Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Ini Kelebihan Boarding School yang Harus Kamu Tahu

0 3,334

Tiket Pesawat Murah Airy

Kelebihan boarding school yang seolah menjawab kebutuhan siswa membuat paa orang tua makin berminat. Boarding school atau sekolah dengan konsep asrama membuat siswa bukan hanya sekedar belajar saja namun juga tinggal di lingkungan sekolah. Dengan begitu para siswa bisa dibentengi dan dihindarkan dari pergaulan yang salah pada diri remaja seperti yang sering terjadi sekarang ini.

Hal itu jugalah yang menjadi salah satu alasan mengapa orang tua yang menyadari akan fenomena kenakalan remaja lebih memilih boarding school sebagai tempat pendidikan putra putrinya. Bagi siswa sendiri sekolah di boarding school bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan dan menambah pengalaman. Siswa boarding school berasal dari berbagai wilayah di Indonesia yang penuh keberagamanan.

Kelebihan Boarding School

Sekolah dengan konsep boarding school pada umumnya memiliki tujuan mencetak generasi unggul dengan akhlak yang mulia. Sebagai tambahan pengetahuan bagi siapa saja yang berencana masuk boarding school inilah beberapa kelebihan dan keunggulannya.

1. Fasilitas Lebih Lengkap

Sekolah dengan konsep boarding school otomatis akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas serta sarana penunjang yang lengkap. Fasilitas dan sarana yang dimaksud misalnya ruang kelas yang nyaman dengan dilengkapi AC, proyektor dan LCD. Penunjang pembelajaran lainnya yaitu laboratorium Fisika, Kimia dan Biologi.

Salah satu SMA swasta terbaik yang menyediakan fasilitas lengkap seperti ini adalah SMA Dwiwarna yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat. SMA Dwiwarna (Boarding School) juga menjadi salah satu sekolah berasrama terbaik di Indonesia saat ini.

Fasilitas dan sarana bukan hanya yang mendukung kegiatan akademik saja tetapi juga non akademik seperti lapangan olahraga untuk sepakbola, futsal, bulutangkis, kolam renang, jogging track dan area memanah.

Bagaimana dengan fasilitas tempat tinggal? Asrama dilengkapi dengan kamar yang nyaman, lemari, tempat tidur, AC dan sebagainya sehingga siswa akan merasa betah tinggal di sana.

Artikel Terkait
1 daripada 258

2. Guru dan Staf yang Kompeten

Sebagai sekolah berstatus swasta boarding school menggunakan sistem seleksi yang cukup ketat dalam rekrutmen guru dan staf. Semua itu bertujuan agar siswa bisa mendapatkan pelayanan dan sistem pembelajaran yang terbaik sehingga mampu meraih prestasi maksimal.  Guru dan staf yang memiliki kualifikasi serta kualitas bagus tentu saja bisa membantu siswa menjadi generasi unggulan yang sarat  dengan prestasi.

3. Lingkungan Lebih Kondusif

Kelebihan boarding school selanjutnya yaitu lingkungan yang lebih kondusif bagi para siswa baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun aktivitas sehari-hari. Kehidupan para siswa selama berada di lingkungan sekolah akan diawasi oleh guru dan pembimbing sehingga benar-benar terkontrol.

Selama tinggal di asrama siswa tidak bisa bebas bergaul di luar lingkungan sekolah yang seringkali menimbulkan efek buruk seperti pergaulan bebas. Waktu lebih banyak digunakan untuk belajar dan menjalankan kegiatan positif seperti olahraga dan berbagai ekstrakurikuler.

4. Mengasah Sikap Disiplin

Tinggal di asrama otomatis siswa harus taat dan patuh pada semua peraturan. Semua kegiatan dalam sehari sudah terjadwal mulai dari bangun tidur sampai berangkat tidur kembali di malam hari. Dengan jadwal harian yang ketat maka lambat laun akan terbentuk sikap disiplin pada diri setiap siswa. Kedisiplinan adalah faktor yang sangat mempengaruhi kesuksesan seseorang di masa depan. Banyak mimpi dan cita-cita yang bisa diraih dengan selalu bersikap disiplin.

5. Menumbuhkan Afeksi dan Empati

Hidup di asrama dimana setiap hari selama 24 jam siswa harus berinteraksi dan bersosialisasi dengan teman-temannya membuat ikatan persaudaraan terjalin erat. Jauh dari rumah dan keluarga membuat teman-teman di asrama menjadi saudara sehingga muncul rasa saling mengasihi dan menyayangi antara satu dan lainnya. Dari sinilah akan terbentuk afeksi atau kasih sayang yang dalam diantara para siswa sehingga rasa empati lebih mudah tumbuh.

Masih banyak lagi kelebihan boarding school yang mampu memberikan nilai-nilai positif pada diri siswa-siswanya. Bagaimana indahnya kehidupan di sekolah asrama dengan segala kelebihannya bisa dirasakan kalau kamu belajar di SMA Dwiwarna (Boarding School) Parung, Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?