuk generasi muda Indonesia. Dengan maraknya orang yang terisolasi karena bekerja dan beraktivitas hanya di rumah, ini adalah momentum yang tepat untuk berefleksi dan menemukan kembali diri kita. Sederhananya, dengan hanya menanyakan: “Apa ya yang belum sempat dalam hidupku?”, kita dapat menemukan alasan yang selama ini menghambat diri untuk menjadi lebih produktif,” ungkap Nindyo selaku Executive Director dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, baru-baru ini.

Artikel Terkait
1 daripada 2

Dijelaskan, melalui website yangbelumsempat.org, pengguna diajak untuk mengekspresikan perasaannya dengan bercerita dan fokus pada kesempatan yang masih ada sebagai bentuk Psikologi Positif.

Pengguna dapat bercerita, curhat, ataupun mengungkapkan ekspresi lainnya lalu memilih gambar muka yang mewakili perasaan mereka.

Satria Yuma selaku Program Director YBS menambahkan, konten YBS dirancang agar pengguna memiliki pengalaman yang holistik.

“Psikologi Positif yang kami angkat bertujuan agar orang yang telah berefleksi di YBS, dapat juga menyadari potensi dan waktu yang dimiliki untuk mewujudkan hal-hal yang belum sempat dalam hidupnya. Kami ingin mendorong semangat mereka untuk terus mewujudkan hal-hal yang masih belum sempat dalam hidupnya. Karena itulah motto kami ‘Belum Itu Akan’,” jelasnya.

foto : istimewa

Sebelumnya, gerakan yang diluncurkan pada bulan Oktober 2019 lalu ini, tidak hanya menyuarakan pesan Psikologi Positif melalui media sosial seperti Instagram @yangbelumsempat, tapi juga pernah membuat pameran interaktif di Car Free Day Jakarta.

Kini, tim YBS sedang fokus menyebarkan pesan ini secara digital melalui kerjasama dengan Dot Entertainment dengan merilis seri video “DOT x yangbelumsempat”. (Edi Triyono)


Pasang Iklan Gratis @ jakartakita.com - klik iklan.jakartakita.com

Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?