Take a fresh look at your lifestyle.

Hidupkan Kejayaan Ritel Era 80-an, Brightspot Mall 2024 Akan Menggelar Local Brand Market di Ratu Plaza Sebagai Ruang Analog Bagi Pelaku Industri Kreatif

0 3,293

Jakartakita.com – Jakarta, dikenal sebagai salah satu pusat perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia, bahkan masuk dalam salah satu dari 49 kota Jejaring Kota Kreatif UNESCO (UNESCO Creative Cities Network, UCCN). Menyadari pentingnya ruang analog sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di kota Jakarta, Brightspot kembali hadir di tahun ini untuk menyediakan ruang analog bagi para pelaku industri kreatif.

Brightspot Mall 2024, gelaran local brand market bergengsi, akan segera digelar di Ratu Plaza mulai tanggal 31 Mei hingga 14 Juni 2024. Dikenal sebagai pusat perbelanjaan terkemuka pada era 80-an, Ratu Plaza kini dipilih sebagai tempat untuk menghidupkan kembali gemerlapnya dunia ritel. Memanfaatkan ruang-ruang yang belum dipakai secara maksimal di Jakarta, Brightspot Mall 2024 berupaya menghidupkan kembali kota Jakarta di masa kejayaan retail di era modern ini. Pemberdayaan Ratu Plaza sebagai ruang analog bagi para pelaku industri kreatif ini mengintegrasikan unsur-unsur kontemporer dan teknologi mutakhir untuk menarik minat generasi baru.

Foto: Edi Triyono

Anton Wirjono selaku Founder Brightspot Market dan Future 10. ”Pada gelaran kali ini, Brightspot Mall 2024, mengajak pengunjung, sponsor, dan local brand untuk kembali merayakan era keemasan ritel Indonesia. Adanya dinamika tren dan teknologi membuat pola berbelanja kita berubah dan menuntut pelaku industri kreatif lokal untuk selalu berinovasi, hal ini yang menjadi tantangan terutama untuk offline retail.” ujar Anton Wirjono mengutarakan esensi yang berbeda dari gelaran Brightspot Mall 2024. “Tahun ini kami ingin mengingatkan kembali bahwa ruang fisik untuk industri kreatif sangat penting, keberadaan ruang analog untuk kolaborasi dan inovasi adalah penanda bahwa kreativitas di kota itu terus berjalan dan menjadi ‘hidup’.”

Dalam upaya memicu pertumbuhan ekonomi kreatif, ruang analog menjadi esensial dalam memberikan tempat di mana orang dapat berkumpul, berinteraksi, dan berkolaborasi tanpa batasan digital. Lebih dari itu, pentingnya ruang analog menghidupkan kembali dengan munculnya kolaborasi dan inovasi antara pelaku industri kreatif local,” ucap Anton dalam konperensi pers di Jakarta, Rabu (22/5/2024).

Leonard Theosabrata selaku Direktur Utama LLP-KUKM (Smesco Indonesia), mengungkapkan mengenai pentingnya ruang kreatif. “Potensi ruang analog bagi pelaku industri kreatif di Indonesia, khususnya di kota besar seperti Jakarta, semakin berkembang dengan adanya ruang seperti Brightspot Mall 2024 di Ratu Plaza dan berbagai coworking dan collaborative space yang tersebar di Jakarta. Ruang-ruang ini sangat penting untuk mendorong inovasi dan kolaborasi kreatif, menginspirasi ide-ide baru. Peran pemerintah sangat krusial dalam mendukung perkembangan ini, misalnya dengan menyediakan fasilitas dan mempromosikan kegiatan kreatif melalui platform yang dimiliki pemerintah.”

Related Posts
1 daripada 6,404

Dalam mengikuti perkembangan tren yang terus berubah, para pengusaha lokal ditantang untuk beradaptasi dan merespons dengan strategi yang efektif. Kemampuan beradaptasi menjadi elemen kunci dalam peran kreativitas manusia sebagai fokus utama dalam semua aspek bisnis. Brightspot Mall 2024, didukung oleh sponsor yang memiliki pandangan dan tujuan serupa mengenai peran dinamika tren dan teknologi dalam pertumbuhan industri kreatif lokal, berupaya membangun kolaborasi yang mendorong inovasi dalam industri kreatif lokal.

BCA kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung pelaku usaha kreatif lokal setelah sukses pada Brightspot Market 2023 lalu. Dalam kegiatan Brightspot Mall 2024 kali ini, BCA menghadirkan kemudahan bertransaksi melalui aplikasi myBCA dan Paylater BCA. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai promo menarik yang ditawarkan oleh BCA, seperti:

•⁠ ⁠Voucher belanja hingga Rp 75 Ribu untuk minimal transaksi Rp 350 Ribu dengan QRIS di myBCA/BCA mobile dan Paylater BCA.
•⁠ ⁠2X Voucher Belanja dengan Reward BCA untuk penukaran reward minimal Rp 50 Ribu dan maksimal Rp 250 Ribu.
•⁠ ⁠Cicilan 0% untuk tenor 3, 6, dan 12 bulan dengan minimal transaksi Rp500 Ribu dengan Kartu Kredit BCA.
Voucher dapat di tukarkan di booth Redemption BCA yang tersebar di area Brightspot Mall 2024.

Executive Vice President BCA, I Ketut Alam Wangsawijaya menambahkan, “Kami sangat senang dapat kembali bekerja sama kembali dengan Brightspot dalam penyelenggaraan myBCA X Brightspot Mall 2024. Kami berharap gelaran ini dapat memberikan dampak positif bagi pelaku industri kreatif serta meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk lokal Tanah Air.”

Brightspot Mall 2024 selain ingin mengembalikan era kejayaan retail 80-an, tetapi juga ingin membuka peluang menciptakan ruang fisik bertemunya komunitas kreatif untuk berkumpul dan berkolaborasi. Mengingatkan kembali dengan semua tantangan dari perubahan tren dan teknologi, para pelaku industri kreatif harus percaya pada potensi diri mereka untuk terus berinovasi dan berkarya sesuai dengan passion mereka.

Menurut Dimitrij Kartalaksana sebagai Consumer Engagement Manager dari Signature Time, “Berbeda dari tahun lalu, tahun ini kami sadar bahwa halangan bukan datangnya dari pihak luar aja, tapi dari diri sendiri juga yang justru malah jarang banget kita sadari. Oleh karena itu, tahun ini kami bersama temen-temen Psikolog mencari tahu lebih dalam mengenai isu Cognitive Distortions. Sebuah keadaan pola pikir di mana kita merasa pikiran negatif itu menurunkan niat untuk berkarya. Karena diri kita yang bisa meredupkan passion, diri kita juga yang bisa mengubah kekhawatiran itu jadi karya nyata.” Signature Time percaya bahwa Brightspot Mall 2024 adalah tempat yang tepat untuk menghadirkan contoh nyata orang-orang yang telah merasakan nikmatnya hidup, mencapai kesuksesan sesuai dengan passion mereka, dan menentukan definisi kesuksesan berdasarkan passion.

Pemilihan Ratu Plaza sebagai lokasi acara dengan tujuan tidak hanya mengembalikan pamor pusat perbelanjaan ikonik ini, tetapi juga karena kemudahan akses bagi pengunjung. Lokasi yang strategis ini memungkinkan interaksi, kolaborasi, dan kreativitas bersama yang lebih mudah di pusat kota Jakarta. (Edi Triyono)

Tinggalkan komen