Take a fresh look at your lifestyle.

21 Strategi Pemasaran Paling Ampuh di Era Digital 2022

0 2,948

Jakartakita.com – Seperti yang kita ketahui sebelumnya, dunia sudah tak seperti dulu. Perkembangan teknologi memudahkan pekerjaan manusia. Misalnya ingin pesan makanan, kini tak perlu keluar rumah, bisa pesan secara online.

Selain itu, memasarkan produk atau jasa bisnis kita, bisa dikendalikan melalui online. Kita bisa menargetkan orang-orang yang ingin kita tuju sesuai pesona buyers. Pengusaha yang tidak beradaptasi dengan perkembangan pasti akan tertinggal. 

Oleh karena itu, artikel ini khusus untukmu yang ingin bisnisnya tumbuh, berkembang dan mampu bersaing di era digital. Berikut 10 strategi pemasaran paling ampuh di era digital tahun 2022:

1. Ads

Pemasangan iklan untuk bisnismu. Kamu bisa memasang iklan di ads manager, google ads hingga tiktok ads. Melalui platform penyedia iklan, software tersebut memberikanmu leluasaan untuk mencari target sesuai kriteria hingga karakteristik bisnismu.

Misalnya bisnis kamu jasa maklon kosmetik. Kamu bisa mencari user seperti apa yang ingin kamu targetkan dari usia, wilayah, perilaku hingga aktivitas sehari-harinya. 

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa memasang iklan di portal berita seperti dukrefnews.com agar bisnismu semakin awareness, datangkan trafik hingga konversi. Jika pemasangan iklan di portal berita bisa melalui backlink yang mengarah ke websitemu.

Dari pemasangan iklan di beberapa chanel yang kamu lakukan, akan berdampak ke dalam bisnismu; baik jangka pendek hingga jangka panjang. Jadi siapkan danamu untuk memajukan, mengembangkan dan mengambil alih pasar sesuai sektor bisnismu.

2. Kol influencer

Selain iklan di suatu platform, kamu juga bisa mengenalkan bisnismu melalui publik figur. Kenali publik figur yang sesuai dengan karakteristik bisnismu, engagement rate media sosialnya, interaksi publik figur dengan followersnya hingga passionnya.

Penentuan publik figur sulit-sulit mudah, karena jika kita tidak tepat atau asal-asalan memilih akan berdampak pada brand image kita. Selain itu, kesalahan pilih influencer bisa membuat kamu buang-buang uang atau tidak menghasilkan apa-apa .

3. Marketplace

Sekarang era digital, mau engga mau, kita sebagai pelaku bisnis harus mengikuti kebiasaan manusia. Saat ini manusia dipermudah untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Biasanya mereka melakukan transaksi di marketplace.

Marketplace merupakan software yang dimana pengguna dapat melakukan transaksi jual beli di sana. Nah, jika bisnismu memungkinkan atau sesuai kriteria pada Marketplace tersebut, kamu bisa ikut membuka toko online disana. Selain murah biaya, kamu dapat mengontrol secara penuh tokomu seperti toko offline pada biasanya.

Atau kamu juga bisa membuat marketplace bisnismu sendiri. Misalnya kamu jual kosmetik, lalu punya situs website Marketplace hanya untuk bisnis kosmetikmu.

4. Email marketing

Nah kalau ini berdasarkan data email yang kamu miliki. Misalnya kamu sudah melakukan pengumpulan data email dan kamu bisa kirim email ke pelangganmu untuk maintenance ulang agar ia datang lagi.

Salah satu caranya, pelanggan yang pernah datang ke tempat bisnismu dapat kamu kasih saran pelanggan. Di dalam saran pelanggan terdapat email dan jangan lupa minta persetujuan sebelum digunakan.

5. WA Blast

Saat ini platform chatting terpopular saat itu Whatsapp. Kamu bisa memanfaatkan kehadiran atau nomor pelanggan untuk dikirim pesan brantas  informasi tentang bisnismu. Cara ini cukup efektif untuk mendatangkan customer loyal kepadamu.

6. Telemarketing

Tak hanya email dan whatsapp saja. Kamu bisa melakukan telemarketing atau hubungi pelanggan potensialmu secara bergantian. Jangan lupa sortir pelanggan yang respon dengan baik dan buruk.

Related Posts
1 daripada 2,976

Jikalau baik dapat kamu hubungi kembali dan jikalau buruk dapat dihubungi di beberapa bulan kemudian.

7. Canvassing online

Untuk canvassing online bisa kita lakukan dengan cara menelusuri maps dan tentukan suatu tempat bahwa customer kita berada disana. Misalnya kamu usaha makanan, kamu bisa telusuri lokasi dan ketemu lokasi lokasi A. Lalu kamu cari situs kantor di lokasi A, kamu data dan silakan dihubungi secara berkala untuk memberikan solusi kepada mereka.

8. Maintenance customer

Salah satu untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, kamu bisa dengan maintenance pelanggan lama. Misalnya dengan memberikan kode voucher, diskon member, souvenir saat ulangtahunnya dan lainnya.

9. Mutualisme

Kamu bisa kerjasama dengan pihak kedua untuk adakan bundling paket. Misalnya penjual makanan dengan produsen minuman, kosmetik dengan hijab, komunitas sastra dengan penerbit dan lain sebagainya.

10. SEO

Search Engine optimization (seo) dikenal sebagai strategi pemasaran jangka panjang. Proses yang cukup panjang dan lama, tapi bisa mendatangkan pelanggan baru tiap bulannya. Karena ketika user mencari kata kunci A, lalu keluar situs kamu, maka user akan klik dan tertarik dengan penawan yang kamu berikan dan hubungimu.

Banyak penyedia jasa seo dengan harga yang terjangkau. Salah satunya Dukref Production, agency dari Tangerang, sudah menangani banyak klien dan kini bisnisnya tumbuh secara signifikan. Kamu bisa membuktikannya.

Dari ke sepuluh strategi pemasaran di era digital ini, adapun strategi lain yang wajib kamu pelajari seperti:

11. Media sosial management

12. Programatic ads

13. Affliate Marketing

14. Reseller dan dropship

15. Barter value

16. Content creator

17. Pro aktif sales admin

18. Buat website

19. Buat google business

20. Giveaway

21. Collaborative ads

Bagaimana strateginya? Sudah siap menjalaninya dan bersaing dengan kompetitormu? Jika ini bermanfaat, jangan lupa bagikan juga ke teman-temanmu, ya!

Tinggalkan komen