Take a fresh look at your lifestyle.

Pepsodent Edukasi Masyarakat Sikat Gigi Dua Kali Sehari dan Rutin ke Dokter Gigi, Serta Berikan Perawatan Gigi Gratis untuk 5.000 Masyarakat

0 2,025

Jakartakita.comPeringati World Oral Health Day (WOHD) atau Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2023, Unilever Indonesia melalui brand Pepsodent bersama FDI World Dental Federation (FDI), Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), dan Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia (ARSGMPI) menggelar kampanye “#KonsultasiGigiSekarang: Gigi Kuat untuk Senyum Indonesia”.

Kampanye yang diluncurkan di SDN Karet Tengsin 15 Jakarta ini menjadi momen untuk mengedukasi masyarakat menyikat gigi dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, serta mengawali kebiasaan berkonsultasi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Foto: Jakartakita.com/Edi Triyono

Ainul Yaqin, Direktur Personal Care Unilever Indonesia menanggapi, “Unilever Indonesia mendorong seluruh brand-nya untuk memberikan dampak positif pada masyarakat dan lingkungan, termasuk Pepsodent yang selalu mendukung upaya pemerintah meningkatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat melalui inovasi produk, edukasi untuk sikat gigi dua kali sehari pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, serta rutin berkonsultasi ke dokter gigi, hingga pelayanan perawatan gigi gratis.

Sejak 1995, Pepsodent telah menjangkau 28,7 juta anak di 334 kota lewat Program Sekolah Sehat, dan memberikan layanan perawatan gigi gratis sejak 2010 secara offline maupun online kepada 618.026 orang,” ucap Ainul Yaqin dalam konperensi Pers di Jakarta, Senin (20/3).

Professor Ihsane Ben Yahya, President of FDI World Dental Federation memberikan apresiasinya, “Jutaan orang di seluruh dunia memiliki akses terbatas ke perawatan gigi profesional. WOHD sebagai sebuah peringatan global salah satunya menyoroti kebutuhan mendesak untuk mengintervensi kesehatan mulut masyarakat yang tidak memiliki akses ke edukasi dan perawatan gigi. Kami mengapresiasi upaya Unilever melalui Pepsodent bersama seluruh mitranya untuk berperan mengatasi permasalahan ini, sambil terus menyuarakan pentingnya kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari serta konsultasi gigi secara rutin demi menjaga kesehatan gigi dan mulut sepanjang hidup.”

Related Posts
1 daripada 5,739

Menyambut WOHD 2023, Unilever Oral Care Global dan Oral Health Foundation (Inggris) mengadakan roundtable discussion bersama pakar kesehatan gigi dan mulut dari 6 negara (Inggris, Vietnam, Ghana, Indonesia, Tunisia dan Bangladesh) guna menggali insight tentang tantangan dalam menerapkan kebiasaan baik berkonsultasi ke dokter gigi, dan bagaimana teledentistry menjadi salah satu solusinya.

Menanggapi hasil diskusi tentang tantangan dari segi biaya, Dr. drg. Julita Hendrartini, M.Kes., AAK, Ketua Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia (ARSGMPI) turut menyampaikan, “Masih banyak mispersepsi bahwa konsultasi ke dokter gigi itu mahal. Padahal, Pemerintah telah memperluas akses bagi peserta JKN untuk mendapatkan perawatan gigi dan mulut gratis terbatas di fasilitas kesehatan.

Edukasi dan sosialiasi tentang hal ini harus terus dilakukan. Teledentistry dapat menjawab tantangan ini melalui edukasi promotif preventif dengan akses yang lebih luas. Jika dari sesi teledentistry ditemukan permasalahan gigi mulut yang harus ditindaklanjuti, maka pasien bisa dirujuk ke fasilitas kesehatan tingkat pertama atau RSGM. Mereka bisa menggunakan jalur JKN agar pembiayaannya bisa gratis.”


Kampanye “#KonsultasiGigiSekarang: Gigi Kuat untuk Senyum Indonesia” mengajak masyarakat memanfaatkan teledentistry gratis “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent” melalui WhatsApp: 0878-8876-8880 atau QR code di kemasan Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang. Sejak 2020, layanan ini telah melibatkan 168 PDGI cabang dan 28 Fakultas Kedokteran Gigi hingga menjangkau 89.000 masyarakat.

Pasangan selebritas Ananda Omesh dan Dian Ayu Lestari ikut berbagi, “Gigi dan mulut yang sehat selalu jadi prioritas buat keluarga kami. Selain selalu kasih contoh ke anak-anak menyikat gigi dua kali sehari di pagi dan malam hari, senang sekali sekarang konsultasi ke dokter gigi bisa dengan mudah dilakukan dimana aja. Layanan teledentistry dari Pepsodent ini sangat membantu semua orang terbebas dari kendala biaya maupun akses, dan punya kesempatan sama untuk bisa mendapatkan layanan kesehatan gigi dan mulut. Jadi tunggu apalagi, yuk kita konsultasi gigi sekarang!”


Sebagai acara puncak WOHD 2023, hari ini Pepsodent menggelar prosesi virtual untuk menyatukan komitmen lebih dari 5.000 dokter gigi dari 88 PDGI cabang, FKG-RSGM yang totalnya ada 32 di Indonesia, dan 439 “Relawan dokter gigi Pepsodentist” untuk mengedukasi kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari dan berkonsultasi ke dokter gigi, memberikan layanan teledentistry serta memberikan perawatan gigi gratis pada 5.000 masyarakat.

“Pada akhirnya, di peringatan WOHD 2023 ini, Pepsodent mengajak masyarakat menerapkan cara mudah ‘2-2-2’ untuk memiliki gigi dan mulut yang sehat, yaitu menyikat gigi 2 kali sehari selama 2 menit, dan berkonsultasi ke dokter gigi 2 kali dalam setahun. Dengan edukasi yang terus kami galakkan, semoga masyarakat Indonesia dapat memiliki gigi yang kuat, tubuh yang sehat guna mewujudkan ‘Senyum Indonesia, Senyum Pepsodent’,” tutup Ainul Yaqin. (Edi Triyono)

Tinggalkan komen