Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Aplikasi Besutan Siswa SMAN 63 Jakarta Raih Juara Pertama Di Ajang FUN Research Universitas Pertamina

4,572
foto : istimewa

Jakartakita.com – Aplikasi besutan tim SMAN 63 Jakarta berhasil meraih juara pertama dalam ajang penelitian FUN Research yang digagas Universitas Pertamina.

Di ajang tersebut, tim siswa SMAN 63 Jakarta menggagas pembuatan aplikasi SPINTHER (Spin Therapy), yakni sebuah aplikasi untuk mengurangi trauma perundungan pada anak. 

Aplikasi ini berisi sejumlah fitur yang terdiri dari; permainan terapi, catatan harian untuk mengungkapkan perasaan atau emosi korban, informasi kontak konselor, kuis untuk mengetahui tingkatan trauma yang dialami korban.

Juga disediakan informasi seputar perundungan seperti  dampak dan  gejalanya.

“Melalui aplikasi ini kami berharap korban perundungan bisa menghilangkan traumanya dan memulai self-healing,” ucap Syifa Nur Sabila selaku ketua tim SMAN 63 Jakarta di Jakarta, Jumat (19/3).

Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan dan Kerjasama Universitas Pertamina, Budi W. Soetjipto mengungkapkan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk membangun budaya inovasi sejak dini.

Artikel Terkait
1 daripada 16

“Kegiatan ini bertujuan memupuk dan menanamkan budaya creative problem solving sejak dini. Kompetisi ini terbuka bagi seluruh siswa/siswi SMA/sederajat di Jabodetabek. Selain mendapatkan pembinaan selama pelaksanaan proyek, pemenang dari kompetisi akan memperoleh pendanaan sampai dengan Rp 15 juta untuk mengembangkan dan mengaplikasikan purwarupa penelitian mereka,” jelasnya.

Selain SMAN 63 Jakarta, pemenang FUN Research lainnya adalah tim dari SMAN 8 Jakarta yang meraih juara kedua dengan judul penelitian “Online Platform Sharing Asset Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh”.

Adapun tim dari SMAN 4 Kota Tangerang Selatan meraih juara ketiga dengan judul penelitian “Wirausaha Keliga Sebagai Usaha Kreatif Era Pandemi”.

“Di Universitas Pertamina, setiap mahasiswa wajib menyelesaikan mata kuliah Critical Thinking dan Creative Problem Solving sebagai upaya membentuk budaya inovasi. Ini yang ingin kita tularkan ke level lebih dini, di kalangan siswa SMA melalui FUN Research,” jelas Budi lebih lanjut.

Asal tahu saja, budaya inovasi di UP telah membuahkan hasil sederet prestasi.

Baru-baru ini, mahasiswa Universitas Pertamina berhasil menyabet beragam penghargaan di ajang Oil and Gas Intellectual Parade (OGIP).

OGIP merupakan event tahunan berskala internasional yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

Tim dari Universitas Pertamina meraih juara 1 dan juara 2 dalam kategori Plan Of Development Competition dan Juara 1 dan 2 dalam kategori Geothermal Study Case. (Edi Triyono)


Pasang Iklan Gratis @ jakartakita.com - klik iklan.jakartakita.com

Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?