Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Tak Selalu Negatif, Ini Dia Manfaat Main Game Online Selain Menghilangkan Penat

0 1,008

Jakartakita.com – Saat ini game online sudah tidak asing lagi buat kita, karena banyak media yang memberitakan tentang game online. Bahkan game online yang berkembang di Indonesia sudah memiliki kompetensi resmi dan diminati banyak orang.

Kita sendiri mungkin juga sering bermain game online gratis melalui smartphone ataupun komputer. Seperti mobile legends, free fire, fornite dan masih banyak yang lainnya. Tentu sekilas, sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan game online.

Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai game online, yuk simak ulasan kami mengenai jenis serta dan manfaatnya game online berikut ini.

Jenis ā€“ Jenis Game Online

Berbicara tentang bermain game, sudah dapat dipastikan banyak dari Kamu yang menyukai pembahasan mengenai ini. Perlu diketahui bahwa saat ini kebanyakan dari Kamu memiliki ketertarikan yang cukup tinggi terhadap game online. Perkembangan internet yang berjalan dengan pesat umumnya berpengaruh terhadap hadirnya game online dengan berbagai macam pilihan yang menarik.

Bermain game online juga tidak hanya dilakukan oleh kaum laki-laki lho, melainkan juga banyak kaum perempuan yang senang bermain game online.

Ada jutaan game yang ada di dunia maya saat ini. Mulai dari permainan yang sangat sederhana hingga yang rumit. Game online juga dibedakan dari beberapa aspek diantaranya sebagai berikut:

Berdasarkan Jenis Game

  • Real time strategy (RTS)

Game jenis ini merupakan salah satu jenis game perang online dimana para pemain dalam game tersebut biasanya diharuskan untuk mengatur strategi yang baik untuk memenangkan permainan tersebut. Contoh game ini adalah Warcraft, Rise of Nations, dan Age of Empire.

  • First person shooter (FPS)

Game FPS adalah jenis game online yang biasanya melibatkan pengambilan gambar dari sudut pandang orang pertama. Contoh game FPS adalah Point Blank.

  • Role Playing Game (RPG)

Role playing game adalah jenis game online yang memiliki karakter imajiner yang tentunya hanya ada dalam dongeng belaka. Ada 2 jenis game RPG yaitu Live Action Role Playing (LARP) dan Massively Multiplayer Online Role Game Playing (MMORPG). Contoh role playing game adalah Ragnarok, Final Fantasy, dan The Lord of The Rings Online.

  • Life simulation game

Game ini merupakan suatu bentuk permainan yang memiliki karakter seperti manusia yang dapat dilakukan di dunia nyata dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Contoh game simulasi kehidupan adalah Second Life dan SimLife.

  • Vehicle simulation

Jenis game ini merupakan sebuah game yang mengharuskan pemainnya untuk dapat mengoperasikan sebuah kendaraan, baik itu kendaraan darat, laut maupun udara seperti versi aslinya. Contoh game simulasi kendaraan adalah Orbiter, Tram, dan Flight Gear.

  • Game Action

Game action merupakan jenis game yang membutuhkan ketangkasan dari para pemainnya. Dalam permainan ini diperlukan reflek agar karakter yang dimainkan dapat memenangkan permainan. Dalam game ini, kamu biasanya memainkan karakter yang sedang dalam misi tertentu.

  • Game adventure

Game petualangan adalah game petualangan yang biasanya mengambil tema menyelesaikan suatu kasus atau misi mencari harta karun dan menyelamatkan karakter lain.

Berdasarkan Jenis Grafis

  • Game Online 2 Dimensi (2D)

Game 2D termasuk game yang ringan dan tidak membebani sistem. Kelemahan dari game ini adalah kualitas gambar yang kurang enak dipandang jika dibandingkan dengan game 3D. Game online pada umumnya sekarang sudah mengadopsi teknologi 2.5D dimana karakter yang dimainkan dalam bentuk 2D, namun dengan lingkungan yang sudah mengadopsi 3D.

  • Game Online 3 Dimensi (3D)

Game tipe 3D memiliki grafis yang lebih baik dalam penggambaran sehingga mirip dengan kenyataan. Biasanya pada game dengan grafik 3D memiliki sudut pandang hingga 360 derajat sehingga kita dapat melihat seluruh dunia dalam game tersebut. Namun spesifikasi komputer yang dibutuhkan dalam game 3D cukup tinggi.

Manfaat Bermain Game Online

Pasti banyak dari Kamu yang menganggap bahwa bermain game hanya membuang waktu tanpa ada manfaat yang didapatkan. Namun sebenarnya perlu Kamu ketahui bahwa bermain game online ternyata memiliki cukup banyak manfaat positif lho. Lalu apa sajakah manfaatnya? Yuk, simak informasi berikut ini:

  1. Menghilangkan Penat

Tidak sedikit orang yang membutuhkan pelampiasan ketika sedang memasuki fase kehidupan yang membuatnya menjadi penat. Game online dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk membantu Kamu menghilangkan rasa penat yang Kamu rasakan.

Karena dengan bermain game online akan membuat Kamu merasa senang. Selain itu, otak Kamu pun akan memperoleh rangsangan baru sehingga dapat kembali fresh. Oleh karena itu, bermain game online terbilang ampuh untuk menghilangkan rasa penat di otak Kamu.

