Take a fresh look at your lifestyle.

Program Designers Lab Resmi Ditutup dengan Demo Day dan Upacara Sertifikasi 24 SSO

0 5,485
foto : istimewa

Jakartakita.com – Program Designers Lab, sarana pelatihan bagi Startup Support Organizations (SSOs) untuk menerapkan program kewirausahaan bagi startup di Jakarta, ditutup dengan Demo Day dan Upacara Sertifikasi pada Kamis (09/12) lalu.

Program yang dilaksanakan sejak Agustus 2021 ini, berhasil menghimpun sebanyak 24 SSO dari berbagai latar belakang, seperti; inkubator, akselerator, startup studio, pusat kewirausahaan berbasis universitas dan inkubator binaan pemerintah pusat, untuk tidak hanya membangun koneksi antar SSO dan dengan Jakarta Smart City, tetapi juga untuk meningkatkan kapasitas melalui 3 rangkaian bootcamp yang melibatkan 14 mentor dan pakar dari nasional dan internasional.

Asal tahu saja, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Negara Bagian Berlin bersama-sama melaksanakan proyek “Smart Change”, yang didanai oleh Uni Eropa, untuk meningkatkan pembangunan perkotaan terpadu melalui kemitraan antar kedua kota tersebut.

Kemitraan ini mendukung Agenda 2030 untuk pembangunan berkelanjutan dengan mempercepat transformasi digital dan program transformasi Kota 4.0 di Jakarta.

Bekerja sama dengan Prasetia dan Ecoxyztem, program ini mengkatalisasi 6 finalis SSO dalam mengembangkan proposal kolaboratif untuk mengimplementasikan inisiatif di kota lapis kedua atau ketiga di Indonesia.

Dalam Demo Day tersebut, Jakarta Smart City mensertifikasi 24 SSO untuk meningkatkan ekosistem kewirausahaan di Jakarta.

Related Posts
1 daripada 4,377

Acara ini sendiri merupakan bagian dari Jakarta Future City Forum 2021.

“Smart City tidak hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang bagaimana kami membangun ekosistem melalui kolaborasi dan keterlibatan dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk kolaborasi dengan Startup Support Organization. Dengan acara ini, Jakarta Smart City mengucapkan terima kasih dan selamat kepada 24 Startup Support Organization yang telah menyelesaikan tiga rangkaian bootcamp untuk membawa lebih banyak kualitas, harmonisasi dan standarisasi lanskap dukungan startup serta menghubungkan para pemangku kepentingan utama di  ekosistem kewirausahaan Jakarta. Kami ingin secara resmi mengesahkan dan membangun kolaborasi yang lebih kuat dengan 24 Startup Support Organization, dan semoga kerjasama ini membawa dampak yang lebih besar bagi seluruh warga DKI Jakarta,” ujar Yudhisthira Nugraha, D.Phil, selaku Direktur Jakarta Smart City pada upacara sertifikasi, seperti dilansir dalam siaran pers, Rabu (15/12).

Adapun ke-6 finalis Startup Support Organizations yang telah terkatalisasi masuk ke fase Demo Day adalah; Apiary, New Energy Nexus Indonesia, Social Innovation Acceleration Program (SIAP), konsorsium Supernova Ecosystem-Easybiz, SociopreneurID, dan Kinara Indonesia.

Semua telah terpilih sebagai 6 SSO teratas yang mengajukan program proposal yang memiliki potensi penerapan program teknologi hijau atau iklim di kota-kota lapis kedua dan ketiga di Indonesia.

Pemenang demo akan mendapatkan penghargaan kolaborasi dengan GIZ – MAKE IT Alliance untuk mengimplementasikan program yang telah melalui dua langkah evaluasi proposal.

Lebih lanjut diungkapkan, penutupan Program Designers Lab (PDL) memberikan kesempatan berjejaring bagi semua peserta SSO PDL untuk terhubung dengan pendukung ekosistem, dan lebih lanjut menciptakan dampak di Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia.

“Kami senang dan bangga menjadi bagian dari penyelenggara sekaligus tonggak sejarah besar dalam pembangunan ekosistem startup dan kewirausahaan yang lebih kuat di Jakarta. Kami dari Ecoxyztem dan Prasetia telah belajar banyak dari semua peserta inspiratif yang berasal dari 24 SSO dan ingin menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kerjasama serta dukungan dari Smart Change, dan tim Jakarta Smart City. Mari jaga relasi untuk tetap hidup dan tingkatkan dampaknya melalui kolaborasi yang komprehensif terutama untuk mengatasi tantangan yang akan kita hadapi pascapandemi COVID 19,” kata Jonathan Davy, CEO Ecoxyztem dalam penutup Demo Day.

Tinggalkan komen