Take a fresh look at your lifestyle.

Toyota-Astra Motor Raih Predikat ‘Top Digital Public Relations 2023’

0 1,324
foto : dok. TAM

Jakartakita.com – PT Toyota-Astra Motor (TAM) berhasil meraih penghargaan Indonesia Top Digital Public Relations Award 2023 untuk kategori perusahaan otomotif roda empat (mobil) yang mempunyai skor tertinggi dalam aktivitas digital melalui media ciber dan media sosial.

Penghargaan ini diberikan oleh TRAS N CO Indonesia berkerjasama dengan INFOBRAND.ID, pada 28 Februari 2023 lalu, di Jakarta.

Pemenang penghargaan didasarkan hasil riset Top Digital PR Index 2023 yang dilakukan pada bulan November 2022 – Januari 2023, terhadap lebih dari 1.000 brand dari 140 kategori brand teriset di Indonesia.

Riset tersebut menggunakan tiga parameter penilaian digital yaitu: Digital Media Aspect, Social Engagement Aspect, dan Digital Mention Aspect.

Dalam keterangan pers, Kamis (02/3), Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy menyebutkan, bahwa saat ini masyarakat semakin kritis. Sebagai contoh, sebelum memutuskan model dan brand tertentu saat ingin membeli mobil, orang-orang cenderung memanfaatkan digital channel seperti official website maupun social media dan blog/forum untuk mendapatkan referensi dan informasi sebanyak-banyaknya.

“Toyota menyesuaikan strategi komunikasi masing-masing produk dan layanan yang dimiliki, sehingga sasaran tarket komunikasinya pun diharapkan menjadi lebih tepat. Kami menggarap dan memperkuat platform online tanpa meninggalkan media konvensional,” ujar Anton.

Related Posts
1 daripada 4,099

Lebih lanjut Anton menjelaskan, bahwa dengan melakukan sinergi antara kedua hal tadi, maka diharapkan dapat makin memaksimalkan komunikasi yang baik dan menjalin engagement dengan publik, khususnya pelanggan Toyota, sehingga mereka mempunyai akses yang cepat dan mudah tentang produk, teknologi, servis, dan program-program menarik Toyota.

Adapun langkah TAM dalam memperkuat platform online sudah dilakukan sejak lama.

Dimulai dari pembentukan official website www.toyota.astra.co.id pada tahun 1996, di mana TAM bisa dibilang sebagai pioneer dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

TAM juga menaruh perhatian besar pada perkembangan social media, baik melalui Facebook (ToyotaID) yang saat ini sudah mempunyai lebih dari 3,3 juta likes, Instagram (toyotaid) dengan followers lebih dari 537 ribu, Twitter (@ToyotaID) dengan followers lebih dari 182 ribu, serta channel Youtube (ToyotaIndonesia) dengan jumlah subscribers lebih dari 669 ribu.

Website dan social media tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu strategi bagi Toyota dalam memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi mengenai produk, teknologi, dan layanan Toyota, serta membangun engagement antara Toyota dan pelanggan.

Platform digital Toyota lainnya yang digunakan sebagai media komunikasi dengan pelanggan adalah mTOYOTA yaitu mobile application yang bisa diakses oleh pelanggan untuk mendapatkan informasi tentang Toyota, Toyota Live Showroom untuk melihat-lihat produk Toyota dan minta advice langsung ke Toyota advisor atau salesforce seolah-olah seperti mampir di dealernya langsung, Toyota Official Store Solution (TOSS) sistem terintegrasi di mana pelanggan bisa beli mobil baru, aksesoris, atau paket servis kapan saja dengan mudah, aman, dan nyaman, Halobeng untuk konsultasi secara online tentang perawatan kendaraan Toyota, serta TARRA (Toyota Interactive Virtual Assistant) yang merupakan chatbot dari Toyota, serta bagi rekan-rekan jurnalis, TAM juga menyediakan website khusus https://pressroomtoyotaastra.com yang berisi berbagai informasi pemberitaan terkini tentang Toyota.

“Kami memantau platform digital Toyota sehingga dapat mengetahui bagaimana persepsi pelanggan tentang produk, teknologi, dan layanan Toyota, serta dapat mengetahui isu-isu yang berkembang sehingga kami dapat memberikan respon lebih cepat terhadap kebutuhan pelanggan,” kata Dimas Ibrahim Aska, Head of Interactive Communication PT Toyota-Astra Motor.

Tinggalkan komen