Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Kurangi Limbah Tekstil, MODENA Gandeng Setali Indonesia Luncurkan Kampanye ‘Re-styling the Future’

0 1,075

Tiket Pesawat Murah Airy

foto : istimewa

Jakartakita.com – Sebagai salah satu merek penyedia peralatan rumah tangga terunggul di tanah air, MODENA terus memberi inspirasi kepada masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan.

Melalui kampanye yang bertajuk ‘MODENA for Earth’, MODENA menanamkan kepercayaan, dimana semua orang bisa ikut menjaga lingkungan dan mengurangi pemanasan global mulai dari hal kecil, apabila dilakukan dengan bersama-sama. “Per tahunnya, rata-rata sebanyak 90 ton tekstil di seluruh dunia menjadi limbah dan terbuang sia-sia. Sebagai salah satu poin utama pada acara ‘MODENA for Earth’ di Hari Bumi kemarin, MODENA merespon issue tersebut dengan menggandeng Setali Indonesia dan meluncurkan kampanye ‘Re-styling The Future’ untuk mendukung pengurangan limbah tekstil agar tidak menjadi sampah,” ujar Bagus Prastowo, selaku Direktur MODENA, dalam keterangan pers, Selasa (23/11).

“Kolaborasi yang kami jalankan dengan Setali Indonesia bertujuan memperpanjang umur pakaian menjadi barang baru yang berguna sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat dengan mensosialisasikan permasalahan limbah tekstil yang saat ini telah menjadi penyumbang pencemaran lingkungan kedua terbesar di dunia setelah minyak,” lanjutnya.

Setali Indonesia merupakan komunitas nirlaba yang berdiri pada tahun 2018 dengan fokus memperpanjang umur pakaian dengan cara upcycling dan menjadikan pakaian bekas menjadi produk yang lebih bernilai.

Volume limbah tekstil yang kian meningkat tiap tahunnya mendorong Setali Indonesia untuk melakukan upaya yang berarti untuk membantu menekan dan mengurangi limbah tekstil.

“Selain aktif dalam kegiatan daur ulang, kami juga aktif dalam melakukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat luas akan pentingnya pengolahan limbah tekstil, decluttering, ethical fashion, sampai cara memilih bahan kain yang lebih sustainable,” tutur Andien Aisyah, selaku Co-Founder & Advisor Setali Indonesia. Pada kampanye Re-styling The Future ini, MODENA menempatkan drop box bagi masyarakat untuk mendonasikan pakaian bekas yang sudah tidak digunakan lagi untuk diperpanjang umurnya oleh Setali Indonesia.

Dimulai dari bulan November, drop box akan didistribusikan di seluruh MODENA Experience Center, yaitu di Kemang, Suryo dan Satrio, serta di beberapa MODENA Home Center seperti di Pantai Indah Kapuk dan Kelapa Gading untuk menjangkau lebih banyak donatur.

Untuk dapat melakukan donasi, berikut tahapan yang harus diperhatikan:

Artikel Terkait
1 daripada 3

1.Memilah pakaian yang ingin didonasi

2.Donasi dapat berupa pakaian atau aksesoris berbahan dasar kain yang layak pakai atau tidak layak pakai sekalipun

3.Apabila menyumbang pakaian tidak layak pakai, potong pakaian menjadi beberapa bagian

4.Donasi pakaian dapat disalurkan ke drop box yang disediakan di showroom dan outlet: MODENA Experience Center Suryo; MODENA Experience Center Satrio; MODENA Experience Center Kemang; MODENA Home Center Pantai Indah Kapuk; dan MODENA Home Center Kelapa Gading.

“Tidak hanya sampai disini, pakaian yang disumbangkan kemudian akan diolah oleh Setali Indonesia dengan memberdayakan penjahit keliling yang pada masa pandemi ini kurang pesanan dan mengalami kesulitan sehingga mereka pun juga akan merasakan dampak positif dari kegiatan ini,” ujar Bagus.

“Setelah di upcycle, hasilnya akan berbentuk barang baru yang memiliki value lebih seperti tas, masker, tempat pensil, selimut, dan lainnya yang kemudian kami akan salurkan juga ke yayasan ataupun panti untuk dapat dirasakan juga manfaatnya oleh masyarakat terutama kepada mereka yang membutuhkan,” sambungnya.

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan MODENA untuk upaya penanggulangan limbah tekstil ini. Kami harap, dengan adanya kampanye ini masyarakat bisa lebih sadar akan permasalahan pencemaran lingkungan ini dan dapat turut serta untuk melakukan upaya sekecil apapun untuk dapat mengurangi limbah pakaian.” ucap Andien.

“Kami tak akan berhenti melakukan upaya-upaya ini. Selama pemanasan global dan pencemaran lingkungan terus berlanjut, kami pun bertekad akan terus melawannya di hari-hari selanjutnya,” lanjut Bagus Prastowo.

“Kami berharap masyarakat tanah air bisa terinspirasi untuk lebih mencintai bumi kita semua dan melakukan perubahan-perubahan demi masa depan kita,” tandasnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?