Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

600 Juta Pengguna Aktif & 1,3 Juta Pengembang Telah Bergabung Dengan Ekosistem Huawei Mobile Services

7,233
foto : istimewa

Jakartakita.com – Sejak diluncurkan bersamaan dengan perangkat Huawei Mate 30 Pro, layanan Huawei Mobile Services (HMS) telah digunakan oleh lebih dari 600 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia hingga Desember 2019.

Hal ini juga berkat semakin banyaknya pengembang/mitra yang terdaftar hingga mencapai 1,3 juta pengembang. 

pt. Datascrip sebagai authorized distributor Huawei di Indonesia menyambut positif upaya Huawei yang secara konsisten dan cepat dalam mengembangkan ekosistem HMS, termasuk kerja sama dengan aplikasi lokal.

“Kami melihat semakin banyak aplikasi populer yang bisa digunakan. Selain itu, Huawei terus memperkaya AppGallery yang dikembangkannya dengan dukungan aplikasi-aplikasi lokal,” ujar Bobby Ivan – Division Manager pt. Datascrip dalam siaran pers, Kamis (02/7).

Saat ini, sudah ada puluhan aplikasi lokal di AppGallery yang sudah bisa dinikmati, meliputi; aplikasi e-commerce, perbankan, perjalanan, hiburan, berita dan jasa ekspedisi yang ada di Indonesia.

Beberapa aplikasi lokal yang bisa ditemukan di AppGallery, yaitu;

Aplikasi perbankan dan keuangan, antara lain; BNI Mobile Banking, BCA Mobile, Dana, Akulaku, Permata Mobile, dan GO Mobile oleh CIMB Niaga.

Aplikasi belanja online, yaitu; Blibli, Matahari, Tokopedia, JD.ID, Bukalapak, dan Shopee.

Aplikasi game dan hiburan, yaitu; Wawa, Hago, CGV Blitz, MAXStream, Vidio, UseeTV Go, Langit Musik, dan RCTI +.

Aplikasi media sosial; Line

Aplikasi navigasi; Here We Go

Aplikasi berita, sudah tersedia; Baca, BaBe, Detik, CNN Indonesia, Kompas, Caping, Liputan6, Umma, CNBC Indonesia.

Operator yaitu; MyXL, My Telkomsel, My IM3, bima+.

Aplikasi pemerintah; BPJSTKU dan Info BMKG.

Aplikasi bepergian; Traveloka, Garuda Indonesia Mobile, dan KAI Access.

Artikel Terkait
1 daripada 68

Aplikasi ekspedisi, yaitu; J&T dan My JNE

Menurut Lo Khing Seng – Deputy Country Director, Huawei Consumer Business Group Indonesia, Huawei Mobile Services merupakan aplikasi dan layanan untuk mendukung ekosistem di perangkat pintar Huawei untuk menghadirkan pengalaman akan kemudahan, kecepatan, dan kelancaran. Pihaknya berkomitmen untuk terus mengembangkan HMS termasuk dengan mitra dan pengembang lokal.

Adapun visi HMS di tahun 2020 yaitu menciptakan pengalaman kecerdasan baru dan ekosistem HMS tanpa batas untuk penggunanya di seluruh dunia.

Ditambahkan, pada HMS sendiri, pengguna akan mendapatkan aplikasi; Huawei Browser, Huawei Mobile Cloud, Huawei Themes, Huawei Music, Huawei Video, Huawei Reader, dan Huawei Assistant. 

Sementara itu, terkait isu privasi dan keamanan, untuk mengatasi kekhawatiran pengguna, HMS telah membentuk Trusted Execution Environment (TEE).

Selain itu, AppGallery juga telah memiliki sistem keamanan dan perlindungan yang lengkap, mulai dari verifikasi data asli pengembang hingga mekanisme sistem keamanan dari aplikasi itu sendiri.

Aplikasi AppGallery telah mengembangkan sistem penilaian dan fitur pengingat yang memungkinkan orang tua mengubah pengaturan unduhan aplikasi untuk memastikan pengakses aplikasi dan konten sesuai dengan usia. Hal ini juga dapat diterapkan pada aplikasi Huawei Video yang dilengkapi mode remaja sehingga orang tua dapat mengatur peringkat video dan pembatasan akses berdasarkan usia anak.

“Penelitian melaporkan bahwa remaja cenderung lebih cepat dan cerdas untuk mengakses informasi dan layanan. Untuk itu, Huawei Assistant menghadirkan pengalaman pengguna dengan Smart Search, Instant Access, Smart Care dan fungsi News untuk membuat pengguna lebih mudah dan cerdas,” jelasnya lagi.

Untuk hiburan, lanjutnya, Huawei Vision dan Huawei AI Speaker mendukung Huawei’s voice assistant Celia.

Huawei Vision mengintegrasikan HUAWEI Video, YouKu dan platform video mainstream lainnya.

“Huawei Mobile Services akan terus memprioritaskan pengembangan ekosistem yang komprehensif untuk peningkatan pengalaman pengguna dengan mengutamakan kemudahan, kecepatan dan kelancaran pada smartphone Huawei,” terang Lo Khing Seng.

Petal Search Widget

Baru-baru ini, Huawei juga telah mengumumkan ketersediaan widget pencarian Petal Search Widget – Find Apps, yang sudah tersedia dan dapat diunduh melalui AppGallery.

Alat pencarian baru ini memberikan akses kepada pengguna Huawei menuju sejuta aplikasi.

“Sekarang, dengan Petal Search Widget – Find Apps yang ditenagai oleh Petal Search, pengguna Huawei memiliki cara lain untuk menemukan, menjelajahi, dan mengunduh aplikasi yang mereka perlukan di perangkat mereka dengan mudah,” jelas Lo Khing Seng.

Saat ini, Petal Search Widget – Find Apps telah didukung lebih dari 40 bahasa dan tersedia di 45 negara dan area, serta ke depannya direncanakan untuk hadir di berbagai negara lainnya.


Pasang Iklan Gratis @ jakartakita.com - klik iklan.jakartakita.com

Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?