Take a fresh look at your lifestyle.

Apa yang Akan Didapat UMKM dengan Menggunakan WhatsApp Business API dan Berapa Biaya yang Perlu Dipersiapkan?

0 4,856

Jakartakita.comWhatsApp Business API telah menjadi salah satu alat komunikasi yang paling diminati oleh UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam menjalin hubungan dengan pelanggan. WhatsApp Business API adalah platform berbasis pesan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis kecil dan menengah dalam berinteraksi dengan pelanggan mereka. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail apa itu WhatsApp Business API dan bagaimana platform ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi UMKM.

WhatsApp Business API memungkinkan UMKM untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka melalui berbagai fitur yang disediakan. Dengan menggunakan platform ini, UMKM dapat mengirim pesan teks, gambar, dan dokumen kepada pelanggan mereka. Salah satu keunggulan utama dari WhatsApp Business API adalah kemampuannya untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih responsif dan personal. Dengan fitur-fitur seperti pesan otomatis dan chatbot, UMKM dapat merespons pertanyaan pelanggan dengan cepat dan efisien, bahkan di luar jam kerja.

Apa yang Akan Didapat UMKM dengan Menggunakan WhatsApp Business API?

Manfaat utama dari WhatsApp Business API bagi UMKM adalah kemampuannya untuk memperluas jangkauan bisnis dan meningkatkan keterlibatan dengan pelanggan. Dengan menggunakan platform ini, UMKM dapat terhubung dengan pelanggan mereka secara langsung melalui platform pesan yang populer. Hal ini dapat membantu UMKM dalam memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dan responsif, sehingga memperkuat hubungan bisnis-pelanggan.

Selain itu, WhatsApp Business API juga dapat digunakan oleh UMKM untuk mengirim notifikasi penting kepada pelanggan, seperti konfirmasi pesanan, pembaruan status pengiriman, dan pemberitahuan lainnya. Dengan fitur ini, UMKM dapat memberikan informasi yang relevan kepada pelanggan dengan cepat dan efisien, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat hubungan bisnis-pelanggan.

Dalam konteks pemasaran, WhatsApp Business API juga dapat menjadi alat yang efektif bagi UMKM dalam mempromosikan produk atau layanan mereka. UMKM dapat menggunakan platform ini untuk mengirim pesan promosi, penawaran khusus, dan informasi produk kepada pelanggan mereka. Dengan demikian, WhatsApp Business API dapat membantu UMKM dalam membangun kesadaran merek, memperluas pangsa pasar, dan meningkatkan penjualan.

Selain itu, WhatsApp Business API juga menawarkan kemampuan untuk melakukan analisis dan pelaporan. UMKM dapat melacak kinerja pesan mereka, melihat tingkat keterlibatan pelanggan, dan mendapatkan wawasan yang berharga tentang preferensi dan perilaku pelanggan. Informasi ini dapat membantu UMKM dalam mengoptimalkan strategi komunikasi dan meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran mereka.

Manfaat lain dari WhatsApp Business API adalah kemampuannya untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih responsif dan efisien. Dengan adanya fitur chatbot dan otomatisasi pesan, UMKM dapat merespons pertanyaan dan permintaan pelanggan dengan cepat, bahkan di luar jam kerja. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat hubungan bisnis-pelanggan.

Dalam era digital yang semakin terhubung ini, WhatsApp Business API dapat menjadi alat yang kuat dalam memperluas jangkauan bisnis, meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan memperkuat hubungan bisnis-pelanggan. Dengan kemampuannya untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih personal, menyediakan informasi yang relevan, dan memfasilitasi komunikasi yang efektif, WhatsApp Business API dapat menjadi aset berharga bagi UMKM dalam meningkatkan daya saing dan pertumbuhan bisnis mereka.

Biaya WhatsApp Business API

WhatsApp Business API merupakan layanan yang memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui WhatsApp. Layanan ini disediakan oleh pihak ketiga yang bermitra resmi dengan WhatsApp.

Sebelum tanggal 1 Juni 2023, harga WhatsApp Business API dihitung berdasarkan siapa yang memulai percakapan. Jika percakapan dimulai oleh pelanggan, maka bisnis akan dikenakan biaya sebesar Rp271,- per pesan. Sebaliknya, jika percakapan dimulai oleh bisnis, maka bisnis akan dikenakan biaya sebesar Rp465,- per pesan.

