Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Dunia Fintech Awards 2022 Berikan 12 Penghargaan dari 36 Nominator

0 1,440
foto : istimewa

Jakartakita.com – DuniaFintech.com baru saja menyelenggarakan ajang DuniaFintech Awards 2022 di Hotel Merlynn Park, Jakarta, 14 Desember 2022 lalu.

Dalam kegiatan tersebut, Duniafintech memberikan 12 penghargaan dari 36 nominator.

Pemberian penghargaan tersebut ditujukan kepada perusahaan-perusahaan keuangan digital (financial technology/fintech) yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

“Duniafintech Awards 2022 sukses dijalankan setiap tahun. Ini merupakan tahun ketiga. Ini merupakan bentuk apresiasi kami kepada para pelaku fintech serta ekosistem fintech atas kontribusinya selama satu tahun terakhir,” kata Pimpinan Redaksi duniafintech.com, Gemal Panggabean seperti dilansir dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, Jumat (16/12).

Ia menambahkan, bahwa acara tersebut juga diharapkan menjadi semangat para pelaku usaha fintech dan ekosistem dalam menjalankan aktivitasnya selama setahun ke depan, termasuk juga menghadapi tantangan resesi ekonomi.

“Mari secara bersama-sama kita sambut tahun depan dengan lebih optimis. Memang, tidak ada yang bisa bantah resesi pada tahun depan. Tapi, juga tidak ada yang bisa menjamin itu pasti terjadi. Resesi hanyalah sebuah tantangan. Bukan momok yang perlu ditakuti,” kata Gemal.

Disisi lain, lanjutnya, acara DuniaFintech Awards juga bertujuan untuk mendukung program pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.

Adapun dari riset Duniafintech Awards 2022, dari hasil Survey Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2022 menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen, atau naik dibanding tahun 2019 yang hanya 38,03 persen.

Sementara indeks inklusi keuangan tahun ini mencapai 85,10 persen meningkat dibanding periode SNLIK sebelumnya di tahun 2019 yaitu 76,19 persen.

Sementara itu, untuk transaksi uang elektronik selama tahun 2022 mengalami kenaikan hingga Rp404 triliun atau tumbuh 32,27 persen year on year.

Kemudian, untuk nilai transaksi digital banking diproyeksikan bertambah sebesar 30,19 persen year on year hingga mencapai sebesar Rp53,144 triliun.

Sedangkan untuk kinerja Fintech peer to peer (P2P) lending mencatatkan pertumbuhan sebesar 76,8 persen (yoy) dari Rp0,60 triliun menjadi Rp49,34 triliun.

Artikel Terkait
1 daripada 23

Sementara itu, tingkat resiko kredit (TWP90) mengalami penurunan menjadi 2,90 persen.

Berikut pemenang DuniaFintech Awards:

1.Kategori Platform Trading Crypto Terbaik yaitu Indodax

2.Kategori Keuangan Digital Terbaik Nominasi yaitu Udana.id

3.Kategori Crowdfunding Terbaik yaitu LandX

4.Kategori P2P Lending Permodalan Produktif yaitu Amartha

5.Kategori P2P Lending dengan Edukasi Terbaik yaitu Kredit Pintar

6.Kategori Platform Investasi Online Terbaik yaitu Ajaib

7.Kategori Fintech dengan Pendanaan UMKM Terbaik yaitu Modalku

8.Kategori Fintech PayLater Terbaik yaitu Akulaku Paylater

9.Kategori P2P Lending Low NPL yaitu Akseleran

10.Kategori Platform NFT Terbaik yaitu OneAset

11.Kategori Fintech Insurtech Terbaik yaitu OneAset

12.Kategori Insurtech dengan Edukasi Terbaik yaitu Lifepal



Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More