Take a fresh look at your lifestyle.

Dukung Perajin Lokal, IKEA Hadirkan Koleksi Terbatas MÄVINN

0 1,842
foto : dok. IKEA Indonesia

Jakartakita.com – IKEA berkolaborasi dengan usaha sosial di empat negara Asia (Vietnam, India, Thailand, dan Bangladesh) untuk memproduksi koleksi aksesori unik rumah, MÄVINN.

Koleksi ini terdiri dari berbagai macam aksesori rumah yang terbuat dari bahan-bahan etnik, dipadukan dengan teknik perajin tradisional.

MÄVINN merupakan sebuah ekspresi dialek bahasa Swedia yang berasal dari kota Småland, tempat didirikannya IKEA.

Istilah ini berarti “memiliki angin segar”.

Dengan memilih nama “MÄVINN”, semua produk di koleksi ini diyakini bisa membangkitkan rasa optimisme dan kebebasan.

“Bagi IKEA, kolaborasi ini tidak hanya membantu mengekspos kerajinan tradisional, tetapi juga menciptakan peluang kerja bagi mereka yang membutuhkan. Melalui koleksi MÄVINN, kami dapat mendukung pengrajin dan komunitas mereka sambil memproduksi barang kerajinan tangan unik dapat diakses oleh orang di seluruh dunia,” jelas Ririn Basuki, Communication & Public Relations Manager IKEA Indonesia dalam keterangan pers, Senin (12/6).

Adapun koleksi MÄVINN menampilkan 20 produk aksesori rumah yang dibuat dengan menggunakan teknik perajin tradisional. 

Ragam produk yang ditawarkan koleksi MÄVINN mulai dari produk keranjang, kap lampu, celemek, tas, sarung bantal, dan banyak lagi lainnya.

Produk-produk koleksi MÄVINN dibuat bersama tujuh bisnis sosial yang sekaligus membuka kesempatan kerja jangka panjang bagi orang-orang perdesaan dan kelompok marginal. 

Mendukung perajin lokal

Selama lebih dari sepuluh tahun, IKEA telah berkolaborasi dengan usaha sosial seperti Saitex (Vietnam), Spun (India), dan Rangsutra (India) untuk membuat koleksi dan produk sambil mengamankan peluang kerja serta mata pencaharian bagi perempuan pedesaan dan penyandang disabilitas.

Related Posts
1 daripada 3,938

Bersama desainer Paulin Machado dan Maria Vinka, IKEA mempelajari lebih lanjut tentang koleksi MÄVINN serta bagaimana kecintaan mereka pada beragam budaya bisa menginspirasi mereka untuk memadukan dampak sosial, kehangatan, dan kenyamanan serat alami dengan keserbagunaan denim.

“Melalui koleksi MÄVINN, IKEA berkesempatan untuk mendukung para perajin dan komunitas di lingkungannya sambil membuat barang buatan tangan yang dapat diakses oleh masyarakat di seluruh dunia. Kami tidak hanya mengedepankan keahlian tradisional, tetapi juga menciptakan peluang kerja yang berarti bagi mereka yang membutuhkan,” kata Ririn Basuki.

Gabungan antara bahan dan kerajinan tangan berkualitas

Koleksi MÄVINN dibuat dari kapas, bahan over-run dari produksi denim, serta serat alami seperti kertas yang terbuat dari kulit pohon murbei, serat pisang, dan goni.

Sebagian besar bahan yang digunakan bersumber secara lokal di Bangladesh, India, Thailand, dan Vietnam.

Bahan serat alami dipilih karena daya tahan dan pembaruannya, serta potensinya untuk menciptakan peluang kerja, baik dalam sumber maupun produksi.

Perpaduan bahan dan teknik produksi didasarkan pada keterampilan serta keahlian para perajin lokal menghasilkan produk yang beragam sekaligus memberikan nilai tambah bagi penenun dan perajin berbakat di komunitas lokal tempat mereka beroperasi.

Memberikan dampak positif

Sebagai bagian dari komitmen IKEA untuk menciptakan dampak sosial positif, IKEA telah berkolaborasi dengan pengusaha sosial sejak 2012 bersama 11 bisnis sosial di seluruh dunia di mana produk global memberikan volume yang lebih tinggi, serta menciptakan lebih banyak lapangan kerja.

Melalui koleksi MÄVINN, IKEA berusaha memberikan sentuhan eksotis ke dalam ruang pribadi dengan memasukkan benda-benda etnis berbahan unik yang mampu melahirkan sebuah cerita unik.

Dalam jangka panjang, IKEA berencana untuk mempertahankan lebih banyak lagi mitra dari koleksi debutnya, serta memperkenalkan beberapa bisnis sosial baru.

Adapun koleksi terbatas MÄVINN akan tersedia mulai bulan Juni 2023 di toko IKEA Alam Sutera, IKEA Surabaya dan IKEA Bali.

Koleksi terbatas MÄVINN juga tersedia di website IKEA.co.id bagi pelanggan yang ingin berbelanja secara online.

Tinggalkan komen