Namun, sejak tanggal 1 Juni 2023, Meta, selaku pengembang WhatsApp, mengubah ketentuan harga WhatsApp Business API. Ketentuan baru ini membagi percakapan menjadi empat kategori, yaitu:

  • Authentification conversation: percakapan yang digunakan untuk memverifikasi identitas pengguna, seperti saat pelanggan ingin mendaftarkan diri ke layanan bisnis.
  • Marketing conversation: percakapan yang digunakan untuk mengirimkan konten pemasaran, seperti promo, iklan, atau informasi produk.
  • Utility conversation: percakapan yang digunakan untuk memberikan layanan kepada pelanggan, seperti menjawab pertanyaan, memberikan dukungan teknis, atau menyelesaikan transaksi.
  • Service conversation: percakapan yang dimulai oleh pelanggan.

Berdasarkan ketentuan baru ini, biaya WhatsApp Business API dihitung berdasarkan kategori percakapan. Berikut adalah daftar harga WhatsApp Business API terbaru:

KategoriBiaya per Pesan
Authentification conversationRp271,-
Marketing conversationRp465,-
Utility conversationRp465,-
Service conversationRp271,-

Tarif tersebut berlaku untuk pengiriman pesan dalam kurun waktu 24 jam sejak pesan yang terkirim pertama kali.

Selain biaya percakapan, bisnis juga perlu membayar biaya berlangganan kepada pihak ketiga yang menyediakan layanan WhatsApp Business API. Biaya berlangganan ini bervariasi, tergantung pada paket yang dipilih.

Dengan adanya perubahan ketentuan harga WhatsApp Business API, bisnis dapat lebih menyesuaikan biaya yang dikeluarkan dengan kebutuhannya. Bisnis dapat memilih kategori percakapan yang sesuai dengan tujuan penggunaannya.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghemat biaya WhatsApp Business API:

  • Gunakan kategori percakapan yang sesuai dengan tujuan penggunaan.
  • Kurangi jumlah pesan yang dikirim.
  • Gunakan layanan WhatsApp Business API yang menawarkan paket berlangganan yang sesuai dengan kebutuhan.
Related Posts
1 daripada 6,815

Cara Menggunakan WhatsApp Business API

WhatsApp Business API adalah layanan yang memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui WhatsApp. Layanan ini disediakan oleh pihak ketiga yang bermitra resmi dengan WhatsApp, sehingga seluruh fitur dan layanannya resmi dan diakui oleh pengembang WhatsApp, yaitu Meta.

Untuk mendapatkan layanan WhatsApp Business API, Anda dapat menghubungi Business Solution Provider (BSP) yang sudah bermitra resmi dengan WhatsApp. BSP adalah perusahaan yang menyediakan layanan integrasi WhatsApp Business API dengan sistem bisnis.

Salah satu BSP yang menyediakan layanan WhatsApp Business API adalah ShopKey. ShopKey menawarkan berbagai fitur dan layanan untuk membantu bisnis meningkatkan layanan kepada pelanggan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar WhatsApp Business API lewat ShopKey:

  1. Kunjungi situs web ShopKey.
  2. Klik tombol Daftar.
  3. Isi formulir pendaftaran.
  4. Lakukan pembayaran.
  5. Tunggu konfirmasi dari ShopKey.

Setelah mendaftar, ShopKey akan membantu pengguna untuk mengintegrasikan WhatsApp Business API dengan sistem bisnis. Proses integrasi ini biasanya memakan waktu sekitar 1-2 hari kerja.

Setelah proses integrasi selesai, Anda sudah dapat menggunakan WhatsApp Business API untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Fitur Menarik dari WhatsApp Business API lewat ShopKey

Berikut adalah fitur dan layanan yang akan didapatkan jika mendaftar WhatsApp Business API lewat ShopKey:

  • Centang Hijau (Verified Badge)

Centang hijau adalah fitur yang memungkinkan bisnis pengguna mendapatkan tanda centang hijau di samping nama bisnis di WhatsApp. Fitur ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis.

  • Pesan Otomatis (Chatbot)

Chatbot adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan otomatis kepada pelanggan. Fitur ini dapat membantu untuk membalas pesan pelanggan dengan cepat dan efisien, bahkan saat Anda sedang tidak ada.

  • WhatsApp Blast

WhatsApp Blast adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan secara massal kepada pelanggan. Fitur ini dapat membantu pengguna untuk menjangkau lebih banyak pelanggan sekaligus.

  • Survei Kepuasan Pelanggan

Survei kepuasan pelanggan adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan kebutuhan dan keluhan pelanggan. Fitur ini dapat membantu untuk meningkatkan kualitas layanan bisnis.

  • Fitur Analitik

Fitur analitik adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk memantau kinerja layanan pelanggan. Fitur ini dapat membantu Anda untuk mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan layanan pelanggan.

Dengan menggunakan ShopKey, Anda dapat dengan mudah dan cepat mendapatkan WhatsApp Business API beserta berbagai fitur dan layanan yang dibutuhkan untuk meningkatkan layanan kepada konsumen.

Tinggalkan komen