Take a fresh look at your lifestyle.

Universitas Pertamina Dukung Pertamina Foundation Untuk Menekan Emisi Karbon Lewat Program Blue Carbon Initiative

0 1,749

Jakartakita.comPertamina Foundation siap mendukung Pertamina untuk melakukan langkah nyata demi menekan emisi karbon, salah satunya lewat program Blue Carbon Initiative. Program ini merupakan bagian dari Nature Based Solution/Solusi Berbasis Alam, yaitu sebuah solusi yang mengacu pada pengelolaan dan penggunaan alam yang berkelanjutan untuk mengatasi tantangan sosial dan lingkungan sekaligus sebagai kontribusi Pertamina dalam mendukung Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia.

Agus Mashud S. Asngari selaku Presiden Direktur Pertamina Foundation mengatakan lewat Blue Carbon Initiative ini, kita sangat peduli misalnya terhadap ekosistem mangrove, pohon-pohon daratan, ataupun hutan kita yang sangat berperan penting untuk jangka panjang dalam rangka (menuju) net zero emission.
Ada empat project yang dikerjakan Pertamina Foundation terkait Blue Carbon Initiative ini.

Pertama, melakukan penanaman mangrove di Hutan Pertamina yang berada di Bontang, Kalimantan Timur.

Foto: Jakartakita.com/Edi Triyono

Kedua, menghijaukan Hutan Pertamina-UGM yang ada di Blora, Jawa Tengah dengan pohon terestrial. Ketiga, mengadakan konservasi hiu paus yang ada di Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua Barat.

Related Posts
1 daripada 5,585

Serta yang keempat juga melakukan konservasi hiu paus yang ada di Lembata, Nusa Tenggara Timur,” ucap Agus dalam sambutan Simposium Blue Carbon Pertamina Foundation dengan tajuk “The Role of Blue Carbon in REDD+ and NDC” yang diadakan di Kampus Universitas Pertamina, Jakarta, Senin (19/12).

Menurut Agus, empat project yang dijalankan Pertamina Foundation obyektifnya merupakan antisipasi terhadap kondisi climate change yang terjadi di bumi, di mana biodiversitas alam pada lokasi project terus dijaga lewat kegiatan konservasi. Di samping itu, masyarakat yang berada di sekitar juga turut diberdayakan dalam project yang dilakukan.

Dalam menggaungkan program Blue Carbon Initiative yang dijalankannya, Pertamina Foundation menggandeng Universitas Pertamina untuk menyelenggarakan simposium berskala internasional. Dalam simposium selama sehari tersebut hadir beberapa pembicara ahli seperti Carlo Carlos dari ASEAN Centre for Biodiversity, Novi Susetyo Adi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Aan J. Wahyudi serta Frida Sidik dari BRIN, hingga Professor Catherine E. Lovelock dari School of Biological Sciences, The University of Queensland.

Sementara itu, IGN Wiratmaja Puja selaku Rektor Universitas Pertamina menambahkan Blue Carbon Initiative yang dijalankan Pertamina Foundation memiliki peran penting dalam menekan emisi karbon pada daerah-daerah pesisir pantai. Dia mengungkapkan, Indonesia memiliki sekitar 20 persen dari total populasi mangrove di seluruh dunia.

Jadi Indonesia ini perannya harus besar sekali. Karena itu Universitas Pertamina men-support Pertamina Foundation dalam menjalankan program ini. Kami dari sisi kampus tentu menyediakan ahli-ahli dan pada hari ini mengumpulkan berbagai ahli, lalu dari pemerintahan serta praktisi untuk berdiskusi bersama dalam simposium ini. Semoga nanti hasilnya bisa kita rekomendasikan ke pemerintah,” beber Wirat.
“Simposiun ini levelnya internasional, jadi kita membangun jejaring network internasional supaya peran Indonesia sangat dominan di dalam blue carbon,” tandasnya. (Edi Triyono)

Tinggalkan komen