Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Ini Perbedaan Antivirus dan Vaksin Covid-19 Untuk Lawan Virus Corona

928

Jakartakita.com – Covid-19 kini menjadi penyakit yang sangat mengancam di seluruh dunia. Hingga kini belum ada vaksin atau antivirus untuk mencegah virus yang mengakibatkan penyakit tersebut. Hal ini mengakibatkan sejumlah negara berusaha untuk menciptakan vaksin dan antivirus untuk mencegah peningkatan jumlah pasien Covid-19. Hingga saat ini sudah ada beberapa negara dan beberapa jenis vaksin yang sedang dalam tahap pengujian klinis vaksin dan antivirus, yang akan segera dikembangkan untuk melawan Covid-19.

Istilah Vaksin dan antivirus sering terdengar di berbagai laporan media. Namun tahukah kamu bahwa kedua hal ini tidak sama dan  memiliki perbedaan. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut perbedaannya masing-masing.

1. Vaksin

Vaksin adalah suatu zat yang digunakan untuk merangsang kekebalan tubuh dari penyakit. Vaksin ini memiliki cara kerja yaitu dengan menyediakan patogen atau penyebab penyakit ke dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Patogen ini dimasukan ke dalam tubuh melalui injeksi dengan dosis yang rendah.

Vaksin memiliki tujuan agar sistem kekebalan tubuh dapat menghasilkan antibodi terhadap patogen yang sudah dimasukkan ke dalam tubuh. Antibodi sendiri adalah sejenis ingatan kekebalan tubuh yang apabila  dimunculkan sekali saja, maka bisa melindungi orang dari paparan virus secara alami. Sehingga bisa diartikan bahwa vaksin memiliki tujuan untuk mencegah agar suatu penyakit tidak terjadi.

Ada banyak contoh vaksin, misalnya, vaksin untuk SARS-CoV-2  yaitu tercipta dari mRNA, DNA, protein subunit, serta vektor DNA yang berfungsi dalam pembentukan partikel virus yang dapat melakukan replikasi maupun tidak. Selain itu, vaksin juga bisa berupa virus yang diinaktifkan maupun virus yang sudah dilemahkan.

Pembuatan vaksin covid 19 ini memerlukan proses yang panjang. Prosesnya bisa berbulan-bulan, bertahun-tahun, bahkan belasan tahun, karena tidak hanya efektivitasnya saja yang diuji, tetapi  juga bagaimana keamanan serta efek samping jangka pendek dan jangka panjang yang akan terjadi dengan pemberian vaksin tersebut.

Artikel Terkait
1 daripada 4,698

Vaksin terdiri dari banyak jenis dan kandungan, masing-masing vaksin tersebut dapat memberikan perlindungan spesifik terhadap suatu penyakit. Vaksin mengandung bakteri, racun, atau virus yang merupakan patogen penyebab penyakit yang telah dilemahkan atau sudah dimatikan. Jadi pada saat dimasukkan ke dalam tubuh seseorang, vaksin akan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi. Proses pembentukan antibodi inilah yang disebut imunisasi atau vaksinasi.

2. Antivirus

Antivirus memiliki pengertian yaitu adalah obat untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh suatu virus. Antivirus memiliki perbedaan dengan antibiotik yang bertujuan untuk memerangi infeksi atau penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Antivirus memiliki fungsi untuk mencegah agar virus tidak dapat masuk kembali ke dalam sel tubuh atau tidak dapat melakukan replikasi, sehingga jumlahnya tidak semakin banyak. Antivirus ini digunakan untuk tujuan pengobatan.

Antivirus bisa berbentuk senyawa, peptida, atau antivirus yang dapat menghambat pengikatan virus dengan reseptornya. Contohnya ACE 2 untuk virus SARS-CoV-2.  Selain itu, antivirus bisa berbentuk pil, cairan, bubuk inhalasi, atau larutan intravena.

Hingga kini, beberapa negara juga melakukan proses menguji antivirus dari penyakit lain seperti malaria (klorokuin) dan ebola (remdesivir) untuk melihat apakah cukup efektif dan aman digunakan bagi pasien Covid-19.

Itulah perbedaan antara vaksin dan antivirus, jelas sangat berbeda dari proses, bentuk dan tujuannya. Informasi mengenai perkembangan penanganan Covid-19 dan informasi perihal kesehatan dan penyakit lainnya, bisa Anda temukan dengan di aplikasi kesehatan Halodoc. Selain itu Halodoc juga memberikan layanan konsultasi penyakit dengan banyak dokter profesional untuk Anda. Anda juga bisa menemukan informasi lokasi tempat vaksin yang bisa Anda kunjungi.


Pasang Iklan Gratis @ jakartakita.com - klik iklan.jakartakita.com

Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?