Take a fresh look at your lifestyle.

Acer Umumkan Pemenang ‘Acer Smart School Awards 2021’

0 2,188
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – Acer mengumumkan para pemenang ajang Acer Smart School Awards 2021, yang diberikan kepada sekolah dan tenaga pendidik yang berhasil menerapkan dan menjadi inspirasi transformasi digital di dunia pendidikan.

Penghargaan diberikan para pemenang di masing-masing kategori, mulai dari kategori School of The Year, Kepala Sekolah Inspiratif, dan Guru Kreatif.

Selain itu, penghargaan Acer Social Awards juga diberikan kepada sekolah yang menjadi pionir dan inspirasi dalam menggunakan platform pembelajaran digital jelajah ilmu.

Herbert Ang selaku Presiden Direktur Acer Indonesia mengatakan, dunia pendidikan sangat penting untuk kemajuan bangsa, dalam hal ini, acer juga melakukan berbagai upaya bekerja sama dengan berbagai pihak untuk ikut memajukan pendidikan di Indonesia, salah satunya lewat ajang Acer Smart School Awards 2021.

“Acer Smart School Awards ini adalah sebuah forum antara kepala sekolah, guru dan sekolah-sekolah di Indonesia untuk berkompetisi. Tapi selain berkompetisi, juga diberikan pelatihan-pelatihan yang di fasilitasi oleh berbagai pihak, termasuk dari PGRI, sehingga setiap sekolah ini mendapatkan pelatihan yang cocok agar mereka dapat melakukan lompatan inovasi-inovasi dengan menggunakan teknologi. Jadi, Smart Go On adalah sebuah langkah yang dilakukan oleh Acer untuk melakukan hal-hal seperti pelatihan buat guru  sampai kepada pengembangan aplikasi pendidikan yang siap dipakai oleh sekolah di dalam melakukan transformasi digital. Ini yang kami sebut platform jelajah ilmu,” ungkap Herbert Ang, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (19/1).

“Tujuan utama kami, ingin mencapai adanya sebuah platform untuk para sekolah di Indonesia, dimana mereka bisa bersama-sama berkompetisi untuk melakukan inovasi inovasi digital di dunia pendidikan. Karena kami percaya, penggunaan digital di sekolah sudah menjadi kebutuhan mutlak yang harus dilakukan di sekolah. Dan para guru juga kepala sekolah ini, memerlukan sebuah platform untuk bersama-sama melakukan inovasi,” bebernya lagi.

Lebih lanjut diungkapkan, sebanyak 2.165 sekolah dari sejumlah daerah di Indonesia telah berpartisipasi dalam kompetisi ini.

Acer juga memberikan pelatihan dan pendampingan khusus selama kompetisi berlangsung, termasuk menghadirkan para juri yang memiliki latar belakang dan keahlian di bidang pendidikan.

Di kesempatan yang sama, Ketua Dewan Juri Acer Smart School Awards 2021 Prof. Dr. Ir. Ricardus Eko Indrajit menilai, para pemenang telah memenuhi seluruh kriteria penilaian utama yakni memiliki nilai e-leadership, menjadikan teknologi sebagai sumber daya pembelajaran yang mendukung tujuan kurikulum, peran sekolah dalam hal keselamatan dan keamanan siswa, kesiapan SDM, keterlibatan orang tua, proses evaluasi dan pengembangan kemampuan TIK siswa, hingga pandangan sekolah yang luas dan terkoordinasi dalam penggunaan teknologi di sekolah.

“Penyelenggaraan Acer Smart School Awards 2021 juga merupakan bentuk partisipasi Acer dalam mendukung program Kemendikbudristek yaitu Merdeka Belajar. Program ini dibuat, salah satunya agar sumber ilmu yang dilihat bukan sebatas pada ruang kelas saja, tetapi bisa di luar kelas, seperti online learning, internet, perpustakaan, serta lingkungan sekitar,” jelas Eko Indrajit.

Adapun pemenang Acer Smart School Awards 2021 diberikan kepada 14 sekolah dan tenaga pendidik di Indonesia, dalam lingkup SD, SMP, SMA, dan SMK, dimana para pemenang berhak mendapatkan hadiah, seperti; kelas percontohan digital, laptop, dan uang tunai dengan total hadiah senilai lebih dari Rp 500 juta.

Berikut daftar lengkap penerima Acer Smart School Awards 2021:

Kategori Smart School of The Year

1.SD Ar Rafi, Bandung

2.SMP Kusuma Bangsa, Palembang

Related Posts
1 daripada 4,285

3.SMA PGRI Plus, Cibinong       

4.SMK Telkom, Bandung

Kategori Kepala Sekolah Inspiratif

1.Agung Rahmanto, S.H., M.Pd. – SD Muhammadiyah, Sapen Yogyakarta

2.Antoni – SMP Darma Yudha, Pekanbaru

3.Dony Fikri Akbar, S.Kom. – SMA Kusuma Bangsa, Palembang

4.Tintin Hermawati – SMK Al Wafa, Bandung

Kategori Guru Kreatif

1.Nara Uma Annisa S.Pd. – SD Nasima, Semarang

2.Lievyana Fiorentine Tulangow, S. Farm. – SMP Manado Independent School, Kalawat Minahasa Utara

3.Fajar Indra Kurniawan, M.Kom. – SMAN Mojoagung, Jombang

4.Sulistyono, S.Kom. – SMKN 5, Bandar Lampung

Acer Special Mention

1.Pascalis Tethool – SMP Negeri Buti, Merauke

2.Felixtian Teknowijoyo – SMP Kristen Kalam Kudus, Solo

Penyelenggaraan Acer Smart School Awards 2021 juga turut didukung oleh Kemendikbudristek, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Penerbit Intan Pariwara, Microsoft, Intel, dan Jelajah Ilmu, solusi pengajaran komprehensif kelas dunia yang diadaptasi untuk kurikulum Indonesia.

“Kami berterima kasih kepada semua stakeholder di dunia pendidikan yang telah membantu suksesnya penyelenggaraan Acer Smart School Awards 2021. Kami berharap program apresiasi dan pelatihan yang diberikan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi dunia pendidikan Indonesia agar semakin siap menghadapi era edukasi 5.0 melalui transformasi pembelajaran digital,” pungkas Herbert Ang. (Edi Triyono)

Tinggalkan komen