Take a fresh look at your lifestyle.

Cara Menghubungkan Domain Dengan Hosting Yang Anda Miliki

0 1,421

Jakartakita.com – Setelah Anda mendaftarkan nama domain bisnis Anda, maka langkah selanjutnya adalah mengarahkan domain ke akun hosting yang Anda miliki. Metode ini dapat disebut menyiapkan DNS domain Anda (Sistem Nama Domain) dan merupakan langkah penting untuk mengaktifkan bisnis Anda di web dan meluncurkannya secara resmi.

Namun dari sini ada juga pengguna yang membeli domain dan hosting di tempat yang berbeda. Sementara itu, pengguna ingin mengarahkan domainnya ke server hosting yang berbeda. Anda dapat menggabungkan keduanya dan ini bukan tidak mungkin dilakukan dengan mengarahkan domain ke server atau hosting melalui alamat IP

Proses awalnya akan dimulai dengan proses run-through. Kami akan membahas beberapa dasar tentang DNS domain serta membahas beberapa aspek teknis yang harus Anda ketahui. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan DNS domain Anda. Mari ikuti Cara Menghubungkan Domain dengan hosting.

Persyaratan Sebelum Menghubungkan Domain Ke Hosting

Berikut adalah beberapa poin yang harus Anda miliki sebelumnya:

Anda Sudah Memiliki Nama Domain

Biasanya orang yang mencari artikel ini sudah membeli nama domain mereka sendiri sehingga mereka ingin menggabungkan keduanya. Atau Anda juga bisa mengatakan bahwa Anda memiliki paket hosting di tempat lain dan Anda diberikan nameserver untuk domain Anda.

Anda Sudah Memiliki Akun Web Hosting

Host web pada dasarnya adalah perusahaan yang memiliki komputer yang dikonfigurasi khusus yang terhubung secara permanen ke Internet. Mereka mengizinkan Anda untuk dapat menempatkan situs web Anda sendiri di sistem mereka (biasanya karena Anda membayar mereka biaya bulanan untuk mendapatkan paket layanan ini) sehingga dapat dilihat oleh orang lain di Internet.

Jika tidak memiliki web hosting, Anda harus mendaftar sebelum dapat mengarahkan domain ke mana pun atau meluncurkannya secara online. Hosting Anda juga harus mengizinkan Anda untuk menggunakan nama domain Anda sendiri untuk situs Anda yang merupakan sesuatu yang dilakukan oleh setiap provider hosting. Bicara provider hosting, saat ini yang terbagus adalah hosting DomaiNesia yang memberikan fitur backup 

Cara Mengaitkan Nama Domain Dengan Situs Website

Related Posts
1 daripada 5,373

Berikut langkah-langkah umum yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah.

Cari Tahu Server Nama Host Web Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu daftar nameserver yang digunakan oleh host web Anda. Cara yang lebih cepat adalah dengan mencari informasi sendiri di email yang dikirimkan kepada Anda oleh tuan rumah saat Anda pertama kali mendaftar atau dari dokumentasi di situs web host Anda.

Jika Anda tidak tahu di mana mendapatkan informasi tersebut, hubungi host web Anda dan tanyakan server DNS atau server nama yang akan digunakan untuk domain Anda. Tuliskan atau simpan semua nama ini. Lebih baik lagi, buka email atau halaman web yang berisi nama-nama ini di komputer Anda sehingga Anda dapat memotong dan menempelkannya nanti.

Masukkan Server Nama Ke Dalam Pengaturan Registrar Anda

Setelah Anda memiliki daftar server nama, buka registrar nama domain Anda dan masuk ke sistem mereka. Pada langkah ini Anda memerlukan nama login dan kata sandi yang Anda buat saat pertama kali mendaftarkan domain Anda. Setelah masuk, Anda perlu melihat beberapa opsi untuk menyetel atau mengubah server nama domain Anda.

Setiap registrar memiliki cara berbeda dalam melakukan proses ini mengacu pada akun domain masing-masing dan tidak ada metode standar untuk semua domain. Jadi pastikan Anda memahami detail tentang cara menemukan opsi dan menu yang Anda butuhkan. Namun secara umum, Anda dapat mencoba yang berikut ini untuk menemukan halaman di situs registrar yang memungkinkan Anda mengubah server nama:

  • Cari tahu cara mendaftarkan semua domain Anda di situs registrar. Meskipun bervariasi, terkadang Anda dapat menemukan opsi ini di halaman Domain Saya, halaman Pengelola Domain, atau yang serupa (sama dengan kedua opsi tersebut).
  • Pilih domain yang ingin Anda atur server nama. Tidak jarang memiliki opsi untuk memberi tanda centang pada kotak di sebelah nama domain Anda di daftar nama. Atau jika Anda hanya memiliki satu nama domain, Anda bahkan dapat mengklik nama domain tersebut untuk masuk ke layar pengaturan.
  • Beberapa registrar memiliki tautan menu Kelola DNS, atau tombol DNS, atau tombol Server Nama. Jika Anda melihat tautan atau tombol seperti itu, mungkin Anda bisa mengkliknya.

Jangan khawatir tentang bidang yang tidak dapat Anda gunakan, atau server nama tambahan yang disediakan oleh host web Anda yang tidak dapat Anda masukkan. Opsi tambahan tersebut ada untuk mengurangi redundansi, sehingga situs Anda akan tetap berfungsi jika server nama depan gagal.

Demikian ulasan artikel tentang Cara Menghubungkan Domain Dengan Hosting Yang Anda Miliki. Semoga bermanfaat.

Cek Promo domain mulai dari 12 ribu

Tinggalkan komen