  1. Melatih Konsentrasi

Percayakah Kamu bahwa bermain game online secara tidak langsung akan melatih tingkat konsentrasi Kamu menjadi lebih tinggi? Karena pada dasarnya bermain game online membutuhkan strategi dan konsentrasi yang baik agar Kamu bisa memenangkan game yang sedang Kamu mainkan.

Hal ini secara tidak sadar menuntut Kamu untuk selalu berkonsentrasi dan akan mempengaruhi tingkat konsentrasi Kamu yang menjadi semakin meningkat dengan baik. Namun, perlu diperhatikan bahwa bermain game online juga harus memiliki batas waktu yang tepat lho.

  1. Melatih Kemampuan Bekerja Sama dengan Tim

Sebagaimana yang telah Kamu ketahui bahwa salah satu hal yang menarik dari bermain game online adalah tidak hanya dapat dimainkan dengan seorang diri. Namun Kamu juga bisa bermain bersama dengan teman-temanmu dan membuat sebuah tim yang solid.

Permainan seperti ini masuk ke dalam game jenis multiplayer yang sangat membutuhkan kekompakan melalui kerja sama tim. Hal ini akan membuat Kamu menjadi seseorang yang lebih interaktif dan aktif dalam bekerja sama dengan tim.

Pembuatan strateginya pun dirancang selama bersama-sama dengan tim Kamu. Melalui game online secara tidak langsung dapat mengajarkan Kamu untuk berkoordinasi dan belajar mengambil keputusan di dalam sebuah tim.

  1. Memperluas Relasi Pertemanan

Banyak dari berbagai jenis game online akan membuat Kamu bertemu dengan orang yang tidak dikenal dalam setiap permainan. Hal ini mau tidak mau akan memperluas relasi pertemanan Kamu.

Setiap orang pastinya ingin memiliki relasi pertemanan yang luas agar Kamu dapat mengembangkan diri Kamu menjadi seseorang yang lebih baik dari sebelumnya. Ketika sedang bermain game online dengan orang yang tidak dikenal, Kamu akan dituntut untuk bersama-sama meraih kemenangan.

Hal ini tanpa disadari akan membuat Kamu menjadi akrab dengan teman tim yang baru Kamu kenal. Kamu pun menjadi terbiasa untuk berinteraksi dan membangun relasi yang baik dengan orang baru.

Rekomendasi Game Online yang Dapat Dimainkan Gratis

Banyak game online gratis yang tersedia, terutama untuk HP atau ponsel. Dengan mudah Anda bisa menemukan game mobile yang menggratiskan layanannya, namun mana yang terbaik utuk dicoba? Game online gratis bisa menjadi alternatif mengusir kebosanan di masa pandemi seperti sekarang ini. Bermain game mobile online gratis ternyata tidak selalu membawa dampak buruk.

Tak perlu merogoh kocek dalam, banyak game gratis yang sudah tersedia secara resmi. Game online gratis ini juga bisa kamu temukan di Play Store maupun App Store.

Berikut rekomendasi game online gratis yang dirangkum dari Xogame.id, portal berita game online terpercaya di Indonesia:

  1. League of Legends Wild Rift

Game MOBA ā€˜League of Legends: Wild Rift!ā€™ terkenal sebagai pesaing terberat dari game ā€˜DOTA 2ā€™ dan ā€˜Mobile Legendsā€™ yang sudah lama hadir dalam versi PC.

Namun, baru-baru ini Riot Games sebagai developer meluncurkannya dalam versi mobile. Game online gratis ini memiliki hero yang memiliki sebutan Champion yang memiliki role Fighter, Tank, Mage, Assassin, Support dan Marksman. Secara garis besar, cara permainan LOL sama seperti game MOBA lainnya dengan memiliki berbagai lane khusus dan juga minions.

  1. eFootball PES 2021

Game legendaris sejak zaman PlayStation 1 ini terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Jika kamu seorang pecinta sepakbola, kamu wajib instal aplikasi ini di smartphone.

eFootball PES 2021 Mobile hadir dengan tampilan visual yang jauh lebih realistis dibandingkan dengan eFootball PES 2020 Mobile. Pemain yang tampil dalam game tersebut wujudnya nyaris menyerupai sosok aslinya di dunia nyata.

  1. Genshin Impact

Genshin Impact adalah sebuah game action-RPG yang mengusung karakter dan lingkungan menyerupai anime yang memiliki sistem kombat. Kamu bisa menginstalnya di platform Android atau iOS.

Pertarungan dalam Genshin Impact membutuhkan kontrol yang gesit dalam menekan beragam tombol command dan skill yang untuk membasmi musuh.

Tombol command dalam Genshin Impact dapat digunakan untuk menghindar, membidik, mengejar, menyerang musuh, dan lain sebagainya. Jalan cerita dalam game gratis ini cukup panjang dengan sebuah kawasan terbuka alias open-world  bisa dieksplorasi oleh pemain.

Itulah sepuluh rekomendasi game online gratis yang layak dicoba. Meski game gratis, bukan sekadar permaian biasa saja. Cobain beberapa game mobile di atas dengan mendowloadnya di XOGAME. Selain mendowload Kamu juga dapat mendapatkan berbagai info terkini seputar game terbaru untuk platform android, IOS, PC, PS3, PS4, dan XBOX.



Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More